• Our Partners:

Pengertian Literasi adalah

Kenali Pengertian Literasi Beserta Fungsi dan Jenisnya dalam Pembelajaran

Pengertian Literasi

Literasi berasal dari kata ‘literatus’ dalam bahasa latin yang artinya orang yang belajar. Nah, dari istilah tersebut sudah menggambarkan mengenai pengetian dari literasi. Literasi ialah suatu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk memanfaatkan keterampilan dan juga kompotensinya untuk memahami serta mengolah informasi ketika ia sedang membaca dan menulis.

Pengertian dari literasi kini sudah mulai berkembang lebih luas, yaitu sudah masuk pada praktik kultural misalnya berhubungan dengan politik dan sosial.

Pengertian literasi yang baru menunjukkan paradigma baru, sehingga memaknai kata literasi nukan hanya sekedar membaca dan menulis saja, akan tetapi maknanya sudah bervariasi, Misalnya literasi komputer, literasi media, literasi sains, dan lain sebagainya.

Literasi dalam masyarakat demokrasi berkaitan dengan 5 verba yaitu memahami, menggunakan, melibatkan, menganalisis, dan mentransformasikan teks. dari kelima verba tersebut merujuk kepada kemampuan atau kompetensi yang lebih dari hanya sekedar menulis dan membaca.

Pengertian Literasi Menurut Para Ahli

Apa itu Literasi? Pengertian Literasi adalah

Menurut kamus online Merriam – Webster, pengertian literasi ialah kemampuan atau kualitas melek aksara, yang yang mana di dalamnya berhubungan dengan kegiatan menulis, membaca, menganalisa dan memahami ide-ide dengan cara visual.

Untuk lebih memahami pengertian jelas mengenai literasi, berikut ini akan dipaparkan pendapat dari beberapa ahli yang bisa membantu kamu untuk lebih mengerti mengenai arti literasi:

1. Elizabeth Sulzby (1986)

Literasi ialah kemampuan berbahasa yang dapat diterapkan seseorang dalam hal berkomunikasi (berbicara, membaca, menulis dan menyimak) dengan cara yang tidak sama yaitu sesuai dengan masalahnya/tujuannya. Literasi disini berkaitan dengan membaca dan menulis.

2. National Institute for Literacy

Literasi artinya ialah kemampuan individu/seseorang untuk meniulias, membaca, berbicara, menghitung serta memecahkan suatu masalah pada tingkat keahlian yang dibutuhkan dalam suatu pekerjaan, keluarga dan masyarakat. Arti literasi disini dilihat dari perspektif yang kontekstual, yaitu tergantung dari kemampuan atau keterampilan yang diperlukan dalam hal tertentu.

3.  EDC (Education Development Center)

Menurut Education Development Center arti literasi ialah kemampuan seseorang dalam menggunakan skill an potensi yang ia miliki dalam kehidupannya. Artinya literasi disini menunjukkan kemampuan individu untuk bisa membaca kata bahkan membaca dunia.

4. UNESCO

The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), berpendapat bahwa kemampuan orang untuk mengartikan literasi dipengaruhi oleh penelitian akademik, nilai-nilai budaya, konteks nasional, institusi, serta pengalaman. Pemahaman umum dari literasi ialah keterampilan nyata, keterampilan membaca dan menulis (secara kognitif) terlepas dari konteks dimana suatu keterampilan tersebut diperoleh dan diperoleh dari siapa.

Menurut UNESCO, kemampuan literasi adalah hak setiap individu dan merupakan dasar pembelajaran sselama hidup. Karena Kemampuan literasi bisa memberdayakan dan meningkatkan kualitas dari individu, keluarga dan masyarakat.

Literasi memiliki sifat “multiple Effect” dan memberikan efek yang baik dan luas bagi individunya sehingga mengarahkan individu memiliki kualitas hidup yang lebih baik, seperti membantu kemiskinan, terwujudnya perdamaian dan lain sebagainya.

Fungsi Literasi

Pengertian Literasi dan Fungsinya

Setelah mengetahui mengenai pengertian dari literasi, gambaran mengenai fungsi literasi itu sendiri sudah jelas dan tentunya memiliki tujuan positif. Beberapa fungsi literasi ialah sebagai berikut:

  1. Membaca berbagai jenis informasi yang bermanfaat untuk bisa meningkatkan pengetahuan masyarakat.
  2. Membantu mengambil suatu kesimpulan dari teks yang dibaca oleh individu sehingga kemampuan dalam memahami juga meningkat.
  3. Membantu meningkatkan kemampuan individu dalam hal memberikan penilaian yang kritis pada karya tulis.
  4. Menumbuhkan sekaligus mengembangkan budi pekerti individu.
  5. Meningkatkan nilai kepribadian individu dengan menulis dan membaca.
  6. Menumbuhkan sekaligus mengembangkan budaya literasi yang dapat diterapkan dalam masyarakat luas.
  7. Membantu memperbaiki dan meningkatkan kualitas hidup salah satunya dengan manage waktu sehingga lebih baik dan bermanfaat.

Jenis-Jenis Literasi

Jenis-Jenis Literasi

Merujuk ke arah kompetensi atau kemampuan dasar literasi yaitu kemampuan menulis dan membaca merupakan hal yang paling penting, karena jika buta aksara akan mempersulit untuk memahami konsep fungsional dari literasi. Jenis-jenis literasi dapat dibedakan menjadi beberapa, diantaranya yaitu:

1. Literasi Kesehatan

Dalam hal ini literasi artinya ialah kemampuan seseorang dalam memperoleh, mengolah dan memahami informasi dasar tentang kesehatan serta tindakan-tindakan apa saja yang bisa dilakukan saat mengambil keputusan yang tepat untuk kesehatan.

2. Literasi Finansial

Literasi finansial yaitu kemampuan seseorang dalam membuat suatu penilaian terhadap informasi dan membuat keputusan yang tepat pada penggunaan uang serta pengelolaan uang. Literasi finansial berhubungan dengan masalah keuangan.

3. Literasi Digital

Dalam hal ini literasi berhubungan dengan kemampuan dasar seseorang secara teknis untuk menjalankan suatu teknologi (media digital) seperti komputer dan internet ditambah dengan kemampuan berpikir kritis, bisa melakukan evaluasi terhadap media digital serta mampu merancang suatu konten komunikasi.

4. Literasi Data

Dalam hal ini literasi berarti kemampuan seseorang dalam mendapatkan suatu informasi yang bersumber dari data, atau dengan kata lainnya mampu memahami kompleksitas analisa data.

5. Literasi Kritikal

Literasi kritis ialah suatu pendekatan instruksional dengan menyarankan/menganjurkan adopsi perspektif dengan cara kritis terhadap teks. Literasi kritis  dengan arti lainnya ialah kemampuan untuk mendorong seorang pembaca agar dapat aktif menganalisa teks dan mengungkapkan pesan yang dapat diambil dari argumentasi teks tersebut.

6. Literasi Visual

Literasi visual merupakan kemampuan untuk bisa menafsirkan, menciptakan dan mendiskusikan makna dari suatu informasi berupa gambar visual. Dengan kata lain literasi visual ialah kemampuan dasar untuk menginterpretasikan teks tertulis menjadi bentuk yang mudah dipahami seperti gambar dan video.

7. Literasi Statistik

Literasi statistik merupakan kemampuan dalam memahami statistik. Pemahaman ini dibutuhkan masyarakat agar mampu memahami berbagai materi yang dipublikan melalui media.

8. Literasi Informasi

Literasi informasi ialah kemampuan seseorang dalam mengenali saat dimana informasi dibutuhkan, kemampuan dalam hal menemukan informasi sdan kemampuan mengevaluasi informasi. Dengan begitu seseorang bisa menggunakan informasi dengan efektif dan menyalurkan informasi tersebut dengan cara mudah dipahami dan jelas.

Itulah pembahasan mengenai pengertian literasi dalam pembelajaran beserta fungsi dan jenis-jenisnya yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend