• Our Partners:

Pengertian penyimpangan sosial

Pengertian Penyimpangan Sosial Beserta Penyebab, Dampak dan Contohnya

Pengertian Penyimpangan Sosial

Penyimpangan sosial adalah suatu perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai yang dianut dalam masyarakat. Penyimpangan sosial merupakan pelanggaran yang dilakukan oleh individu atau sekelompok terhadap nilai-nilai yang berlaku dimasyarakat.

Umumnya pelanggaran tersebut dilakukan pada nilai-nilai kesusilaan, kepatutan dan sebagainya. Sehingga hal tersebut dianggap tidak sesuai dengan nilai yang berlaku di lingkungan masyarakat.

Setiap wilayah atau daerah akan memiliki suatu aturan atau nilai-nilai tertentu yang dianggap sebagai peraturan yang harus dipatuhi. Sehingga setiap orang yang berada di lingkungan tersebut harus mematuhi dan menghormati segala nilai-nilai dan adat istiadat yang ada. Sudah sepatutnya kita sebagai warga negara ataupun wisatawan harus menghormati lingkungan sekitar, baik dari budayanya, adat-istiadatnya, pergaulannya dan lain sebagainya.

Penyebab Penyimpangan Sosial

Pengertian penyimpangan sosial

Penyimpangan sosial sering kali dilakukan bukan tanpa sebab. Melainkan pasti ada penyebab mengapa seseorang melakukan penyimpangan sosial. Sehingga semua hal tidak serta merta terjadi begitu saja. Berikut merupakan beberapa penyebab penyimpangan sosial:

Faktor Internal

Penyimpangan sosial dapat disebabkan oleh faktor internal seperiti tingkat intelegensi atau kecerdasan, jenis kelamin, usia, dan kedudukan seseorang dalam sebuah keluarga. Bisa saja seseorang mengalami stress berat hingga membuat pemikiran tidak normal. Sehingga dapat menyebabkan adanya penyimpangan sosial di keluarga atau masyarakat.

Faktor Eksternal

Faktor eksternal yang mempengaruhi penyimpangan sosial sangat beragam. Mulai dari kehidupan rumah tangga atau keluarga, pendidikan, media massa dan pergaulan. Sehingga berikut detil setiap penyebab dari faktor eksternal:

1. Perbedaan status

Dalam hidup bermasyarakat tentu akan sangat beragam jenis orang. Baik dari pandangan kaya, menengah atau bahkan kurang mampu. Dari perbedaan tersebut, dapat menyebabkan beragam rasa isi, dengki, syirik dan lain sebagainya. Permasalahannya terdapat pada ketidakpuasan seseorang ketika melihat orang lain memiliki hal yang lebih dari apa yang mereka miliki. Sehingga adanya hal ini dapat memicu penyimpangan sosial seperti korupsi, manipulasi dan sebagainya.

2. Kebutuhan ekonomi

Meningkatnya rasa ingin memiliki segala hal atau keinginan hidup serba enak tanpa bersusah payah dapat mendorong seseorang untuk melakukan tindak kejahatan yang menyimpang dari nilai-nilai sosial. Setiap orang yang memiliki keinginan seperti itu akan berpikir untuk mengambil jalan pintas, seperti merampok, mencuri dan lain sebagainya.

3. Keluarga yang berantakan (broken home)

Keluarga yang berantakan (mengalami perceraian) dapat menyebabkan tumbuhnya penyimpangan sosial. Hal ini bisa disebabkan karena kurang adanya kasih sayang dari orang tua, atau juga bisa disebabkan oleh hal lainnya. Dengan adanya keluarga yang berantakan dapat menyebabkan terjadinya penyimpangan sosial seperti berjudi, penyalahgunaan narkoba dan lain sebagainya.

4. Pengaruh media massa

Media massa memiliki pengaruh yang sangat besar dalam mendorong adanya penyimpangan sosial jika tidak disikapi dengan bijaksana. Banyak tayangan berita di media massa yang memungkinkan dapat memicu emosi dan kejiwaan seseorang. Dengan adanya hal ini dapat menyebabkan penyimpangan sosial seperti perkelahian, pembunuhan dan sebagainya.

5. Sosialisasi nilai-nilai kebudayaan yang menyimpang

Sosilaisasi ini tidak hanya sosialisasi yang dilakukan secara langsung. Melainkan juga sosialsasi yang dilakukan melalui media video, seperti youtube dan lain sebagainya. Sehingga ketika terdapat pernyataan yang salah dan dipublish ke umum, akan menimbulkan pemahaman yang menyimpang dari nilai-nilai kebudayaan yang seharusnya.

Dampak Penyimpangan Sosial

Pengertian Penyimpangan Sosial dan Dampaknya

Dari setiap penyimpangan sosial yang dilakukan, akan selalu menghasilkan dampak baik bagi lingkungan atau orang sekitar. Sehingga hal ini dapat menjadi keresahan setiap orang yang berada disekitar orang yang melakukan penyimpangan sosial tersebut. Berikut merupakan beberapa dampak penyimpangan sosial yang terjadi dalam masyarakat:

Dampak bagi pelaku

  • Berpengaruh terhadap kondisi mental dan kejiwaan. Karena besar kemungkinannya bahwa pelaku akan dikucilkan atau dijauhi dalam kehidupan bermasyarakatnya. Sehingga hal seperti ini membutuhkan penanganan yang serius dan tidak boleh disepelekan.
  • Dapat menghancurkan masa depan pelaku. Hal ini dikarenakan kemungkinan hal yang dilakukan sudah melebihi batas normal sehingga menimbulkan banyak kerugian.
  • Menjauh dari Tuhan dan melupakan ibadah. Hal ini dapat terjadi ketika mereka sudah hilang arah dan melakukan segala cara untuk mendapatkan hal yang mereka inginkan.

Dampak bagi masyarakat (orang lain)

  • Mengganggu keamanan dan ketertiban lingkungan. Dengan adanya penyimpangan sosial yang dilakukan di suatu lingkungan tertentu, maka akan berdampak pada kenyamanan, keamanan dan ketertiban dalam lingkungan tersebut.
  • Menimbulkan beban psikologis, sosial dan ekonomis dari keluarga pelaku. Sehingga bukan pelaku saja yang merasakan dampaknya, namun keluarga juga akan ikut merasakan dampaknya.
  • Merusak norma dan tatanan nilai yang berlaku dalam masyarakat. Setiap penyimpangan sosial yang dilakukan dalam lingkungan masyarakat tentu akan mempengaruhi norma dan tatanan nilai yang sudah dianggap sebagai aturan masyarakat.
  • Merusak unsur budaya dalam masyarakat. Ketika penyimpangan sosial dilakukan, maka unsur budaya juga akan terpengaruh dampak karena budaya dapat mengatur individu dalam suatu masyarakat.

Contoh Penyimpangan Sosial

contoh penyimpangan sosial

Untuk memperjelas pemahaman mengenai penyimpangan sosial, berikut merupakan beberapa contoh penyimpangan sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari:

  • Korupsi merupakan salah satu tindak penyimpangan sosial yang juga melanggar hukum dan undang-undang yang berlaku. Korupsi biasanya dilakukan karena hasrat seseorang untuk memiliki segala hal yang berlebih dan adanya kesempatan untuk melakukan hal tersebut.
  • Tawuran antar sekolah. Penyimpangan sosial yang dapat terjadi dalam lingkungan sekolah adalah tawuran antar sekolah. Hal ini biasanya didasari oleh adanya masalah yang dianggap saling menjelekkan antar sekolah atau hal lainnya. Sehingga para siswa melakukan serang-menyerang hingga menggunakan benda tajam.
  • Penyalahgunaan narkoba. Penyalahgunaan narkoba ini marak terjadi di masyarakat. Awalnya hanya ingin mencoba dan akhirnya bisa menjadi kecanduan. Penggunaan narkoba yang tidak sesuai dengan maksud dan tujuannya merupakan tindak pelanggaran hukum dan harus ditindak dengan tegas. Penyalahgunaan narkoba ini dapat merugikan diri sendiri karena dapat kehilangan kendali dan kesadaran dan berpotensi merugikan orang lain.
  • Balapan liar. Balapan liar yang dilakukan pada jalanan perkampungan, meskipun sepi adalah bentuk penyimpangan sosial dalam lingkungan masyarakat. Hal ini akan menimbulkan dampak bagi masyarakat sekitar yang merasa tidak nyaman dengan adanya kegiatan tersebut. Oleh karena itu, balapan liar seharusnya hanya dilakukan atas izin dari pihak-pihak berwajib untuk menghindari adanya kejadian yang tidak diinginkan.
  • Pernikahan sesama gender. Pernikahan menyimpang nilai-nilai yang diterapkan, khususnya di Indonesia. Sehingga ketika seseorang melakukan pernikahan sesama gender (jenis), maka orang tersebut secara langsung melakukan penyimpangan sosial dalam masyarakat.
  • Perampokan rumah dan menyebabkan banyak benda berharga yang hilang merupakan suatu contoh penyimpangan sosial. Perampokan biasanya didasari atas rasa ketidakpuasan terhadap miliki sendiri dan ingin memiliki yang lebih atau bisa juga karena terdesak oleh situasi.
  • Pencurian sepeda motor merupakan contoh penyimpangan sosial yang marak dilakukan. Sehingga dapat membuat resah warga sekitar dan menimbulkan trauma bagi korban.

Dengan adanya pembahasan mengenai pengertian penyimpangan sosial ini diharapkan dapat membantu anda dalam mempermudah proses belajar. Sehingga pemahaman mengenai pengertian, penyebab, dampak dan contoh dari penyimpangan sosial dapat dipelajari dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend