Pengertian Intranet Beserta Manfaat dan Perbedaannya dengan Internet

Penggunaan teknologi jaringan untuk komputer saat ini banyak mengalami kemajuan. Salah satu bukti nyatanya adalah dengan adanya teknologi Internet yang mampu menghubung setiap komputer hampir di seluruh dunia. Hal itu pastinya sudah diketahui bagi sebagian masyarakat awam, namun bisa dipastikan hanya sedikit dari mereka yang memahami atau bahkan mengetahui tentang Intranet.

Selain penggunaan Internet ternyata ada juga yang bernama Intranet. Dua hal itu sama – sama berperan penting dalam dunia jaringan komputer. Namun dalam artikel kali ini penulis akan lebih memfokuskan pembahasan pada pengertian Intranet beserta manfaat atau kegunaannya. Tidak lupa juga membahas perbedaan Internet dan Intranet dengan harapan agar pembaca dapat memahami dan tidak salah persepsi terhadap kedua teknologi itu.

Bagi mereka yang menggeluti dunia jaringan pastinya akan terbiasa menghadapi teknologi Intranet ini, mengingat lingkupnya yang lebih rendah yakni hanya pada satu perusahaan atau organisasi saja. Itulah sebabnya dalam satu organisasi atau perusahaan diwajibkan memiliki teknisi jaringan sebagai penunjang tukar menukar informasi dan berbagi data antar pengguna. Sama halnya seperti Internet, jaringan pada Intranet juga memiliki komputer server.

Pengertian Intranet

pengertian intranet adalah

Pengertian Intranet pada umumnya adalah suatu jaringan privat (tertutup) yang dihubungkan menggunakan protokol – protokol TCP/IP dan biasanya banyak digunakan dalam lingkungan organisasi atau perusahaan. Bisa dibilang Intranet ini adalah suatu jaringan Internet versi pribadi dan dengan skala terbatas. Penggunaan protokol – protokol tersebut dimaksudkan sebagai sarana pengalamatan, dan routing paket data antar host atau pengguna. Dalam hal ini tentu saja setiap komputer menggunakan IP adress versi 4 yang memang masih eksis sampai sekarang.

Dalam suatu perusahaan atau organisasi tertentu adanya Intranet sangatlah penting serta mampu menunjang segala urusan. Kebutuhan akan keinginan tukar – menukar data antar pengguna agar bisa lebih efektif serta efisien menjadi salah satu faktor utama penciptaan teknologi ini. Mulai diperkenalkan ke publik pada tahun 1995 oleh para pembuat produk jaringan. Hingga saat ini sudah banyak inovasi serta pembaruan teknologi yang hadir dari perusahaan yang berfokus pada jaringan komputer.

Manfaat Intranet

Pada saat ini kepopuleran Intranet tidak kalah dari Internet. Tidak hanya organisasi dan perusahaan saja, namun juga ada instansi lain seperti sekolah yang mulai menggunakan teknologi jaringan Intranet. Kemudahan penggunaan serta perawatannya menjadi faktor utama mengapa Intranet juga digemari di masyarakat. Jangan lupakan juga dari segi harga yang pastinya lebih murah. Selain itu saat ini sudah banyak bermunculan vendor – vendor baru yang bergabung dan memiliki tujuan meningkatkan kinerja serta kapasitas dari suatu jaringan Intranet, sebut saja salah satunya Cisco Inc.

Manfaat Intranet

Adapun fungsi utama atau manfaat dari adanya teknologi Intranet ini adalah sebagai penghubung antara beberapa komputer yang terdiri atas server dan host. Selain itu dalam jaringan Intranet juga melibatkan komponen – komponen penting lain seperti switch, hub, kabel UTP dan lain – lain. Dengan adanya rangkaian dari beberapa komputer disertai pengaturan yang tepat maka jaringan Intranet akan siap digunakan untuk berbagi data ataupun melakukan transfer.

Dengan adanya Intranet dalam lingkungan perusahaan, produktifitas diharapkan akan lebih meningkat serta mempermudah interaksi data dalam satu lingkup tersebut. Dari pada harus menggunakan flash disk untuk berbagi data atau informasi, akan lebih efektif dan efisien jika menggunakan Intranet dengan mensetting jaringan lokal. Masing – masing host atau pengguna akan saling terkoneksi dan pastinya akan lebih memudahkan dalam setiap pekerjaan serta meningkatkan kerja sama antar karyawan. Hal ini otomatis juga akan menghemat biaya serta waktu yang diperlukan.

Perbedaan Internet Dan Intranet

perbedaan Internet dan Intranet

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa Internet dan Intranet memiliki fungsi yang hampir mirip. Namun sebenarnya kedua teknologi memiliki cara kerja yang saling bertolak belakang. Dalam hal pengertian dan fungsi Internet dan Intranet sama – sama suatu jaringan pada beberapa komputer dan biasa digunakan untuk keperluan saling tukar menukar informasi atau data. Untuk perbedaan mendasar dari Internet dan Intranet ini adalah sebagai berikut :

Untuk Internet :

  • Sifatnya terbuka, jadi selama pengguna memiliki koneksi untuk Internet maka prosesnya bisa dilakukan dimanapun dan kapan pun serta tidak memerlukan izin dari server.
  • Jangkauan jaringan yang sangat luas bahkan tidak terbatas, sehingga bisa diakses oleh semua komputer dari berbagai negara bahkan seluruh dunia.
  • Karena memiliki jangkauan yang tidak terbatas maka secara otomatis komputer server yang digunakan juga tidak hanya satu karena menampung jutaan pengguna dalam waktu bersamaan.

Untuk Intranet :

  • Sifatnya lebih tertutup, antar komputer atau pengguna bisa mensetting siapa saja yang dapat melihat atau saling mentransfer data. Dengan ini otomatis keamanan data juga lebih terjaga.
  • Jangkauan jaringan yang cukup luas namun terbatas hanya pada satu lingkup saja, bisa untuk perusahaan, organisasi, atau instansi lain.
  • Karena memiliki jangkauan dalam lingkup yang terbatas maka kinerja komputer server tidak terlalu berat (biasanya hanya diperlukan 1 komputer server saja). Namun tidak menutup kemungkinan juga terjadi overload ketika transfer data dilakukan secara bersamaan.

Baik Internet maupun Intranet memegang peran penting dalam kemajuan teknologi hingga saat ini. namun masih banyak yang belum memahami perbedaan dasar kedua teknologi itu. Dengan memahami pengertian, manfaat serta perbedaan antara Internet dan Intranet anda pastinya sudah memahami secara detail. Tidak hanya sekedar menggunakannya saja, anda juga memahami cara kerja dari teknologi Intranet.

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply