Pengertian Paragraf Beserta Fungsi, Jenis dan Ciri-Ciri Paragraf

Pengertian Paragraf

Secara umum, Pengertian paragraf adalah sebuah bagian – bagian yang memiliki perbedaan dari sebuah tulisan atau karangan, biasanya sebuah paragraf memiliki hubungan dengan sebuah tema khusus dan biasanya ditandai dengan baris baru, penomoran, atau lekukan.

Ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa paragraf merupakan sekumpulan atau sekelompok kalimat di dalam suatu karangan atau tulisan yang di dalamnya berisi satu ide pokok yang mana cara penulisannya menggunakan baris baru atau tulisan yang agak menjorok ke bagian dalam.

Paragraf biasa disebut juga dengan alinea yang mana didalamnya memiliki beberapa kalimat yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Dalam satu paragraf harus memiliki paling sedikit 2 kalimat yang saling berkaitan sehinggan akan menjadi dan menghasilkan suatu informasi.

Pengertian Paragraf Menuru Para Ahli

pengertian paragraf menurut ahli

Selain penjelasan diatas mengenai pengertian paragraf secara umum, ada juga beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang pengertian paragraf. Berikut ini beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya, yaitu :

1. Arifin dan S. Amran Tasai (2006:125)

Menurut para ahli yang bernama Arifin dan S. Amran Tasai, mengemukakan bahwa pengertian paragraf adalah seperangkat atau sekumpulan kalimat yang membicarakan dan membahas suatu topik atau gagasan. Didalam paragraf kalimat didalamnya memperlihatkan kesatuan pikiran atau memiliki suatu keterkaitan dalam membentuk topik atau gagasan tersebut.

2. Akhaidah dkk (1999:144)

Menurut seorang ahli yang bernama Akhaidah beserta kawan – kawannya, mengatakan bahwa paragraf merupakan sebuah inti dari penuangan sebuah pikiran yang mana semua kalimat didalam paragraf tersebut mendukungnya, baik itu kalimat pengenal, kalimat topik atau kalimat utama, dan kalimat penjelas hingga kalimat penutup. Himpunan kalimat ini saling berkaitan didalam satu buah rangkaian sehingga aka membentuk suatu topik atau gagasan.

3. Gorys Keraf (1979:62)

Menurut seorang ahli yang bernama Gorys Keraf , mengatakan bahwa paragraf atau alinea merupakan suatu kesatuan pikiran atau ide yang lebih luas atau tinggi dari kalimat dan juga merupakan himpunan atau kumpulan dari kalimat yang berkaitan didalam suatu rangkaian untuk membuat sebuah topik atau gagasan.

4. Lamuddin Finoza (2004:149)

Menurut seorang ahli yang bernama Lamuddin Finoza , mengemukakan bahwa pengertian paragraf atau alinea adalah satu kesatuan bentuk bahasa yang mana biasanya merupakan hasil dari penggabungan beberapa kalimat atau gagasan.

5. Ramlan (2010: 23)

Menurut seorang ahli yang bernama Ramlan , mengatakan bahwa pargraf merupakan suatu bagian dari sebuah karangan penulis yang meliputi didalamnya beberapa kalimat yang mengungkapkan sebuah informasi dengan ide atau gagasan pokok sebagai pengendalinya.

Fungsi Paragraf

Fungsi Paragraf

Paragraf mempunyai fungsi – fungsinya di setiap suatu karangan atau tulisan. Berikut ini beberapa fungsi paragraf dalam suatu karangan, yaitu :

1. Mengekspresikan Gagasan

Fungsi yang pertama dari paragraf adalah mengekspresikan gagasan yaitu paragraf mampu memberikan suatu perasaan atau gagasan melewati rangkain dari beberapa kalimat yang disusun secara rapi sehingga akan menjadi satu kesatuan ide pokok.

2. Menandai Peralihan Gagasan Baru

Fungsi paragraf berikutnya adalah menandai peralihan gagasan baru yaitu setiap sebuah karangan atau tulisan yang meliputi beberapa paragraf dan didalam setiap paragraf tersebut memiliki gagasan atau kalimat yang berbeda – beda tapi masih berkaitan dengan ide pokoknya.

3. Memudahkan Menulis dan Membaca

Fungsi paragraf berikutnya adalah memudahkan menulis dan membaca yaitu paragraf dibuat oleh sang penulis bermaksud agar dapat lebih mudah ia dalam menuangkan segala gagasannya. Selain itu, paragraf juga membuat seseorang lebih mudah memahami setiap ide pokok didalam tulisannya jika penulisannya dirangkai dan dibuat didalam paragraf yang baik.

4. Membantu Pengembangan Topik

Fungsi paragraf berikutnya adalah membantu pengembangan topik yaitu paragraf membuat kemudahan penyampaian dalam mengembangkan topik atau gagasan tulisan yang disampaikan melewati setiap paragraf yang ada.

5. Mengendalikan Variabel

Fungsi berikutnya adalah paragraf dapat mengendalikan variabel yaitu paragraf memudahkan si penulis untuk mengontrol dan mengendalikan setiap variabel didalam karangannya sehingga menjadi lebih mudah dipahami dan dimengerti.

Ciri – Ciri Paragraf

Ciri - Ciri Paragraf

Sebuah paragraf dapat dengan mudah dikenali jika kita memperhatikan ciri – cir atau karakteristiknya. Berikut ini beberapa ciri – ciri paragraf, yaitu :

  1. Dalam sebuah paragraf pasti memiliki gagasan utama yang disampaikan pada setiap kalimat yang ditulis atau dikarang oleh penulis atau pengarang.
  2. Setiap paragraf pasti memiliki kalimat topik dan kalimat pengembang sebagai cara untuk menyampaikan gagasan utama si penulis didalam karangannya.
  3. Dalam setiap paragraf juga memiliki kalimat penjelas yang didalamnya berisi tentang beberapa rincian dari kalimat topik. Dengan arti lain, suatu paragraf atau karangan hanya memiliki 1 kalimat topik tapi memiliki beberapa kalimat penjelas.
  4. Didalam jenis paragraf atau karangan biasa, biasaya setiap penulisan di awal paragraf ditulis dengan agak menjorok atau masuk kedalam dengan beberapa ketukan spasi.
  5. Setiap paragraf atau karangan didalam suatu tulisan paling sedikit memiliki 2 baris kalimat.

Jenis – Jenis Paragraf

Jenis - Jenis Paragraf

Paragraf atau karangan memiliki beberapa jeni – jenisnya. Ada beberapa jenis paragraf yang dikelompokkan berdasarkan fungsi, isi, serta letak gagasan utama. Berikut ini beberapa jenis – jenis paragraf tersebut, yaitu :

1. Jenis Paragraf Berdasarkan Fungsi

  • Paragraf pembuka, yaitu paragraf yang berada diawal dalam suatu paragraf atau karangan yang berguna untuk mengundang atau memancing rasa penasaran dari si pembaca kepada keseluruhan dari isi tulisan.
  • Paragraf isi, yaitu paragraf yang berada di dalam suatu paragraf atau karangan yang didalamnya berisi bagian-bagian yang utama didalam tulisan tersebut.
  • Paragraf penghubung, yaitu paragraf yang memiliki fungsi untuk menghubungkan setiap paragraf yang ada di dalam suatu karangan menjadi sebuah satu kesatuan.
  • Paragraf penutup, yaitu paragraf yang didalamnya berisi ringkasan, kesimpulan, ringkasan, saran, harapan, atau berisi penegasan kembali tentang poin – poin yang penting di dalam suatu tulisan atau karangan.

2. Jenis Paragraf Berdasarkan Isi

  • Paragraf eksposisi, yaitu paragraf yang didalamnya memiliki tujuan untuk menjelaskan suatu informasi atau gagasan secara jelas, singkat, dan padat kepada para pembaca.
  • Paragraf deskripsi, yaitu paragraf yang didalamnya memberikan pemaparan atau penjelasan mengenai suatu keadaan atau peristiwa yang mana tulisan tersebut dapat membuat para pembacanya seakan – akan dapat melihat, mendengar, serta merasakan keadaan atau peristiwa yang dijelaskan atau dipaparkan.
  • Paragraf narasi, yaitu paragraf yang didalamnya menceritakan suatu keadaan atau peristiwa dengan cara tertentu atau tidak biasa sehingga para pembaca akan merasa terhibur atau terharu.
  • Paragraf persuasi, yaitu paragraf yang didalamnya berisi kalimat rayuan atau bujukan agar dapat mempengaruhi para pembacanya sehingga mereka akan tertarik dengan gagasan atau tulisan yang disampaikan si penulis.
  • Paragraf argumentasi, yaitu paragraf yang didalamnya berisi sebuah argumentasi yang dapat meyakinkan para pembacanya kepada suatu masalah sehingga para pembaca mampu menerima gagasan atau tulisan yang disampaikan si penulis.

3. Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Gagasan Utama

  • Paragraf deduktif, yaitu paragraf yang memiliki gagasan utama yang berada pada bagian awal atau bagian pertama paragraf.
  • Paragraf induktif, yaitu paragraf yang memiliki gagasan utama yang berada pada bagian akhir atau bagian penutup paragraf.
  • Paragraf ineratif, yaitu paragraf yang memiliki gagasan utama yang berada pada bagian tengah paragraf.
  • Paragraf campuran, yaitu paragraf yang memiliki gagasan utama yang berada pada bagian awal dan juga pada bagian akhir paragraf.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai pengertian paragraf, serta fungsi dan ciri – cirinya. Semoga Anda dapat lebih memahami dan mengerti dengan baik apa itu paragraf beserta fungsi dan ciri – cirinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih šŸ™‚

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend