Pengertian Komunikasi Beserta Fungsi dan Unsur-unsur Komunikasi yang Jarang Diketahui

Dalam semua bidang kehidupan akan memerlukan berbagai bantuan dan dukungan orang lain. Dengan adanya kehidupan bermasyarakat akan mempermudah untuk melakukan jalinan sosial dengan baik. Kehidupan bersosial akan menjadikan pengalaman yang baik dan akan meningkatkan silaturrahmi antar manusia. Dengan adanya kehidupan sosial, proses untuk mengenal orang lain akan menjadi lebih mudah. Cara bertukar sapa akan mudah dilakukan setiap hari. Dengan berbagai cara kita bisa menyampaikan pendapat kita ke orang lain.

Kehidupan sosial tidak akan terlepas dari kumpulan berbagai individu yang menjadi masyarakat. Dengan adanya kehidupan sosial akan mempermudah kita dalam melakukan berbagai aktifitas yang melibatkan banyak orang. Dengan berbagai cara dan proses bisa ditempuh dengan apa saja. banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunjang kehidupan sosial menjadi kehidupan yang lebih baik dan meningkatkan rasa persaudaraan antar umat. Kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama akan meningkatkan rasa persaudaraan yang tinggi antar umat manusia. Dengan adanya berbagai fasilitas untuk mempererat rasa persaudaraan harus diimbangi dengan adanya komunikasi yang bagus.

Kehidupan bersosial tidak hanya dilakukan dalam lingkungan masyarakat yang kecil saja. hubungan untuk menjalin suatu relasi juga bisa dinamakan dengan kehidupan sosial. Dengan adanya berbagai cara dan metode untuk hidup sosial, maka akan ada banyak orang yang bisa dijadikan teman atau saudara dalam kehidupan ini. Adanya berbagai cara membuat manusia menjadi memiliki banyak pilihan yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan kemampuannya. Penjelasan mengenai pengertian komunikasi beserta fungsi dan unsur-unsur komunikasi bisa anda simak dibawah ini:

Pengertian Komunikasi

pengertian komunikasi dan fungsi komunikasi

Komunikasi merupakan suatu cara yang dilakukan antar individu ke individu lainnya untuk menyampaikan informasi. Berbagai informasi dapat disebarkan dengan berbagai cara. Komunikasi bisa dilakukan dengan satu arah maupun dua arah. Berbagai media bisa menunjang adanya komunikasi dengan baik. Komunikasi tidak hanya ditujukan pada orang lain. Namun komunikasi juga bisa ditujukan kepada diri sendiri. Dengan adanya komunikasi yang baik dengan semua orang, akan mengurangi terjadinya perselisihan akibat adanya perbedaan pendapat mengenai suatu hal.

Komunikasi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Komunikasi harus dilakukan dengan konsisten dan terjaga supaya persaudaraan dan informasi yang akan disampaikan menjadi tersampaikan dengan baik tanpa ada perselisihan. Banyak cara untuk melakukan komunikasi dalam berbagai bidang kehidupan. Dengan meningkatnya komunikasi akan membuat kehidupan menjadi lebih erat dan saling menghormati menjadi lebih meningkat.

Dengan adanya komunikasi yang baik dan sejalan akan meningkatkan kenyamanan dalam melakukan komunikasi dengan siapapun. Terlepas dari siapa yang diajak berkomunikasi, semua orang bisa menjadi sasaran untuk melakukan komunikasi dengan baik. Adanya berbagai cara dan media akan membuat komunikasi menjadi semakin mudah dan tanpa jarak. Bahkan dalam waktu yang berbeda, komunikasi tetap bisa dilakukan dengan baik. Hal ini dikarenakan adanya komunikasi yang baik bisa ditunjang dengan adanya teknologi yang mencukupi.

perselisihan di telepon

Perselisihan saat berkomunikasi

Tidak jarang banyak terjadi perselisihan mengenai perbedaan pendapat mengenai suatu topik pembicaraan hingga menyebabkan adanya perselisihan. Perselisihan yang terjadi hanya karena terjadi kesalahpahaman dalam mencerna apa yang dikomunikasikan. Hal ini dikarenakan komunikasi yang terjadi merupakan komunikasi yang kurang baik.

Mengapa demikian? Komunikasi tidak akan efektif jika kedua belah pihak berada dalam posisi emosi dan kondisi fisik yang tidak stabil. Seseorang akan mudah untuk mengungkapkan emosinya jika hal tersebut tidak sesuai dengan keinginannya. Hal ini bisa menjadi penyebab adanya suatu komunikasi yang kurang baik.

Fungsi Komunikasi

fungsi komunikasi adalah

Komunikasi memiliki banyak fungsi yang secara tidak langsung bisa mengungkapkan segala perasaan kita. Banyak fungsi komunikasi yang sebenarnya kita tidak menyadarinya. Berikut adalah beberapa fungsi komunikasi:

1. Mengungkapkan perasaaan

Dengan adanya sebuah komunikasi, akan mewakili perasaan kita. Melakukan komunikasi sama hal nya dengan mengungkapkan perasaan. Ketika kita memiliki suatu hal yang ingin disampaikan ke orang lain, kita harus mengkomunikasikannya dengan orang yang bersangkutan. Hal ini ditujukan untuk sebagai maksud agar perasaan yang kita pendam segera tersampaikan dengan baik ke orang tersebut. Dengan begitu, perasaan yang mengganjal di hati kita akan terasa lega karena sudah dikomunikasikan dengan orang yang bersangkutan.

2. Menyampaikan informasi

Komunikasi bisa digunakan sebagai media untuk menyampaikan suatu informasi ke orang lain yang belum mengetahui informasi tersebut. Dengan adanya komunikasi, orang lain akan mengetahui informasi baru dan mendapatkan sebuah wawasan baru. Dengan begitu, kita sudah melakukan atau mnegetahui salah satu fungsi komunikasi yaitu untuk menyampaikan informasi. Adanya komunikasi bisa menjadi bahan atau media untuk menyampaikan segala informasi yang bermanfaat untuk orang lain.

3. Mengetahui diri sendiri

Komunikasi juga penting untuk dilakukan dengan diri sendiri. Dengan adanya komunikasi ke diri sendiri, kita akan lebih memahami bagaimana sebenarnya diri kita, perasaan kita dan amarah kita. Semua hal mengenai diri sendiri memang hanya kita yang tahu. Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa anda harus melakukan komunikasi dengan diri sendiri untuk mengetahui bagaimana diri anda sebenarnya.

4. Menghibur orang lain atau diri sendiri

Dengan adanya komunikasi bisa menjadi suatu sarana untuk menghibur orang lain. Komunikasi yang dilakukan dengan melalui canda dan tawa bisa menghibur orang lain. Sehingga dengan adanya komunikasi sangat penting karena bisa digunakan untuk menghibur orang lain.

5. Menambah wawasan dan pengetahuan

Komunikasi juga bisa digunakan untuk sarana dalam menambah wawasan dan pengetahuan. Tidak jarang bahwa komunikasi yang dilakukan secara tidak sengaja atau terencana bisa menghasilkan sebuah wawasan baru yang mungkin belum anda dapatkan.

6. Menjaga hubungan baik dengan orang lain

Komunikasi yang baik bisa meningkatkan hubungan persaudaraan dengan orang lain. Hubungan baik bisa terjaga dengan adanya komunikasi yang baik antar umat manusia. Hal ini dikarenakan semakin sering seseorang melakukan komunikasi, seseorang tersebut akan merasa lebih dekat dengan orang tersebut dan akhirnya hubungan baik akan tetap terjaga.

Unsur-unsur Komunikasi

Dalam melakukan komunikasi ternyata komunikasi memiliki berbagai unsur. Unsur komunikasi ini bisa menjadikan suatu komunikasi menjadi lebih efektif. Berikut adalah unsur-unsur komunikasi yang perlu anda ketahui:

1. Pesan

Dalam suatu komunikasi harus ada pesan apa yang ingin disampaikan. Hal ini dikarenakan supaya arah komunikasi yang akan berjalan bisa terarah dan menghasilkan sesuatu yang berguna. Dan ada pesan yang tersampaikan dengan baik.

2. Komunikator (Orang yang menyampaikan pesan)

Dalam komunikasi, harus ada seseorang yang menjadi komunikan atau seseorang yang menyampaikan pesan. Ketika tidak ada orang yang menyampaikan pesan, maka hal tersebut tidak bisa dikatakan sebagai komunikasi.

3. Media komunikasi

Semua komunikasi yang dilakukan tentu akan menggunakan media komunikasi yang berbeda-beda. Banyak media komunikasi yang bisa mendukung adanya komunikasi dengan baik. Saat ini, kemajuan teknologi memungkinkan media komunikasi menjadi lebih mudah dijumpai, seperti contohnya smartphone.

4. Komunikan (Sasaran orang yang mendengarkan komunikasi)

Dalam suatu komunikasi juga harus ada seseorang yang mendengarkan komunikasi. Meskipun hanya melakukan komunikasi dengan diri sendiri, pasti ada sasaran yang menjadi komunikan.

5. Umpan Balik (Feedback)

Dalam setiap komunikasi, tentu akan diharapkan adanya feedback dari penerima informasi atau komunikan. Sehingga dengan adanya feedback tersebut, komunikasi tetap berjalan dengan lancar.

Itulah pembahasan mengenai pengertian komunikasi yang jarang sekali diketahui oleh banyak orang. Komunikasi sangat penting untuk dilakukan karena dengan melakukan komunikasi, kita bisa memahami perasaan orang lain dan mengerti apa yang mereka maksudkan. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga komunikasi tetap berjalan dengan baik dan sepemahaman.

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend