Pengertian Pameran Beserta Fungsi, Tujuan, Jenis dan Contoh Pameran

Pengertian Pameran

Pameran adalah suatu kegiatan yang menampilkan berbagai macam karya dan kerajinan dari berbagai macam bahan dasar dengan tujuan karya tersebut bisa diketahui dan diapresiasi oleh masyarakat secara luas.

Selain itu, dengan adanya suatu pameran tidak hanya ditujuan untuk mendapatkan apresiasi dari masyarakat saja, melainkan terdapat beragam nilai-nilai yang bermakna dan bisa menjadi nilai-nilai positif untuk masyarakat yang melihat karya-karya di pameran tersebut.

Pengertian Pameran Menurut Para Ahli

Pengertian pameran

Selain pengertian Pameran secara umum, kita juga perlu mengetahui pengertian Pameran sesuai pendapat para ahli. Dimana dengan adanya pengertian Pameran menurut para ahli ini dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan kita terkait Pameran. Berikut merupakan pengertian Pameran menurut beberapa ahli:

Pengertian Pameran Menurut Myers B

Menurut Myers B dalam bukunya yang berjudul “How to look at Art, mengatakan bahwa pameran adalah suatu aktifitas yang melibatkan suatu ruang yang biasanya digunakan adalah galeri. Dimana dalam acara tersebut ditampilkan atau dipamerkan hasil karya seni seperti lukisan, ukiran, gambar foto, dan karya-karya lainnya.

Pengertian Pameran Menurut Jefkins

Menurut Jefkins, pameran merupakan satu-satunya media untuk periklanan yang dapat menyentuh semua panca indera diantara mata, telinga, lidah, hidung da kulit.

Pengertian Pameran Menurut M. Suharto

Suharto menjelaskan bahwa pameran adalah suatu media untuk pemasaran nomor dua yang paling menarik, mulai dari dekorasi produk, pintu masuk hingga ke rak displaynya, pengunjung akan menemui beragam jenis iklan kreatif yang menarik. Sehingga akan mudah untuk menarik perhatian dan kepuasan pengunjung pameran.

Pengertian Pameran Menurut Freed E. Hahn dan Kenneth G. Mangun

Freed E. Hahn dan Kenneth G. Mangun menjelaskan dalam bukunya yang berjudul “beriklan dan berpromosi sendiri”, bahwa pameran adalah suatu sarana pemasaran yang efektif.

Dimana pemasaran ini digunakan untuk kampanye produksi ataupun sosialisasi program suatu perusahaan. Selain itu juga bisa merupakan kampanye informasi keunggulan produk ke masyarakat serta bisa juga digunakan untuk meningkatkan penetrasi pasar.

Fungsi dan Tujuan Pameran

Fungsi dan Tujuan Pameran

Pameran tentu memiiki fungsi dan tujuan yang beragam. Berikut merupakan fungsi dan tujuan pameran yang harus anda ketahui:

Tujuan utama dari pameran adalah salah satunya untuk mendapatkan apresiasi dan berbagai opini dari berbagai pihak yang berkunjung ke pameran. Apresiasi ini ditujukan agar pencipta karya bisa terus meningkatkan kualitas dan berbagai pesan agar berguna bagi orang lain.

Selain adanya tujuan utama dari suatu pameran, ternyata pameran juga bisa memiliki tujuan untuk bidang sosial. Dimana biasanya mengadakan pameran juga dikarenakan untuk mendukung dan mensukseskan bakti sosial atau social charity untuk selanjutnya disumbangkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan bantuan.

Kesuksesan dari sebuah pameran bisa dirasakan dari kepuasan masyarakat yang menghadiri pameran serta dari sudut pandang penyelenggara dan pemilik karya. Selain tujuan yang beragam jenisnya dari pameran, pameran juga memiliki beberapa fungsi yang bisa dirasakan pengunjungnya ataupun pemilik karya dan penyelenggara pameran. Berikut beberapa fungsi pameran:

  • Dapat meningkatkan apresiasi terhadap seni
  • Dapat menghadirkan dan menciptakan karya visual yang luar biasa dan spektakuler melalui seni
  • Dapat membangkitkan jiwa-jiwa seni yang luar biasa
  • Dengan adanya pameran juga berfungsi sebagai media belajar untuk berorganisasi
  • Selain itu, bisa juga menjadi media untuk refreshing pikiran dan otak.

Jenis-Jenis Pameran

Jenis Pameran

Jenis pameran yang sering dilakukan juga banyak macamnya, sehingga kita memerlukan berbagai macam pengetahuan terkait jenis-jenis pameran tersebut. Berikut merupakan jenis-jenis pameran yang sering diselenggarakan:

  • Pameran Tetap, merupakan jenis pameran yang diselenggarakan oleh lembaga nasional (biasanya). Dimana karya-karya yang dipamerkan di pameran tetap adalah karya-karya yang merupakan koleksi Galeri Nasional, sehingga tidak sembarang karya bisa ditampilkan disana. Selain itu, masing-masing karya atau koleksi yang ditampilkan juga akan memiliki nilai tersendiri, baik itu nilai moral atau pesan, keunikan, sejarah, dan sebagainya.
  • Pameran Temporer, merupakan jenis pameran yang biasanya dilaksanakan dalam beberapa waktu tertentu. Dimana pameran ini bisa diselenggarakan sebagai pameran tunggal ataupun pameran bersama tergantung dari tujuan dan goals yang diharapkan dari pihak penyelenggara pameran.
  • Pameran Keliling, merupakan jenis pameran yang biasanya menampilkan karya-karya dalam negeri maupun luar negeri dan biasanya dalam jangka waktu yang singkat yaitu 10 hari.

Selain ketiga jenis pameran diatas, ternyata pameran juga bisa dibedakan jenisnya berdasarkan jenis karya yang ditampilkan, seperti berikut:

Berdasarkan jenis karya yang ditampilkan:

  • Pameran Heterogen, merupakan jenis pameran yang lebih beragam dan menampilkan banyak karya-karya yang menakjubkan, sehingga tidak monoton terhadap karya-karya yang ditampilkan.
  • Pameran Homogen, merupakan jenis pameran yang hanya menampilkan satu jenis karya saja. Karena biasanya pameran ini hanya dikhususkan untuk karya-karya tersebut.

Contoh Pameran

Contoh pameran

Berikut beberapa contoh pameran yang pernah diselenggarakan diberbagai negara:

Pameran Art Turn World Turn di Musium MACAN, Jakarta

Pameran ini diselenggarakan di Jakarta dalam acara peresmian museum MACAN, yang dilengkapi dengan 90 koleksi dari 70 seniman milik Haryanto Adikoesoemo pada pameran perdananya.

Indonesian Contemporary Art and Design

Pada tahun 2017, pameran yang diselenggarakan oleh Yayasan Design+Art dimeriahkan oleh 50 seniman, designer dan pelaku industri kreatif seni. Pameran ini diselenggarakan di GrandKemang, Jakarta.

Contemporary Art from Southeast Asia 1980s toNow, Tokyo, Japan

Pameran ini diselenggarakan pada 5 Juli – 23 Oktober yang mengangkat tema kerangka sejarah atas perjalanan seni di Asia Tenggara. Pameran ini juga melibatkan 190 karya seni dari 86 seniman berbakat di dunia.

Nah, banyak bukan, pengetahuan terkait dengan pameran. Pameran bukan hanya menampilkan karya-karya menarik saja, melainkan banyak nilai-nilai seni yang perlu dipelajari.

Dengan melihat dan menyaksikan berbagai macam jenis pameran yang diselenggarakan diberbagai acara bisa meningkatkan pengetahuan kita terkait pameran. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend