• Our Partners:

Pengertian iOS

Pengertian iOS Beserta Kelebihan dan Kekurangan iOS, Sudah Tahu?

Pengertian iOS

Pengertian iOS adalah

Di zaman yang modern ini sudah banyak bermunculan teknologi – teknologi baru, salah satunya adalah kehadiran sistem operasi yang bernama iOS (iPhone Operating System) bersamaan dengan ketenaran perusahaan besar bernama Apple. Dari namanya mungkin sudah cukup jelas bahwa iOS adalah sebuah OS yang dikembangkan khusus pada perangkat iPhone. Mulai diresmikan pada tahun 2007 dan langsung memperoleh tempat di masyarakat umum.

Keberadaan iOS juga langsung memberi persaingan pada Android yang sebelumnya dipakai oleh smartphone, meskipun harga iPhone lebih mahal. Bedanya pada Android bersifat Open Source sehingga bisa dikembangkan oleh semua developer sedangkan iOS bersifat tertutup (Close Source) sehingga sampai saat ini hanya dikembanghkan oleh perusahaan dengan logo apel ini saja.

Sejak pertama kali diresmikan oleh pendiri Steve Jobs sang pendiri Apple iOS terus mengalami perkembangan hampir setiap tahunnya, mulai dari iPhone OS versi 1 sampai saat ini disebut iOS versi 12 yang diluncurkan tahun 2018 kemarin.

Sebagai perusahaan yang meluncurkan produk gadget iPhone beserta OS versinya sendiri Apple juga menghandle semua fitur dan aplikasi yang ada seperti pemutar musik, browser, iCloud, iMessage dan bahkan toko aplikasinya yang dikenal dengan App Store. Dalam desain atau UI nya juga terus mengalami peningkatan pada setiap versi OS nya.

Kelebihan dan Kekurangan iOS

Pengertian iOS Beserta Kelebihan dan Kekurangan iOS

Dalam waktu yang singkat kehadiran iOS sudah menjadi pesaing Android yang lebih dulu hadir, meskipun pasar yang dijajaki cenderung ke kalangan atas karena harga perangkat nya yang memang mahal.

Hal ini pun didukung dengan berbagai macam fitur dan keunggulan sehingga meskipun harganya mahal namun iPhone tetap menjadi merk yang paling dicari. Namun juga tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa kekurangan dan terkadang merisaukan para pengguna nya.

Dalam kesempatan ini penulis akan menjabarkan masing – masing kelebihan dan kekurangan iOS sebagai bahan referensi bagi anda yang tertarik mencoba atau mungkin untuk menambah wawasan saja. Langsung saja ulasan lengkapnya dapat disimak dibawah ini :

Kelebihan iOS

Kelebihan iOS

iOS dapat backup dan restore dengan lebih baik, jadi ketika anda membeli iPhone baru tidak perlu mengkhawatirkan data pada perangkat sebelumnya. Didukung dengan fitur iCloud semua data dapat di backup dan pada perangkat yang bisa dilakukan restore, semua itu bisa dilakukan hanya dengan hitungan menit dan tanpa ribet daripada harus menggunakan memory card.
Terdapat koneksi antara iOS dengan MAC OS X namun dengan update tertentu yakni sudah bisa ditemui di iOS 8 dan Yosemite. MAC OS merupakan OS yang ada pada PC khusus Macintosh atau MacBook dan salah satu produk dari Apple juga. Hal ini memberikan fitur komunikasi terhadap ponsel anda bisa dilakukan oleh perangkat MAC OS, contohnya seperti iMessage. Selain ke Macbook bisa terintegrasi juga dengan perangkat iPad
Konten dari luar yang tersaji di App Store juga biasanya yang paling update. Hal ini dikarenakan pihak pengembang cenderung lebih mengutamakan ke iOS terlebih dahulu barulah ke Android. Contohnya ketika Microsoft terlebih dahulu merilis Office Suit di iPad sebelum pada akhirnya masuk ke operasi sistem Android.
Penggunaan nya lebih stabil karena pada iOS pengembangan nya langsung terintegrasi pada hardware (ponselnya) dan selalu update mengikuti rilis dari iPhone. Jika pada smartphone Android banyak ditemui ketidakcocokan antara OS dan jenis ponsel nya sehingga terkadang performa kurang maksimal.
Selanjutnya khusus pada iOS keluaran terbaru untuk melakukan Sign In ke Google Account bisa dilakukan dengan lebih mudah sehingga tidak perlu mengulang – ulang, cukup dengan Face ID ataupun Touch ID. Apple dulunya belum menggunakan fitur ini sehingga dalam membuka aplikasi dan website sering melakukan login ulang.

Kekurangan iOS

Pengertian iOS Adalah

Diantara sekian banyak keuntungan dari penggunaan iOS ternyata masih bisa ditemui kekurangan – kekurangan nya dan sampai saat ini masih bisa ditemui. Pihak Apple kemungkinan masih melakukan perbaikan atau mungkin sengaja dibiarkan untuk menjaga keterhubungan terhadap iPhone itu sendiri. Setiap penggunaan barang memang wajar terdapat kelebihan dan kekurangan masing – masing.
Penggunaan iOS hanya ada di merk iPhone saja karena sifatnya yang Close Source, dan hampir semua masyarakat pasti mengetahui bahwa merk tersebut memiliki hargan yang mahal dan memang tergolong merk mewah untuk kalangan atas. Hal ini mungkin saja wajar karena teknologi yang digunakan juga cukup tinggi sehingga menunjang segala keperluan. Pada jenis tertentu bahkan harga iPhone mampu mencapai hingga puluhan juta rupiah.
Proses pengiriman data juga cukup terbatas pada iOS. Hal ini juga yang paling dikeluhkan oleh para pengguna karena dalam pertukaran data kurang efektif, tidak seperti smartphone Android yang dilengkapi dengan Bluetooth. Namun hal ini masih bisa disiasati dengan mengunduh aplikasi khusus dari App Store.
Kekurangan lain juga terdapat di aplikasi dan game yang ada di App Store kebanyakan berbayar, terutama yang dikelola oleh pihak Apple sendiri. Bagi para pengguna yang memang seharusnya dari kalangan atas seharusnya hal ini tidak terlalu menjadi masalah, namun tetap juga menjadi perhatian bagi pihak developer kedepan nya.
Karena selalu update bersamaan dengan type iPhone terbaru maka seringkali terjadi pada iPhone merk lama tidak dapat mengupgrade ke versi iOS terbaru. Hal ini juga sangatlah wajar karena perkembangan fitur – fitur pada iOS terbaru pastilah menyesuaikan pada spesifikasi iPhone yang dirilis juga.

Itulah pengertian iOS beserta kelebihan dan kekurangan iOS yang perlu diketahui. Tentu berbeda dengan Android, iOS terkesan premium dan memiliki fitur unggulan yang tidak dimiliki oleh Android. Semoga artikel diatas bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend