Pengertian Multimedia dan Sejarah, Beserta Komponen dan Jenis-Jenis Multimedia

Kemajuan teknologi yang semakin maju memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah memudahkan dan mempercepat berbagai aktivitas yang dilakukan oleh manusia.

Dahulu, untuk dapat berkomunikasi dengan orang yang lokasinya jauh, harus menggunakan surat yang akan dikirimkan melalui kantor pos. Sekarang ini, kita dapat menggunakan handphone untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain tanpa terhalang jarak dan waktu. Namun, tahukan Anda bahwa handphone merupakan perangkat multimedia ?

Berdasarkan hal diatas, pada kesempatan ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian multimedia, sejarahnya, komponen serta jenis-jenis multimedia. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Multimedia

Mungkin banyak orang yang sering menggunakan istilah multimedia dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kebanyakan mereka tidak mampu menyebutkan definisi multimedia secara menyeluruh. Lalu, apa pengertian multimedia ?

pengertian multimedia

Secara etimologi, multimedia terbentuk dari dua frasa, multi dan media. Multi yang berarti banyak, gabungan atau bermacam-macam. Media berasal dari kata ‘medium’ yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu.

Pengertian multimedia adalah pemanfaatan komputer sebagai media untuk membuat dan juga menyatukan data gambar, teks, grafik, dan audio dengan menggunakan perangkat lunak yang memungkinkan pemakai untuk berkreasi, berinteraksi dan berkomunikasi.

Jika dilihat dari sudut pandang teknologi saat ini, dapat disimpulkan bahwa pengertian multimedia adalah alat yang menyajikan beberapa elemen seperti, teks, suara (audio), video, grafik dan animasi untuk dapat menciptakan suatu presentasi yang interaktif terhadap penggunanya.

Sejarah Multimedia

Sebelum membahas lebih jauh mengenai multimedia, Anda harus mengetahui terlebih dahulu sejarah perkembangan multimedia dari tahun ke tahun.Sejarah Multimedia

  • Keberadaan surat kabar menjadi titik awal berkembangnya dunia multimedia. Surat kabar disebut sebagai media komunikasi pertama dengan menyajikan teks, grafik dan gambar.
  • Penciptaan film pertama yang dilakukan dengan mengamati setiap pergerakan yang mempengaruhi persepsi mata manusia di sekitar tahun 1830.
  • 1895 – Guglielino Marconi mengirimkan transimisi radio nirkabel pertamanya di Ponthecchio, Italia.
  • 1950 – Penciptaan televisi pertama sebagai media yang menampilkan video.
  • 1960 – Ted Nelson menciptakan istilah hypertext.
  • 1967 – Nicholas Negroponte membentuk suatu kelompok arsitektur (Architecture Machine Group).
  • 1968 – Douglas Engelbart mendemonstrasikan On-Line System (NLS), program hypertext yang pertama.
  • 1969 –  Nelson dan Van Dam menciptakan editor hypertext awal yang disebut FRESS.
  • 1976 –  Architecture Machine Group mengusulkan proyek yang berjudul Multiple Media.
  • 1978 – Menghasilkan Aspen Movie Map, videodisk hypermedia pertama.

Sejak diciptakannya hypermedia, maka dunia multimedia sudah menerapkan beberapa elemen yang tidak berfokus pada teks saja, melainkan elemen lain seperti grafik, audio dan video juga terlibat didalamnya.

Komponen Multimedia

Berdasarkan pengertian multimedia yang sudah dijelaskan diatas, diketahui bahwa multimedia terdiri dari banyak media atau konten yang disajikan untuk menghasilkan suatu interaksi terhadap penggunanya. Secara umum, terdapat 5 komponen dalam multimedia yang akan dijelaskan sebagai berikut.Komponen Multimedia

1. Teks

Teks merupakan elemen dasar dalam multimedia. Hal ini terbukti sejak ribuan tahun yang lalu, teks sudah berperan penting dalam menyampaikan informasi. Dahulu, teks dikategorikan sebagai simbol-simbol visual untuk merepresentasikan berbagai macam objek yang ditemukan.

Pengertian teks sendiri adalah kesatuan bahasa yang memiliki isi dan bentuk yang dituangkan menjadi tulisan. Tulisan inilah yang digunakan oleh pengirim untuk menyampaikan pesan kepada penerimanya. Saat ini, teks semakin didukung dengan adanya komputer, dimana banyak terdapat program pengolah kata.

Salah satunya adalah Microsoft Office. Selain itu, teks menjadi sangat penting untuk menyampaikan suatu makna tertentu, bahkan ketika elemen lainnya tidak berhasil dalam menghasilkan makna. Sebagai contoh, kebanyakan orang akan sulit untuk mengartikan gambar yang dilihat tanpa adanya tulisan.

Selain struktur teks yang sederhana dan mudah dikenali, teks juga menjadi jenis data yang hanya membutuhkan ruang penyimpanan yang kecil. Terdapat beberapa jenis teks yang berkembang saat ini, seperti plain text (TXT), rich text (RTF), dan hypertext (HTML).

2. Suara (Audio)

Suara (audio) merupakan komponen dalam multimedia yang tidak kalah penting dari teks. Menurut Lu (1999), suara adalah sesuatu yang ditimbulkan akibat adanya perubahan tekanan udara yang menjangkau gendang telinga manusia. Beberapa bentuk audio dalam multimedia berupa rekaman, musik atau efek suara lainnya.

Dari sudut pandang multimedia, suara dikategorikan sebagai simbol verbal yang berperan penting dalam teknologi komunikasi. Selain itu, penyajian audio juga dapat digunakan untuk memperjelas suatu informasi yang disampaikan. Sebagai contoh, tidak semua orang dapat memahami informasi yang disampaikan melalui video.

Untuk mengatasi hal itu, maka video dilengkapi dengan audio agar informasi sampai kepada penerimanya. Terdapat beberapa format video yang sering digunakan, seperti MP3 (MPEG-1 Audio Layer 3), AIFF (Audio Interchange File Format), WAV (Wavefrom Audio), AAC (Advanced Audio Coding), WMA (Windows Media Audio), MIDI (Musical Instrument Digital Interface) serta real audio.

3. Video

Jika dilihat dari segi bahasanya, video merupakan singkatan dari kata visual dan audio. ‘Vi’ yang berarti gambar, sedangkan ‘deo’ yang sama dengan audio atau suara. Beranjak dari penjabaran tersebut, dapat diartikan bahwa video merupakan suatu komponen yang dapat menyajikan susunan atau urutan gambar dan suara secara bersamaan.

4. Grafik / Gambar

Umumnya, grafik dalam multimedia berkaitan dengan still image seperti foto atau gambar. Grafik ini digunakan dalam multimedia untuk memperindah komponen teks yang disajikan kepada pengguna. Dunia multimedia membedakan gambar menjadi dua, yaitu bitmap dan vektor.

5. Animasi

Animasi merupakan suatu teknik untuk menampilkan setiap frame secara berurutan. Ketika terjadi pergantian frame, maka pengguna akan melihat gambar tersebut seolah-olah bergerak. Dalam multimedia, animasi sangat diperlukan untuk menyajikan tampilan informasi menjadi lebih dinamis.

Jenis-jenis Multimedia

Berdasarkan karakteristiknya, multimedia dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu multimedia linier dan multimedia interaktif.

1. Multimedia Linier

Sesuai dengan namanya, multimedia linier disebut juga dengan multimedia satu arah, dimana tidak ada navigasi dari pengguna. Maksudnya, pengguna tidak dapat memberikan respon terhadap informasi yang disajikan dengan jenis linier ini. Contohnya adalah rekaman video atau film, e-book, musik, siaran TV dan lainnya.

Jenis-jenis Multimedia

2. Multimedia Interaktif

Berlawanan dari jenis sebelumnya, multimedia interaktif ini memungkinkan penggunanya dapat memberikan respon terhadap informasi melalui kontrol navigasi yang disediakan. Contoh dari jenis multimedia ini adalah game, pemutar video, website dan masih banyak lagi.

Itulah penjelasan lengkap mengenai multimedia. Mulai dari pengertian multimedia, sejarahnya, komponen beserta jenis-jenis multimedia. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi Anda dan terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend