Pengertian Joystick Beserta Fungsi, Jenis-Jenis dan Cara Kerja Joystick

Jika kamu anak gamers tentu sudah tidak asing lagi dengan Joystcik. Yah memang perangkat keras yang satu banyak digunakan oleh gamers untuk bermain game.

Biasanya gamers menggunakan alat ini untuk membantu dalam bermain game agar lebih mudah karena joystick dapat bergerak ke segala arah sehingga dengan adanya alat ini bermain game jadi lebih sempurna.

Untuk kamu yang belum tahu apa itu pengertian joystick, Yuk simak ulasan dibawah ini agar kamu lebih memahami tentang apa itu joystick.

Pengertian Joystick

Pengertian Joystick adalah

Apa itu Joystick? Joystick atau yang dikenal juga dengan tuas kontrol adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat digerakkan ke segala arah, sedangkan games paddle pada umumnya berbentuk kotak atau persegi yang terbuat dari plastik dan dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

Selain itu, alat ini juga dapat mentransmisikan arah sebesar 2D atau 3D pada komputer dan juga alat ini pada umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan sebuah permainan video yang dilengkapi dengan lebih dari satu tombol.

Joystick ini merupakan sebuah piranti penuding secara tidak langsung. Pada Joystick umumnya terdapat tombol yang dapat dipilih ataupun di asosiasikan dengan papan ketik atau juga keyboard.

Joystick mulai dikenal pada abad 20-an pada waktu itu nama joystick diartikan tongkat pengendali pesawat terbang. Joystick atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan tuas kontrol adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi pada komputer.

Kemudian joystick berkembang menjadi alat elektrik. 2-axis joystick ditemukan pada tahun 1944 di Negara Jerman. Dan kemudian alat dikembangkan untuk mengarahkan terbang layang pengeboman Henschel H 293 terhadap target kapal. Pada tahun 1967 Ralph H. Baer, pencipta game video televisi dan Magnavox. Kemudian menciptakan game video yang pertama dengan menggunakan dua potensiometer untuk mengukur position  dan joystick analog.

Dan sekitar tahun 1985-1986 orang- orang semakin mengenal istilah joystick melalui video game yang pada waktu itu populer dengan permainan Nintendo dan sega. seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat joystick dikembangkan kedalam perangkat komputer (hardware).

Fungsi Joystick

Fungsi joystick terdiri dari beberapa macam, yaitu :

  1. Sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi dengan lebih dari satu tombol.
  2. Untuk megontrol dalam permainan video.
  3. Joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin- mesin seperti pada kursi roda bermotor dan juga truk.

Jenis-Jenis Joystick

Alat ini biasanya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi dengan lebih dari satu tombol. Selain untuk mengontrol permainan video, tuas kontrol juga banyak diimplementasikan pada mesin lain, seperti pada kursi roda bermotor dan truk. Terdapat berbagai macam bentuk joystick sesuai dengan fungsi dan keperluan pengguna.

Joystick terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

  1. Joystick Logitech RumbleFungsi Joystick - joystick jenis logitech rumble

Jenis joystick yang satu ini adalah jenis joystick yang paling sering digunakan oleh gamers dikarenakan joystick ini dapat digunakan untuk game apa saja.

  1. Joystick Logitech Racing Wheeljoystick jenis racing wheel

Nah kalai Jenis joystick yang satu ini berbentuk seperti stir mobil.  Jenis joystick ini  berfungsi khusus untuk game balap mobil.

  1. Joystick Logitech Extreme 3D ProJenis-Jenis Joystick - joystick extreme 3d pro

Jenis joystick ini merupakan jenis joystick berbentuk lonjong ke atas dan berfungsi khusus untuk game seperti game pesawat terbang.

  1. Joystick berupa Stir Pesawatjoystick dengan stir pesawat

Jenis ini berbentuk lonjong ke atas dan berfungs ikhusus untuk game pesawat terbang.

  1. Joystick PC dengan Fungsi Turbojoystick turbo

Berbeda dengan joystick yang ada di pasaran, Metal Strike 3D merupakan nama dari jenis joystick PC. Turbo digunakan untuk permainan simulasi penerbangan dengan desain 4 axiz dan juga memiliki Ailero, Elevator, Trottle dan Control Power. Fungsi turbo untuk pengulangan otomatis, bisa memainkan perminan pertarungan di udara dengan kemampuan menembakkkan senjata otomatisyang baik, Metal Strike 3D memiliki 13 tombol.

  1. Joystick Controller

Jenis ini mengunakan potentiometric. Skalar pada joystick controller digunakan untuk menterjemahkan gerakan menjadi sinyal output. Jenis initerbuat dari plastic, nilon, gelas penuh nilon dan stainless steel, selain digunakan untuk game juga digunakan dalam bidang industry atau peralatan untuk tugas berat seperti forklift, crane, mesin pertanian, kendaraaan kemudi.

Sifat Joystick

o   Membutuhkan tempat yang sedikit

o   Tidak mengganggu layar

o   Harganya yang murah dan banyak digunakan pada permainan komputer (game)

Kelebihan Joystick

  1. Dapat berjalan pada Windows dan Mac
  2. Desain yang stylish
  3. Handal
  4. Harga jual yang bagus
  5. Responsif
  6. Serbaguna
  7. Posisi tombol-tombol yang simetris

Cara Kerja Joystick

Joystick merupakan piranti penuding secara tidak langsung. Gerakan kursor pada joystick dikendalikan oleh gerakan tuas atau dengan tekanan pada tuas. Joystick biasanya memiliki tombol yang dapat dipilih atau diasoasikan dengan papan ketik atau keyboard. Dalam pengoperasiannya, joystick tidak memerlukan tempat yang luas. Joystick mempunyai perbandingan K/T yang berubah-ubah.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian Joystick serta fungsi dan cara kerjanya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu menambah pemahaman kamu mengenai Joystcik. Terimakasih 😉

Leave a Reply

Send this to a friend