• Our Partners:

Pengertian Modernisasi adalah

Pengertian Modernisasi Beserta Tujuan, Ciri-Ciri dan Dampaknya

Pengertian Modernisasi

Semakin lama perkembangan zaman akan semakin modern, tetapi apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan modernisasi ? Pengertian dari modernisasi merupakan sebuah proses tranformasi dari sebuah perubahan kearah yang akan lebih maju ataupun meningkat dengan berbagai macam aspek didalam kehidupan masyarakat.

Dan sederhananya, bisa diartikan bahwasanya pengertian dari modernisasi merupakan suatu proses perubahan dari cara yang tradisional ke dalam cara baru yang akan lebih maju didalam Bangka untuk dapat meningkatkan kualitas hidup para masyarakatnya.

Menjadi sebuah bentuk dari perubahan sosial, modernisasi umumnya asalah bentuk dari perubahan social yang lebih terencana dan juga terarah. Perencanaan social atau social planning pada zaman sekarang ini adalah suatu ciri umum untuk masyarakat maupun Negara yang tengah mengalami suatu perkembangan.

Sebuah perencanaan social akan didasarkan kepada pengertian yang lebih mendalam mengenai bagaimana sebuah kebudayaan bisa berkembang melalui taraf yang lebih rendah kepada taraf yang modern atau lebih maju.

Pengertian Modernisasi adalah

Di Indonesia sendiri, bentuk dari modernisasi sering kali kita temui di berbagai macam aspek di kehidupan masyarakat, hal tersebut dapat kita lihat pada segi industry, pertanian, social budaya dan juga perdagangan.

Dan salah satu bentuk dari modernisasi didalam bidang pertanian merupakan terdapat adanya teknik dari pengolahan lahan yang lebih baru yang menggunakan produk mesin, pupuk, obt-obatan, ariettas unggulan batu, irigasi teknis, dan juga pemanenan dengan cara penanganannya. Semua hal tersebut adalah suatu hasil dari adanya perkembangan modernisasi.

Berbagai macam bisang itu bisa berkembang dengan serngkaian suatu ptoses yang lebih panjang, sehingga dapat mencapai suatu pola perilaku yang baru dan berwujud kepada kehidupan masyarakat yang modern. Tetapi, sayangnya penggunaan dari istilah modernisasi ini banyak disalahgunakan sehingga sisi dari moralnya sering terlupakan.

Banyak juga orang yang menganggap suatu modernisasi ini Cuma sebatas kepada sebuah kebebasan yang memiliki sifat keduniawian. Hal tersebut tak membuat heran, karena ketika banyak dari anggota masyarakat yang salah memilih langkah didalam menyikapi maupun memahami mengenai konsep modernisasi ini.

Tujuan dan Manfaat Modernisasi

Pengertian Modernisasi dan Manfaatnya

Suatu modernisasi juga mempunyai tujuan dan manfaatnya tersendiri. Tujuan yang utama dari modernisasi adalah untuk dapat meningkatkan kualitas hidup pada masyarakatnya secara umum.

Dan proses dari modernisasi tersebut dapat ditandai dengan terdapatnya suatu perubahan social yang lebih terencana dan juga lebih terarah, yang mana disana akan terdapat suatu prencanaan social. Sebuah perencanaan social tersebut juga harus berdasarkan dengan pengertian mengenai bagaimana suatu kebidayaan tersebut dapat berkembang dari level yang rendah ke dalam level yang lebih tinggi lagi atau modern.

Adapun tujuan dari modernisasi menurut para ahli yaitu sebagai berikut ini :

  • Tujuan modernisasi menurut Schrool dan Dube, mereka berpendapat bahwasanya tujuan akrhir dari suatu modernisasi merupakan dapat terwujudnya masyarakat yang modern dan memiliki ciri seperti kompleksitasnya organisasi dan juga perubahan pada fungsi serta dengan struktur masyarakatnya.
  • Tujuan modernisasi menuru Nurcholish Madjid, ia berpendapat bahwasanya tujuan dari suatu modernisasi merupakan untuk dapat melakukan suatu perubahan kepada arah kemajuan didalam aspek kehidupan masyarakatnya sehari-hari.

Manfaat dari modernisasi pasti sering kita rasakan manfaatnya saat ini. Segala bentuk dari perubahan maupun hal yang baru tentu kita banyak rasakan dizaman yang super canggih seperti sekarang ini. Manfaat yang peling nyata dari modernisasi yaitu perubahan terhadap transportasi.

Perubahan itu memiliki banyak manfaat untuk kita apabila dibandingkan dengan dahulu. Zaman sekarang sudah ada kereta listrik yang melintas dan menggantikan kereta api yang menggunakan tenaga uap.

Dan dengan adanya suatu modernisasi, pada makanan yang kita konsumsi setiap hari juga lebih efektif dan efisien serta dinilai lebih aman. Hal tersebut dikarenakan perawatan dan juga perkembangbiakan dari bahan pangannya tersebut telah jauh lebih bauk jika dibandingkan dengan beberapa puluh tahun yang lalu.

