Pengertian Novel Beserta Struktur, Ciri, Unsur-Unsur dan Jenis-Jenis Novel

Pengertian Novel

Apa yang dimaksud dengan novel? Tentunya, Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah novel, atau bahkan Anda sering membaca novel untuk mengisi waktu luang.

Secara umum, pengertian novel merupakan suatu karya sastra yang memiliki bentuk prosa yang didalamnya terdapat 2 unsur, yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Atau dapat dikatakan bahwa novel adalah suatu karya sastra yang menceritakan tentang rangkaian kehidupan seorang tokoh dan orang-orang disekitarnya dengan berbagai macam watak yang ditonjolkan.

Walaupun sama-sama menceritakan tentang kehidupan seorang tokoh, novel jelas berbeda dengan cerpen. Novel ditulis dalam bentuk prosa yang panjang dan kompleks, serta tidak memiliki batasan struktural dan sajak. Kata novel sendiri berasal dari bahasa Italy, yaitu “novella” yang artinya sebuah cerita. Sedangkan orang yang menulis novel disebut dengan novelis.

Biasanya, penulis novel akan menceritakan kehidupan seorang tokoh yang dimulai dari kejadian penting yang dialami tokoh tersebut yang kemudian akan mengubah nasib hidupnya. Pembaca akan diarahkan oleh penulis untuk mengetahui pesan secara tersirat (tersembunyi) seperti gambaran kehidupan nyata melalui isi novel tersebut.

Pengertian Novel Menurut Para Ahli

pengertian novel

Berikut ini akan dijelaskan mengenai pendapat para ahli sastra, baik itu dari dalam atau luar negeri mengenai definisi dari novel.

1. Menurut Drs. Jakob Sumardjo

Pengertian novel menurut Drs. Jakob Sumardjo adalah suatu bentuk karya sastra ini paling banyak beredar dan dicetak karena daya komunitasnya yang sangat luas di dalam masyarakat sehingga menjadikannya sebagai karya sastra paling populer di dunia.

2. Menurut Dr. Nurhadi dan Dr. Dawud

Dr. Nurhadi dan Dr. Dawud mengatakan bahwa pengertian novel adalah suatu bentuk karya sastra yang didalamnya terdapat nilai-nilai budaya, sosial, moral dan pendidikan.

3. Menurut Drs. Rostamaji, M.Pd

Drs. Rostamaji, M.Pd menjabarkan bahwa novel merupakan suatu karya sastra yang memiliki dua unsur yang saling terkait sebagai pengaruh timbal balik dalam literatur, yakni unsur intrinsik dan ekstrinsik.

4. Menurut Scholes

Scholes berpendapat bahwa novel adalah sebuah karya fiksi yang diperoleh dari peristiwa nyata yang dibayangkan oleh pengarang melalui pengamatannya, baik dari dirinya sendiri atau melihat lingkungan sekitarnya.

5. Menurut Aristoteles

Pengertian novel menurut Aristoteles adalah suatu sastra yang berasal dari ungkapan pemikiran dan perasaan penulisnya, bukan hasil dari jiplakan atau meniru karya orang lain.

6. Menurut Abrams

Menurut Abrams dalam buku Nurgiyantoro, menyatakan bahwa novel merupakan istilah yang berasal dari bahasa Italia “novella” yang mengandung arti sebuah barang baru yang kecil, yang kemudian dianggap sebagai ssebuah bentuk cerita pendek dalam bentuk prosa.

7. Menurut Paulus Tukam, S.pd

Definisi novel menurut Paulus Tukam ialah suatu karya sastra bentuk prosa dan memiliki unsur-unsur intrinsik di dalamnya.

Struktur dan Ciri-Ciri Novel

Struktur Novel dan Ciri-Ciri Novel

Pada dasarnya, novel dapat dibedakan dengan jenis karya sastra lainnya berdasarkan karakteristik yang ditampilkan didalamnya. Berikut ini merupakan ciri-ciri novel yang bisa Anda ketahui.

  • Umumnya, novel memiliki jumlah kata diatas 35.000 dan novel dimuat pada sekurang-kurangnya 100 halaman.
  • Durasi waktu minimal yang dibutuhkan untuk membaca sebuah novel adalah 2 jam (120 menit).
  • Novel memiliki alur cerita yang cukup rumit atau kompleks.
  • Cerita yang ditulis dalam novel memiliki lebih dari satu impresi, efek dan emosi.
  • Novel ditulis dalam bentuk narasi yang kemudian didukung dengan deskripsi untuk memberikan gambaran mengenai suasana kejadian yang terjadi didalamnya.
  • Novel dapat bersifat realistis dikarenakan pengarang yang lebih mengetahui gambaran keadaan yang ditulis pada novel.

Adapun struktur yang ada pada novel memiliki kesamaan dengan struktur yang ada pada cerpen, yaitu abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda.

  • Abstrak – Bagian awal yang terdapat didalam novel yang menceritakan ringkasan isi cerita.
  • Orientasi – Bagian novel yang berisi tentang pengenalan terjadinya peristiwa, mulai dari pengenalan tokoh dan penokohannya, latar waktu hingga suasananya.
  • Komplikasi – Bagian yang menceritakan rangkaian kejadian yang dihubungkan oleh sebab dan akibat.
  • Evaluasi – Bagian yang menceritakan titik permasalahan yang mulai terjadi di bagian komplikasi.
  • Resolusi – Bagian yang menunjukkan sebuah solusi atas permasalahan yang terjadi.
  • Koda – Bagian akhir atau penutup dalam novel.

Unsur-Unsur Novel

Berdasarkan beberapa pengertian mengenai novel diatas, banyak yang mengungkapkan bahwa novel dibangun dengan didasari dua unsur, yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Berikut ini merupakan uraian singkat mengenai kedua unsur tersebut.

1. Unsur Intrinsik

Unsur intrinsik merupakan unsur yang berasal dari dalam untuk membangun suatu novel. Beberapa elemen yang termasuk kedalam unsur intrinsik adalah tema, alur (plot), latar (setting), tokoh dan penokohan, gaya bahasa dan amanat.

2. Unsur Ekstrinsik

Unsur ekstrinsik merupakan unsur pembentuk novel yang berasal dari luar. Beberapa elemen  yang menjadi bagian unsur ekstrinsik adalah latar belakang pengarang, latar belakang masyarakat dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Jenis-Jenis NovelJenis-Jenis Novel

Secara umum, novel terbagi kedalam beberapa jenis yang akan dijelaskan melalui uraian dibawah ini.

Jenis Novel Berdasarkan Kenyataan dari Kejadian

  • Novel Fiksi, yaitu novel yang mengangkat cerita yang tidak pernah terjadi di kehidupan nyata. Contohnya : Harry Potter.
  • Novel Non-Fiksi, yaitu novel yang mengangkat cerita berdasarkan kejadian di kehidupan nyata. Contohnya : Laskar Pelangi.

Jenis Novel Berdasarkan Genre

  • Novel Romantis, yaitu jenis novel yang menggambarkan cerita tentang kasih sayang dan cinta antar manusia. Contohnya : Ketika Cinta Bertasbih.
  • Novel Horor, yaitu novel yang menceritakan peristiwa atau kejadian yang menakutkan. Contohnya : A Head Full of Ghost.
  • Novel Komedi, yaitu novel yang menceritakan tentang hal-hal yang lucu. Contohnya : Marmut Merah Jambu.
  • Novel Inspiratif, yaitu novel yang menceritakan tentang kisah yang inspiratif. Contohnya : Bumi Manusia.

Jenis Novel Berdasarkan Isi dan Tokoh

  • Novel Teenlit (Teen Literature), yaitu novel yang menceritakan kehidupan yang terjadi pada remaja. Contohnya : Fairish.
  • Novel Songlit, yaitu novel yang terinspirasi dari sebuah lagu. Contohnya : Rasa Ini.
  • Novel Chicklit, yaitu novel yang menceritakan tentang kehidupan perempuan muda. Contohnya : Miss Jutek.
  • Novel Dewasa, yaitu novel yang menceritakan tentang kehidupan orang dewasa. Contohnya : The Hating Game.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai pengertian novel, semoga artikel diatas membantu Anda untuk memahami novel secara mendalam. Terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend