Pengertian Operating System

Pengertian Operating System (Cara Kerja, Fungsi dan Contohnya)

Bagi kamu yang belum tahu, pengertian operating system secara sederhana yaitu software yang bertanggung jawab mengatur dan mengontrol kerja hardware. Biasanya dua kata ini sangat lengket dengan komputer. Nah, untuk lebih jelasnya kamu bisa membaca penjelasan di bawah ini tentang pengertian operating system.

Pengertian Operating System

Pengertian Operating System

Pada dasarnya pengertian operating system sangat luas. Dari kedua kata yang ada bisa kita artikan sebagai sistem operasi. Lebih jelasnya operating system merupakan suatu sistem operasi (software) atau perangkat lunak yang memiliki tugas untuk mengatur dan mengontrol kerja (hardware) perangkat keras agar bekerja dengan baik.

Dengan kata lain sistem operasi adalah sistem di dalam komputer yang mampu mengendalikan operasi dasar dan memastikan sistem operasi komputer bisa berjalan dengan baik sebagaimana mestinya. Sistem operasi ini dibutuhkan untuk menjalankan banyak aplikasi, sehingga ketika sedang tidak berjalan dengan baik, maka seluruh aplikasi tidak akan berjalan.

Dilansir dari GCFGlobal, pengertian operating system yakni cara berkomunikasi antar pengguna dengan komputer tanpa mengetahui bagaimana bahasa komputer. Sistem operasi inilah yang menjalankan dan mengelola memori, perangkat lunak, dan perangkat keras komputer berjalan dengan baik.

Cara Kerja Operating System

Setelah tahu pengertian operating system, hal lain yang harus kamu ketahui adalah cara kerja operating system. Cara kerjanya sendiri yakni pertama operating system akan dimuat ke komputer dengan proses booting. Jadi, ketika kita menyalakan komputer atau laptop dengan menekan tombol power, yang terjadi adalah proses booting.

Setelah itu, operating system akan bertugas untuk mengatur program aplikasi yang ada di komputer. Nantinya aplikasi-aplikasi inilah yang akan membuat permintaan melalui API atau application program interface. Setelah itu penggunanya hanya perlu menjalankan aplikasi sesuai dengan perintah yang terdapat pada layar setelah itu sistem operasi yang akan bekerja.

Intinya cara kerja sistem operasi itu akan membuat penggunanya mudah menggunakan komputer tanpa harus mengetahui tentang IT terlebih dahulu.

Peran Operating System

Setelah kamu mengetahui cara kerja operating system, kamu juga perlu mengetahui peran operating system. Tentunya perannya cukup banyak dan krusial karena sistem operasi inilah yang membuat komputer bisa bekerja dengan baik tanpa gangguan. Berikut ini beberapa peran operating system :

  1. Berinteraksi dengan perangkay keras melalui driver yang tertulis untuk perangkat keras atau operating system tertentu
  2. Menyediakan perangkat lunak utilitas, seperti manajemen disk atau perangkat lunak security
  3. Berhubungan dengan proses input dan output pada komputer
  4. Menyediakan antarmuka pengguna yang memungkinkan para penggunanya untuk berinteraksi dan memulai program di komputer
  5. Mengatur struktur file yang ada pada perangkat penyimpanan dan mengontrol pengguna mana yang memiliki akses ke file dan juga programnya

Fungsi operating system

Sejatinya fungsi operating system ada dua. Diantaranya :

  1. Mengatur semua resource hardware dan sofware (mulai dari prosesor, memori, disk, dan masih banyak lagi)
  2. Sebagai sarana komunikasi antara kedua komponen tersebut

Selain itu, ada pula yang mengatakan bahwa fungsi operating system ada empat yakni :

1.Memory management

Memory management sendiri terbagi menjadi dua fokus di dalam komputer. Pertama yakni primary memory dan kedua yakni main memory. Bedanya, main memory itu merupakan penyimpanan yang bisa diakses langsung dari CPU. Gunanya yakni untuk menjalankan sebuah program aplikasi.

Jadi, peran sistem operasi pada memory management diantaranya mengatur primary memory, mengalokasikan memory jika diminta oleh proses tertentu, dan memindahkannya kembali jika proses tersebut sudah tidak lagi dibutuhkan.

2.Processor management

Fungsi yang kedua adalah sebagai processor menagement. Fungsi yang satu ini sistem operasi bertugas menentukan proses mana yang akan menggunakan prosesor dan jangka waktu menggunakannya.

3.Device management

Selain itu operating system juga berfungsi untuk mengatur komunikasi perangkat melalui tiap driver-nya. Program yang satu ini bertuas untuk melakukan kontrol input atau output.

4.File management

Terakhir, fungsi operating system sebagai file management yakni berfungsi sebagai pengatur dokumen. Mulai dari lokasi dokumen, penggunaannya, detail informasinya, dan lain-lain.

Diluar keempat hal ini, fungsi operating system adalah memastikan seluruh resource yang ada di dalamnya teratur sehingga pengguna dapat menggunakan komputer dengan nyaman.

Contoh Operating System

Pengertian Operating System Adalah

Ada beberapa contoh operating system yang perlu kamu ketahui, diantaranya :

1. Sistem operasi DOS

Sistem operasi yang satu ini masuk ke dalam sistem operasi stand alone yang merupakan kependekan dari Disk Operating System. Ini artinya, sistem DOS dgunakan untuk mentimpan operasi yang dikerjaan oleh disk.

DOS sendiri memiliki beberapa sifat, diantaranya single user, sistem operasinya tanpa media grafis sehingga hanya hitam dan putih saja. Biasanya penggunaan DOS hanya untuk komputer IBM yang dihususkan untuk bsnis.

2. Sistem operasi Microsof Windows

Sistem operasi Microsoft Windows yang satu ini merupakan salah satu sistem operasi yang friendly dalam artian mudah digunakan. Microsoft sendiri saat ini merupakan operating system yang paling banyak digunakan.

Beberapa pengembangan dari sistem windows ini sudah sangat banyak. Mulai dari Windows 1.0, Windows 2.0, Windows 3.0, Windows 3.1 (Janus), Windows 95 (Chicago), Windows 98 (Memphis), Windows Milenium Edition, Windows NT 3.1, Windows 3.5 (Daytona), Windows 2000 (Windows NT 5.0), Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10.

3. Sistem Operasi Mac OS

Selanjutnya, sistem operasi Mac OS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh salah satu pesaing dari Microsoft yakni Apple Inc. Sistem operasi yang satu ini dikenal sebagai sistem operasi yang dikenal dengan nilai prestige dan ekslusifnya sehingga cukup banyak penggemarnya.

Pengembangan Mac OS dimulai dari Mac OS System 1, Mac OS System 2, Mac OS System 3, Mac OS System 4, Mac OS System 5, Mac OS System 6, Mac OS System 7, Mac OS System 8, Mac OS System 9, dan Mac OS X (10).

4. Sistem Operasi Linux

Sistem operasi yang satu ini merupakan sistem operasi yang cukup terkenal, namun penggunanya tidak sebanyak Microsof dan Mac. Sifatnya sendiri merupakan sistem operasi yang terbuka sehingga banyak jenis-jenis sistem operasi yang dikembangkan.

Bedanya dengan sistem operasi Mac dan Windows, sistem operasi yang satu ini memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk mengembangkan sistem operasinya sendiri yang akhirnya terbagi menjadi beberapa jenis distro Linux, diantaranya yakni Red Hat, Debian, Slackware, SuSE, Mandrake, WinLinx, dan masih banyak lagi jenis lainnya.

5. Sistem Operasi UNIX

Sistem Operasi UNIX berbeda dengan sistem operasi Linux karena merupakan sistem operasi yang stand alone. Sistem operasi UNIX memiliki sistem yang sangat kompatibel dan mudah dimodifikasi serta dikembangkan sehingga menjadi salah satu basis sistem operasi yang sudah banyak dikembangkan di dunia.

Setiap operating system di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kamu bisa memilih sistem operasi yang menurut kamu sesuai dengan kebutuhan kamu dalam bekerja.

Itulah pengertian operating system, cara kerjanya, peran operating system, fungsinya, dan contoh dari operating system.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend