Pengertian Marketing Mix adalah

Pengertian Marketing Mix Beserta Manfaat, Unsur-Unsur dan Contohnya

Pengertian Marketing Mix

Marketing mix adalah suatu konsep dalam melakukan pemasaran dengan mencampur atau menggabungkan beberapa konsep marketing. Sehingga konsep marketing yang dilakukan beragam dalam satu cara marketing.

Dengan adanya konsep marketing mix ini dapat mempermudah eksekusi bisnis yang akan dikembangkan. Hal ini dikarenakan segala detil yang diperlukan dalam bisnis sudah direncanakan dengan detil dan jelas.

Pengertian Marketing Mix Menurut Para Ahli

Pengertian marketing mix menurut para ahli

Selain penegrtian secara umum, para ahli juga menyatakan masing-masing pendapatnya mengenai marketing mix. Berikut beberapa ahli yang memiliki pendapat masing-masing tentang marketing mix:

1. Menurut Neil Bordern

Neil Bordern sebagai professor marketing di Havard menyatakan bahwa marketing mix adalah kumulan dari beragam variabel marketing yang digunakan untuk mencapai tujuan marketing pada segmentasi pasar yang sudah ditargetkan.

Sehingga dengan kata lain, marketing mix ini memiliki banyak variabel marketing yang disatukan untuk mencapai target marketing yang diharuskan. Dengan adanya hal tersebut, proses pencapaian target akan lebih mudah karena tidak berdasar pada satu variabel marketing saja.

2. Menurut Buchari Alma

Buchari Alma menyatakan pendapatnya mengenai marketing mix pada tahun 2005 bahwa marketing mix adalah suatu strategi yang digunakan untuk mengkombinasikan beragam kegiatan marketing agar mencapai kombinasi yang maksimal dan optimal sehingga muncul hasil yang paling terbaik dan memuaskan.

Sehingga strategi yang digunakan dalam pemasaran suatu produk tidak hanya berfokus pada satu jenis strategi saja, melainkan mengkombinasikan semua hal tersebut hingga menjadi satu kesatuan yang dapat meningkatkan hasil usaha paling maksimal.

3. Menurut Kotler dan Armstrong

Kotler dan Armstrong menyatakan pendapatnya mengenai marketing mix, bahwa marketing mix adalah suatu perangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan dari segi produk, harga, distribusi, dan promosinya. Sehingga semua hal tersebut dipadukan untuk menghasilkan respon yang diinginkan oleh target market (konsumen) yang disasar.

4. Menurut Gugup Kismono

Gugup kismono menyatakan pendapatnya mengenai marketing mix adalah suatu kombinasi dari variabel atau kegiatan yang menjadi inti dari pemasaran. Kombinasi ini terdiri dari strategi produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan tempat (place).

Manfaat Marketing Mix

Manfaat marketing mix

Dalam kehidupan sehari-hari, marketing mix memiliki beragam manfaat yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Berikut merupakan beberapa manfaat marketing mix:

1. Konsep pemasaran menjadi lebih sederhana

Dengan adanya konsep marketing mix ini, proses pemasaran menjadi lebih ringkas dan sederhana. Pemasaran yang tadinya membutuhkan banyak waktu untuk mengeksekusi satu per satu variabel marketing, dengan menggunakan konsep marketing mix ini akan menjadi lebih mudah dan dapat dikelola menjadi satu.

2. Sumber daya yang dimiliki jelas alokasinya dan digunakan dengan bijaksana

Adanya konsep marketing mix ini dapat digunakan untuk mengatur segala sumber daya yang dimiliki dalam usaha. Sumber daya yang dimiliki memang terkadang terbatas, namun jika dialokasikan dengan bijaksana, sumber daya tersebut dapat memenuhi target bisnis yang ditetapkan. Bahkan bisa juga melampaui target yang ditentukan, jika pengalokasiannya jelas dan optimal.

3. Pembagian tanggung jawab yang jelas

Dalam tim bisnis, memiliki banyak personil atau anggota sehingga tidak hanya satu orang saja yang mengemban tanggung jawab bisnis. Dengan melakukan konsep marketing mix ini, owner bisnis dapat melakukan pembagian tanggung jawab kepada setiap inidvidu sesuai dengan kemampuan masing-masing. Sehingga setiap orang dapat menjalankan tugas dan kewajibannya untuk mengemban tanggung jawab yang diberikan.

4. Analisa keuangan dapat dilakukan dengan jelas

Adanya konsep marketing mix ini dapat membuat owner bisnis mampu melakukan analisis keuangan usahanya. Sehingga setiap arus keuangan bisnis dapat dipantau dengan seksama. Hal ini dapat berdampak pada pengelolaan keuangan yang optimal sehingga keuangan tidak digunakan secara sia-sia.

5. Proses komunikasi lebih tertata

Apabila tanggung jawab sudah dibagikan secara merata sesuai dengan kemampuan masin-masing individu dan dalam suatu kelompok-kelompok kecil divisi, maka proses komunikasi antar divisi akan menjadi lebih mudah dilakukan. Pengorganisiran komunikasi dapat berjalan dengan lancar karena setiap komunikasi yang dilakukan antar divisi dapat dijalankan dengan baik.

Unsur-Unsur Marketing Mix

Unsur marketing mix

Dalam konsep marketing mix terdapat unsur-unsur yang mendukung agar konsep marketing tersebut dapat dijalankan dengan maksimal. Berikut merupakan unsur-unsur dalam marketing mix:

  1. Produk (product), adalah produk atau barang atau jasa yang akan ditawarkan kepada konsumen. Dimana produk ini harus sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh konsumen atau target market.
  2. Harga (price), adalah sejumlah harga yang akan diberikan konsumen untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan yang dijual. Harga ini harus disesuaikan dengan kondisi pasar, dan dilihat dari kualitas produk yang dijual.
  3. Tempat jualan (place), adalah lokasi yang akan dijadikan tempat transaksi jual beli. Lokasi yang dipilih harus strategis dan sesuai dengan target market yang disasar.
  4. Promosi (promotion), adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengenalkan produk yang dijual kepada konsumen. kegiatan promosi yang dilakukan harus efektif agar dapat tersampaikan dan menarik keinginan konsumen untuk membeli produk.
  5. Bukti fisik (pyhisical evidence), adalah penampilan dari design logo, kemasan produk, bangunan toko, interior dan lain sebagainya. Karena hal ini dapat mempengaruhi suasana hati konsumen dalam melakukan pembelian produk.
  6. Sumber daya manusia (people), adalah semua sumber daya manusia yang terlibat dalam bisnis. Sehingga hal ini membutuhkan kerja sama tim yang baik dan maksimal.
  7. Proses (process), adalah langkah-langkah yang dilakukan penjual dan konsumen dalam melakukan transaksi. Hal ini mencakup layanan yang diberikan kepada konsumen. Sehingga semakin baik layanan yang diberikan, maka konsumen akan semakin tertarik untuk membeli kembali produk yang dijual.

Contoh Marketing Mix

Contoh marketing mix

Untuk mempermudah pemahaman mengenai marketing mix, berikut beberapa contoh terkait marketing mix dalam kehidupan sehari-hari:

  • Menentukan produk atau barang yang dibutuhkan oleh banyak masyarakat. Contohnya dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Kira-kira produk apa yang sedang tren dan dibutuhkan oleh masyarakat. Seperti sepatu sekolah yang nyaman.
  • Menetapkan harga produk yang sesuai. Contohnya dari rencana produk yang sudah dikembangkan, harus ditetapkan berapa harga yang sesuai dengan produk tersebut. misalnya dengan kualitas yang baik dan premium, sepatu tersebut dapat dijual dengan harga sekitar Rp. 1.000.000 dengan biaya pembuatan yang sudah dikalkulasikan.
  • Menentukan tempat jualan. Contohnya untuk lebih dekat dengan konsumen, maka lokasi toko akan dibuka di Mall XX karena ditempat itu banyak target market yang menjadi sasaran produk.
  • Merancang stratgei promosi. Contohnya untuk meningktakan penjualan, harus gencar melakukan promosi atau iklan. Salah satunya dengan mengoptimalkan sosial media, dan membuat acara kecil-kecilan seperti giveaway.
  • Memberikan physical evidence. Contohnya mempersiapkan rancangan design brosur, logo, kemasan produk dengan tampilan yang kreatif dan menyenangkan. Tidak hanya itu saja, jika ada toko offline, maka dekorasi dan interior toko juga harus dipersiapkan dengan maksimal.
  • Merekrut SDM yang berkualitas. Contohnya melakukan perekrutan atau pembukaan lowongan pekerjaan untuk mendukung posisi yang belum maksimal, misalkan admin sosial media, bagian keuangan, dan lain sebagainya.
  • Membuat SOP perusahaan. Contohnya membuat standar operational procedure untuk mendukung segala kagiatan yang akan dilakukan agar dapat menghasilkan hasil yang maksimal. Sehingga usaha dapat terus berkembang dan meningkat.

Dengan adanya pembahasan mengenai pengertian marketing mix ini diharapkan dapat membantu anda dalam mempermudah proses belajar. Sehingga pemahaman mengenai pengertian, manfaat, unsur-unsur, dan contoh dari marketing mix dapat dipelajari dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend