Printer InkJet Infus Adalah

Pengertian Printer InkJet / Infus Beserta Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Printer InkJet/Infus

Printer InkJet Infus

Printer inkjet atau biasa disebut sebagai printer infus adalah jenis mesin printer untuk perangkat komputer (PC) yang cara kerjanya memvisualisasikan kembali gambar digital di permukaan kertas dengan cara memanaskan tetesan tinta di atasnya. Printer infus umumnya menempatkan wadah tabung tintanya di luar casing, tapi ada juga beberapa model yang menyediakannya jadi satu dengan casing, jadi kesannya lebih aman karena menempel dengan casing printer. Dengan begitu volume tinta dapat dengan mudah dipantau melalui tabung yang menempel tersebut tanpa khawatir tumpah atau selangnya geser.

Printer inkjet atau printer infus ini adalah jenis printer yang banyak penggunanya, Anda akan mudah menemukannya di rental komputer, kantor, kampus, dan instansi-instansi kedaerahan, di samping printer laserjet dan mesin fotocopy. Para teknisi dan penjual printer banyak yang menyarakan untuk menggunakan printer jenis ini untuk keperluan cetak dengan warna yang presisi dengan warna layar monitor.

Printer inkjet memiliki beragam model, mulai dari yang model yang kecil dan murah harganya, hingga model yang profesional dan mahal. Setiap model memiliki teknologi yang diunggulkan, misalnya seperti ada yang mampu melakukan cetak duplex, ada yang mampu mencetak ratusan dokumen warna kualitas tinggi dalam kurun waktu lama, ada yang kelebihannya pada sisi teknis kemudahan instalasi softwarenya, ada yang menu maintain-nya lengkap, ada yang kapasitas tray kertasnya besar dan muat banyak, dan sebagainya.

Printer inkjet membutuhkan perawatan yang signifikan dibandingkan dengan printer jenis laserjet. Sebagai pengguna printer inkjet ada beberapa pengetahuan dasar yang perlu Anda ketahui, diantaranya cara mengelola tabung tinta, perawatan/maintenance cardtridge printhead, perawatan selang saluran tinta, cara membersihkan cartridge printhead, dan cara mereset printer. Komponen-komponen tersebut memerlukan perhatian dan penanganan yang baik bila sewaktu-waktu terjadi masalah di tengah-tengah proses mencetak.

Fungsi Printer InkJet/Infus

Printer InkJet Infus Adalah

Printer inkjet atau infus berguna untuk mencetak dokumen menggunakan tinta warna CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black), secara spesifik berikut penjelasannya.

1. Mencetak dokumen

Ini merupakan tujuan utama kenapa printer dibuat, untuk mencetak dokumen. Dengan printer hasil-hasil pekerjaan Anda di layar komputer dapat muncul dalam wujud fisik. Dokumen-dokumen yang dicetak menggunakan printer infus dapat menggunakan tinta warna CMYK ataupun hanya tinta Black (K) saja. Dengan printer infus Anda dapat mencetak dokumen-dokumen hasil pekerjaan Anda pada aplikasi Microsoft Word, Microsoft Excel, QuarkExpress, CorelDRAW, Illustrator, InDesign, dan sebagainya.

2. Mencetak foto

Fungsi lain printer infus adalah mencetak foto. Untuk fungsi ini user memerlukan jenis kertas yang sesuai, minimal kertas jenis art paper atau art carton. Agar hasil cetaknya bagus, user juga perlu mengatur konfigurasi print agar kualitas cetaknya tajam, yaitu pada mode High Resolution.

3. Mencetak cover buku

Kertas yang digunakan untuk mencetak cover buku biasanya jenis art paper. Bedanya dengan cetak foto, Anda cukup menggunakan konfigurasi kualitas cetak Standard, hasilnya sudah bagus. Namun, bila diperlukan Anda bisa juga mencetaknya dengan mode High Resolution.

4. Mencetak stiker

Tinta inkjet bisa menempel pada permukaan plastik, karena itu untuk mencetak stiker menggunakan inkjet Anda bisa menggunakan jenis kertas stiker Vinyl. Setting kualitas cetak menyesuaikan kebutuhan, bila ingin mencapai hasil grafis stiker dengan kualitas yang tajam dan detail, maka Anda harus menerapkan High Resolution. Namun, umumnya hasil cetak mode Standard saja sudah cukup.

5. Merangkap scanner dan fotocopy

Beberapa merek dan model printer inkjet ataupun laserjet dilengkapi dengan perangkat scanner. Dengan menggunakan scanner tersebut, user dapat melakukan pemindaian terhadap dokumen untuk diolah kembali dengan software pengolah gambar, ataupun langsung memfungsikannya sebagai mesin fotocopy. Printer semacam ini biasa digunakan di kantor-kantor yang memerlukan pemindaian dokumen secara rutin.

6. Menganalisa dokumen

Terlalu lama menatap monitor dengan paparan cahayanya yang terang dan tajam dapat menyebabkan mata lelah. Dengan mencetak dokumen yang ingin kita baca bisa mengurangi potensi risiko tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Printer InkJet/Infus

Selain printer inkjet ada teknologi mesin cetak yang lebih praktis penggunaan dan perawatannya, yaitu printer laserjet. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk mengganti printer inkjet Anda dengan printer laserjet, sebagai bahan pertimbangan mari simak terlebih dahulu informasi mengenai kelebihan dan kekurangan printer inkjet berikut ini.

Kelebihan Printer InkJet / Infus

  1. Hasil cetaknya bagus untuk foto dan gambar berukuran besar, printer infus tinta dapat bekerja lebih baik dalam hal percampuran warna dan gradasi dibandingkan dengan printer laserjet.
  2. Dapat mencetak di banyak jenis media kertas, diantaranya kertas foto glossy untuk cetak pas foto, stasionery bertekstur, dan bahkan pada jenis kain tertentu.
  3. Harga printer inkjet hanya sedikit mahal daripada harga printer laserjet, tapi harga cartridge inkjet lebih murah daripada harga cartridge toner.
  4. Sebelum mencetak dokumen, printer tidak perlu dipanaskan (warm-up) terlebih dahulu.
  5. Cartridge inkjet dapat diisi ulang dan digunakan kembali sehinnga lebih hemat biaya.
  6. Ukuran fisik printer inkjet cenderung lebih kecil, lebih ringan, dan lebih mudah perawatannya daripada printer laserjet.

Kekurangan Printer InkJet / Infus

  1. Harga tinta inkjet itu mahal.
  2. Pada dasarnya tinta inkjet berbasis air, sehingga warna hasil cetaknya rentan pudar.
  3. Cartridge inkjet memerlukan pembersihan berkala, proses cleaning tersebut membutuhkan banyak tinta.
  4. Teknologi printer inkjet saat ini terus dikembangkan hingga mampu mencetak makin cepat lagi, tapi tetap masih kalah dengan kecepatan cetak laserjet.
  5. Dalam tempo penggunaan yang lama, hasil cetak inkjet bisa menjadi sedikit berantakan (fuzzy), teks memudar, atau gambar warna bergaris-garis, kadang hanya grayscale saja yang muncul.
  6. Kapasitas tray tempat menaruh kertas pada printer inkjet rumahan cenderung kecil, hanya mampu memuat sekitar 50-100 kertas saja. Berbeda dengan printer laserjet, ada yang mampu menampung kertas hingga 1 rim (500 lembar).

Demikian sedikit uraian mengenai printer inkjet, sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda untuk mendapatkan hasil cetak yang yang Anda harapkan. Semoga informasi ini bermanfaat dan mudah dipahami.

Leave a Reply

Send this to a friend