Sekarang kita juga sudah bisa untuk menyimpan makanan dalam waktu yang lama yang tak bisa kita lakukan ketika zaman dahulu.

Ciri-Ciri Modernisasi

modernisasi

Jika sebelumnya Anda sudah mengetahui pengertian dari modernisasi serta tujuan dan manfaat dari modernisasi tersebut, maka kali ini Anda juga harus mengetahui apa ciri-ciri dari modernisasi tersebut. Berikut merupakan ciri-ciri dari modernisasi yan secara umum :

1. Ciri Aspek Sosial Demografi

Hal ini merupakan perubahan di unsur-unsur ekonomi, social, dan juga psikologi manusia. Perubahan itu juga mampu bergerak dengan pola yang lebih baru dengan sosialisasi serta pola dari perilaku didalam aspek kehidupan yang lebih modern, contohnya yaitu seperti peningkatan perndapatan, urbanisasi, dan juga penggunaan teknologinya.

2. Ciri Aspek Struktur Organisasi Sosial

Hal ini merupakan perubahan yang sudah terjadi kepada unsur-unsur dimasyarakat serta kepada norma kemasyarakatan yang terbentuk dikarenakan terdapat hubungan antara warga didalam masyarakatnya. Perubahan itu umumnya saling berhubungan dengan suatu norma social, interaksi social, pelapisan social, kekuasaan, wewenang, dan juga lembaga kemasyarakatan.

Dampak Positif dan Negatif Modernisasi

Dampak Positif dan Negatif Modernisasi

Telah diungkapkan juga modernisasi adalah suatu hasil yang tercipta dari suatu kemajuan ilmu pengetahuan dan juga teknologi yang berkembang secara terus menerus seperti sekarang ini. Tingkat teknologi didalam membangun suatu modernisasi juga benar-benar sudah dirasakan dan juga dinikmati oleh seluruh lapusan masyarakatnya, mulai dari kota hingga sampai kepada desa-desa terpencilnya.

Modernisasi ini juga mempunyai dampak positif dan negatifnya. Dan berikut adalah dampak positif dan negative dari modernisasi :

1. Dampak Positif Modernisasi

Berikut ini merupakan dampak positif dari modernisasi :

  • Dengan adanya modernisasi, maka tak terdapat batasan diantara Negara, hal tersebut dikarenakan jalur maupun akses untuk berkomunikasinya akan semakin canggih.
  • Cara dari berkomunikasi dan juga mencari suatu informasi akan semakin mudah untuk didapatkan, dengan begitu maka ilmu pengetahuannya kaan menjadi lebih cepat berkembang untuk bisa diterapkan.
  • Dengan adanya modernisasi didalam suatu budaya akan menyebabkan pergeseran dari nilai dan juga sikap dari masyarakat yang seluruh irasionalnya menjadi rasional.
  • Akan dibukanya suatu industry yang mampu untuk membuat alat-alat komunikasi dan juga transportasi yang super canggih . Hal ini juga adalah salah satu dari usaha untuk dapat mengurangi dan juga meningkatkan pengangguran pada taraf hidup pada masyarakatnya.
  • Indonesia bisa merubah perekonomiannya dan dapat mencapai suatu tatanan kehidupan dalam bermasyarakat yang lebih adil, maju serta makmur. Hal ini juga diharapkan akan dapat mewujutkan kehidupan yag lebih sejahtera, baik itu secara batin, jasmani dan juga rohani.
  • Dengan adanya perkembangan dunia IPTEK didalam masyarakat, maka akan jauh lebih mudah dalam melakukan aktivitas.

2. Dampak Negatif Modernisasi

Berikut ini merupakan dampak positif dari modernisasi :

  • Perilaku yang menyimpang akan lebih mudah untuk dapat dilakukan dengan memanfaatkan media seperti sekarang ini.
  • Gaya hidup yang modern juga dapat menjadikan perilaku pada anak muda tidak bermanfaat seperti menghabiskan waktunya hanya untuk berfoya-foya ataupun hanya untuk berhura-hura serta melakukan hal yang negatif seperti yang lainnya.
  • Jika terdapat sebuah komunitas masyarakat Cuma ada beberapa dari individu yang bisa mengikuti dari arus modernisasi ini dan maka akan terdapat kesenjangan social.
  • Sikap yang lebih individualis akan terus muncul dikarenakan interaksi sosial dengan orang lain akan terabaikan dengan adanya teknologi.
  • Teknologi juga sering dimanfaatkan oleh anak untuk hal yang negative.
  • Tak semuanya budaya baik untuk dicontoh di Indonesia. Budyaa yang negative juga sudah mulai menggeser budaya aslinya, seperti contohnya yaitu seorang anak tak lagi hormat ke orang tuanya, kehidupan para remaja yang bebas, dan lain sebagainya.

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai pengertian modernisasi ini. Semoga dengan adanya artikel ini kita dapat menyikapi modernisasi dengan bijak.

Leave a Reply

Send this to a friend