Pengertian Kreativitas Beserta Manfaat, Ciri-Ciri dan Contohnya

Pengertian Kreativitas

Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Baik dalam bentuk gagasan maupun dalam bentuk sebuah karya nyata. Jika kreativitas ini berhubungan dengan sebuah karya maka bisa saja menjadi penggabungan antara karya yang sudah lama dibuat dengan karya yang baru dibuat. Pada dasarnya setiap orang memiliki tingkat kreativitasnya masing-masing.

Bahkan tidak jarang dari kreativitas ini banyak orang yang menemukan sebuah inovasi baru dan sangat bermanfaat untuk kehidupan sekarang maupun kehidupan yang akan datang.

Kreativitas sendiri bisa dibentuk dari ciri-ciri aptitude maupun non aptitude. Tidak jarang juga ada yang menganggap jika kreativitas adalah ide-ide baru yang sangat hebat dan mencengangkan.

Pengertian Kreativitas Menurut Para Ahli

Pengertian Kreativitas Menurut Para AhliKreativitas juga di definisikan pada 4P, yaitu product, press, process, dan person. Dimana keempat P ini saling berkaitan dan saling mendukung satu dengan yang lain.

Dimulai dari person yang artinya sifat pribadi seseorang, lalu lanjut ke proses yang melibatkan proses pembuatan ide. Lalu ada faktor press yaitu berupa dukungan dan dorongan dari lingkungan sekitar. Sehingga tercipta product kreativitas yang bisa digunakan. Sedangkan pengertian kreativitas menurut para ahli, yaitu:

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Berdasarkan KBBI, maka arti dari kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan atau sebuah daya cipta. Kreativitas juga bisa diartikan sebagai kreasi terbaru dan masih orisinil yang tercipta. Ini karena kreativitas suatu proses mental yang unik untuk menghasilkan sesuatu yang baru, berbeda dan orisinil.

2. Munandar

Sedangkan Munandar mengatakan jika kreativitas adalah kemampuan untuk mengkombinasikan, memecahkan atau menjawab masalah, dan cerminan kemampuan operasional anak kreatif.

3. Havvel

Havvel berpendapat jika kreativitas adalah kemampuan untuk bisa menciptakan suatu komposisi dan juga sistem yang baru.

4. Semiawan

Lalu menurut Semiawan, kreativitas yaitu kemampuan untuk memberikan gagasan-gagasan baru dan menerapkannya dalam pemecahan masalah. Kreativitas meliputi baik ciri-ciri aptitude seperti kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), dan keaslian (originality) dalam pemikiran, maupun ciri-ciri non aptitude, seperti rasa ingin tahu, senang mengajukan pertanyaan dan selalu ingin mencari pengalaman-pengalaman baru.

5. James R. Evans

Pengertian kreativitas menurut James R. Evans adalah kemampuan untuk menemukan hubungan baru, kemampuan untuk melihat subjek dari sudut pandang yang berbeda, serta mengkombinasikan konsep yang sudah mindstream di masyarakat dirubah menjadi suatu konsep yang cukup berbeda.

Manfaat Kreativitas

Manfaat KreativitasKreativitas tentunya dimiliki oleh semua orang. Dimana setiap orang mempunyai kreativitas yang berbeda-beda sehingga produk yang dihasilkan pun berbeda. Sedangkan manfaat dari kreativitas adalah:

1. Kualitas dan taraf hidup meningkat

Kreativitas memiliki manfaat untuk membuat kualitas dan taraf hidup meningkat. Hal ini tentu saja di sebabkan karena kreativitas bisa melahirkan inovasi baru. Dimana inovasi baru ini bisa sangat bermanfaat untuk kehidupan setiap orang sehingga taraf hidup masyarakat bisa meningkat.

2. Awal munculnya perubahan

Selain bisa meningkatkan taraf hidup di masyarakat, kreativitas juga bermanfaat untuk memulai sebuah perubahan baru di dalam kehidupan. Karena hasil dari kreativitas bisa berupa buah pemikiran ataupun suatu karya yang masih sangat baru dan belum ada sebelumnya.

3. Menjadi faktor kesuksesan dalam usaha

Kreativitas juga bisa menjadi salah satu faktor dalam mensukseskan usaha yang dimiliki seseorang. Inilah mengapa sebuah perusahaan atau tempat usaha haruslah memiliki karyawan yang kreatif. Sehingga usaha yang di jalankan pun bisa lebih lancar dengan adanya beberapa inovasi baru dari para pegawai ini.

4. Motivasi hidup meningkat

Sedangkan manfaat dari kreativitas yang bisa di rasakan oleh perseorangan pribadi adalah motivasi dan semangat hidup menjadi meningkat. Ini karena seseorang yang mempunyai daya kreativitas tinggi akan selalu merasa ingin membuat sebuah inovasi yang baru. Jadi hidupnya bisa lebih bersemangat dari sebelumnya.

5. Lebih menghargai orang lain

Suatu inovasi yang ada tidak selalu berasal dari kreativitas seseorang saja. Namun inovasi ini bisa berasal dari ide beberapa orang yang digabung menjadi satu. Karena hasil dari kreativitas ini berasal dari orang yang berbeda-beda maka setiap orang bisa saling menghargai. Selain itu setiap orang yang memiliki kreativitas bisa saling bekerjasama untuk menciptakan inovasi yang baru.

Ciri-Ciri Kreativitas

Pengertian Kreativitas dan Ciri-CirinyaKreativitas juga memiliki beberapa ciri-ciri yang akan membuat Anda lebih mudah mengenali seseorang yang mempunyai daya kreativitas tinggi. Adapun ciri-ciri orang kreatif, yaitu:

1. Senang berimajinasi/mengkhayal

Orang yang senang bermimpi atau berkhayal tidak selalu berarti orang yang malas atau tidak suka beraktivitas. Justru kreativitas yang hebat bisa berasal dari orang yang senang berimajinasi.

2. Suka dengan tantangan

Biasanya orang yang memiliki daya kreativitas tinggi tidak akan mudah puas dengan hasil kreativitas yang ia miliki. Seseorang yang sudah berhasil menciptakan suatu kreativitas akan selalu merasa kurang dan akan terus berusaha menciptakan inovasi baru. Ini karena orang kreatif sangat suka sekali dengan tantangan.

3. Logika adalah landasan utama pada pikiran

Ketika di hadapkan pada posisi yang membingungkan maka orang yang kreatif akan menggunakan logikanya untuk mengambil keputusan. Karena orang seperti ini selalu mempunyai pikiran yang logis dan mengabaikan perasaannya.

4. Mudah sekali beradaptasi

Ciri-ciri orang kreatif selanjutnya adalah mudah sekali beradaptasi dengan lingkungan barunya. Sehingga ketika ia pindah ke tempat yang baru maka orang kreatif tidak akan kebingungan saat bersosialisasi dengan orang lain.

5. Senang berfikir

Sebuah inovasi baru yang muncul dan bisa sangat bermanfaat tentunya tidak berasal dari pikiran biasa saja. Inilah alasan mengapa orang kreatif akan lebih suka berfikir untuk menciptakan sesuatu yang baru.

6. Mudah bosan

Karena orang kreatif senang berpikir dan pikirannya selalu out of the box maka orang kreatif akan merasa cepat bosan. Sehingga orang-orang seperti ini selalu berusaha menciptakan inovasi baru untuk mengusir kebosanan yang ia rasakan.

7. Selalu ingin tahu

Selalu ingin tahu juga menjadi ciri-ciri dari orang yang kreatif. Dimana ketika orang kreatif tidak mengerti tentang suatu hal maka ia akan berusaha tanya ke siapapun dan juga mencari informasi dari berbagai sumber.

Contoh Kreativitas

Contoh KreativitasSelain ciri-ciri kreativitas diatas, ada juga contoh kreativitas. Diantaranya adalah:

1. Inovasi daur ulang sampah

Dulu belum ada inovasi untuk mendaur ulang sampah, utamanya daur ulang sampah plastik. Namun kini sudah ada inovasi baru tentang daur ulang sampah dengan berbagai macam teknologi canggih. Biasanya sampah ini akan di daur ulang menjadi barang-barang bermanfaat seperti lampion, tas, dan masih banyak lagi.

2. Produk sambal kemasan

Contoh dari kreativitas selanjutnya adalah terbentuknya produk sambal yang dikemas dalam botol plastik ataupun kaleng kecil. Sehingga sekarang bagi orang yang tidak bisa masak sambal sendiri bisa membeli salah satu produk sambal merek terkenal.

3. Bumbu masak instan

Hasil dari kreativitas juga termasuk ke dalam bidang makanan, salah satunya adalah pembuatan bumbu masak instan. Dimana kini semua orang bisa memasak tanpa harus ribet membuat resep sendiri.

Semoga informasi mengenai pengertian kreativitas sekaligus contoh-contohnya diatas bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend