Mengenal Pengertian Monitor

Apa itu Monitor? Mengenal Pengertian Monitor

Nama monitor tentu sudah tidak asing lagi dan mayoritas orang mengetahuinya dibandingkan yang tidak tau. Monitor merupakan salah satu perangkat di komputer. Perangkat ini termasuk ke dalam kategori hardware atau perangkat keras. Selain itu, monitor juga merupakan perangkat output karena fungsinya memang menampilkan hasil masukan atau input yang dilakukan oleh user.

Fungsi monitor tentu saja untuk menampilkan berbagai data yang diolah di komputer. Monitor mempunyai peran yang sangat penting. Jika tidak ada monitor, maka komputer tersebut tidak bisa menampilkan informasi atau perintah yang diketik melalui perangkat masukan seperti keyboard atau mouse. Akan tetapi sebenarnya masih ada perangkat output lainnya yang bisa Anda gunakan seperti melalui LCD projektor.

Mengenal Istilah Monitor

Apa itu Monitor? Mengenal Pengertian Monitor

Monitor sebenarnya merupakan nama atau istilah yang berasal dari bahasa Inggris yang mempunyai arti mengamati. Jika kita mengartikannya seperti kata asalnya, monitor merupakan sebuah perangkat yang berfungsi mengamati sesuatu.

Sementara itu, jika Anda mengartikannya secara lengkap, monitor merupakan sebuah perangkat keras untuk menampilkan data atau informasi yang berasal dari piranti masukan.

Dalam komputer atau laptop, monitor sering dinamakan layar komputer atau  layar laptop. Sementara pada televisi, monitor tersebut disebut layar televisi. Saat ini ada beberapa jenis monitor yang beredar di luar sana. Ketiga jenis monitor tersebut akan kami jelaskan selengkapnya di bawah ini.

Jenis-jenis Monitor

Setidaknya terdapat 4 jenis monitor yang perlu Anda ketahui. Mungkin Anda pernah menggunakan salah satu jenis monitor tersebut baik untuk komputer maupun televisi Anda.

1. CRT (Chatode Ray Tube)

Jenis monitor pertama dinamakan CRT. Monitor yang satu ini bekerja dengan memanfaatkan sinar katoda yang ada di dalam tabung. Maka dari itu, monitor ini juga dinamakan dengan monitor tabung. Monitor CRT juga merupakan jenis monitor yang paling tua namun sampai sekarang pun masih tetap digunakan. Anda mungkin sering melihat monitor tabung baik yang digunakan di komputer maupun televisi.

2. LCD (Liquid Cristal Display)

Jenis monitor yang kedua yaitu dinamakan monitor LCD. Monitor ini bekerja dengan menggunakan teknologi berupa pancaran sinar cairan kristal. Seperti yang Anda lihat, ukuran dari monitor LCD terlihat lebih ramping sehingga tidak memerlukan banyak tempat. Bukan itu saja, tingkat resolusi dari monitor LCD pun jauh lebih baik sehingga memberikan kenyamanan ketika menonton di layar tersebut.

3. LED (Light Emitting Diode)

Sesuai dengan namanya, monitor LED bekerja dengan memanfaatkan diode yang nanti akan menghasilkan emisi cahaya. Meskipun sekilas tidak jauh berbeda dengan monitor LCD, namun ternyata monitor LED memiliki bentuk yang lebih ramping. Selain itu, monitor LED pun dianggap memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan LCD baik dari segi ukuran maupun kualitasnya.

4. Plasma

Jenis monitor yang terakhir adalah monitor plasma. Monitor ini dibuat dengan menggunakan teknologi xenon atau gas neon yang diletakkan pada  dua pelat kaca.

Dibandingkan ketiga jenis monitor yang sudah kami sebutkan, monitor plasma merupakan jenis monitor terbaik. Hal ini bisa Anda lihat dari kualitas gambarnya yang tentu saja jauh lebih baik dibandingkan jenis monitor yang lainnya.

Leave a Reply

Send this to a friend