• Our Partners:

Pengertian Printer Deskjet

Pengertian Printer Deskjet Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Printer Deskjet

Printer adalah salah satu perangkat lunak (hardware) yang merupakan bagian dari komputer dan bertugas menampilkan data atau output dalam bentuk cetakan, baik berupa teks, gambar, grafik dan lain – lain kedalam media kertas. Data yang dicetak sebelumnya sudah diolah oleh komputer agar menjadi informasi yang lebih padu dan dapat dibawa kemana – mana. Terdapat bermacam – macam jenis printer, salah satunya adalah printer deskjet yang akan kami ulas dalam artikel kali ini.

Pada dasarnya printer deskjet dan printer inkjet merupakan jenis printer yang sama, namun muncul istilah deskjet ini karena penamaannya saja yang dilakukan perusahaan ternama yakni HP. Artinya pada merk seperti Epson, Canon dan lain – lain masih memakai istilah printer inkjet. Kedua printer ini sama – sama tergolong printer dengan basis tinta, artinya dalam mencetak menggunakan media tinta dan kualitas dalam mencetak hasil hitam putih atau berwarna juga cukup bagus.

macam macam printer

Pada printer deskjet cara kerja ketika mencetak menggunakan kepala cetak untuk menyemprotkan tinta. Penggunaan dua buah catridge yang tersimpan tinta warna hitam dan tinta warna campuran juga masih diterapkan di printer jenis ini. Printer deskjet ini juga termasuk kedalam jenis printer yang paling banyak digunakan di dunia karena harganya yang relatif murah serta perawatannya yang terbilang lebih simple.

Fungsi Printer Deskjet

Pengertian Printer Deskjet

Untuk fungsi dari printer deskjet ini kurang lebih sama dengan jenis printer lainnya yakni untuk mencetak data ke media kertas untuk bisa diolah lebih lanjut lagi. Yang berbeda mungkin hanya di sistem kerja serta media untuk melakukan cetak data. Seperti yang dijelaskan sebelumnya printer deskjet menggunakan media tinta untuk mencetak yang tersimpan dalam komponen printer bernama catridge.

Untuk cara kerjanya printer deskjet melibatkan beberapa komponen seperti print head (kepala cetak) yang digerakkan menggunakan suatu motor penggerak untuk menyemprotkan tinta pada secarik kertas.

Motor akan berhenti sejenak untuk memberikan waktu bagi kepala cetak menyemprot sesuai jumlah yang dibutuhkan dan warna yang diinginkan oleh komputer. Kertas ditarik menggunakan semacam roller. Komponen – komponen ini akan bekerja secara bersinergi untuk menghasilkan cetakan sesuai dengan contoh yang diinginkan.

Kelebihan dan Kekurangan Printer Deskjet

Kelebihan dan Kekurangan Printer Deskjet

Sebagai printer yang paling banyak dipakai tidak membuat printer deskjet menjadi yang paling sempurna. Meskipun memiliki banyak kelebihan sehingga menjadi pilihan banyak orang namun perlu diingat juga bahwa masih ada kekurangan dari printer deskjet yang tentunya menjadi pertimbangan kita dalam memilih jenis printer sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan.

Secara umum kelebihan dan kekurangan printer deskjet kurang lebih sama dengan printer inkjet karena memang cara kerjanya sama, hanya beda penamaan saja dari HP itu sendiri. Kelebihan dari printer deskjet adalah terletak pada kualitas yang lebih baik serta hasil cetak yang cepat. Selain itu suara yang ditimbulkan ketika mencetak tidak terlalu bising sehingga nyaman digunakan oleh setiap orang. Sedangkan untuk kekurangannya dari printer deskjet secara umum yakni di harga tinta yang terbilang cukup mahal baik yang hitam ataupun tinta berwarna jika dibandingkan jenis printer lain seperti dot matrix.

Untuk jenis printer deskjet tertentu pastinya juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri diluar yang kami sebutkan sebelumnya. Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan salah satu jenis printer deskjet dengan type HP Printer Deskjet 1112 yang merupakan salah satu produk dari HP.

Kelebihan HP Printer Deskjet 1112

  • Harga yang relatif murah, sehingga terjangkau bagi semua kalangan. Dipasaran harga yang dipatok berkisar 400 ribuan saja. Anda dapat membeli secara online maupun langsung ke toko elektronik terdekat karena memang sudah tersedia di semua toko printer.
  • Dalam segi ukuran dan berat juga terbilang cukup ringan karena dikhususkan untuk kertas A4 hingga ukuran Folio. Mempermudah anda jika ingin memindahkan letak printer karena bobotnya yang cukup ringan serta dimensinya yang hanya 425.8 x 215.6 x 124.3 mm.
  • Selain harganya yang relatif murah, untuk penggunaan listrik pada printer jenis ini juga tidak terlalu tinggi sehingga sangat cocok untuk kebutuhan perusahaan yang menuntut penggunaan hampir setiap hari.
  • Proses pemasangan dan instalasinya juga tidak terlalu rumit, cukup dengan tersambung ke catu daya dan komputer anda maka printer sudah terkoneksi. Untuk instalasi biasanya sudah disediakan drivernya atau bisa dicari di internet, langkah – langkah dalam proses instalasinya juga tidak terlalu sulit.

Kekurangan HP Printer Deskjet 1112

  • Karena harganya yang terjangkau maka untuk kualitas cetak pada printer ini juga terbilang masih rendah (kualitas standar) termasuk untuk kecepatan pada saat mencetak juga. Hal ini mungkin dinilai wajar mengingat harga yang ditawarkan juga tidak terlalu memberatkan.
  • Untuk penggunaan tinta pada printer jenis ini juga cukup boros. Sehingga meskipun cocok untuk penggunaan yang sering tapi anda harus mengambil resiko dari borosnya tinta yang digunakan meskipun kualitas cetaknya terbilang standar.
  • Selain itu belum ada sistem infus untuk printer jenis ini sehingga anda harus menggunakan catridge asli dari HP sendiri. Namun jika anda membeli di retail offline bisa mencoba tanyakan pilihan untuk menambahkan infus namun pastinya aka nada biaya tambahan.
  • Pilihan warna pada casing printer ini hanya tersedia putih saja. Untuk kekurangan yang satu ini tidak terlalu dianggap berlebihan mengingat tidak mempengaruhi kinerja printer anda ketika digunakan, mungkin dari segi tampilan yang dirasa kurang bervariasi.

Sekian untuk pembahasan mengenai pengertian Printer Deskjet beserta fungsi, kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend