Ingin Jadi Programmer? Kenali Pengertian Programmer, Tugasnya dan Cara Menjadi Programmer

Apa yang Anda pikirkan pertama kali ketika mendengar istilah programmer ? Mungkin bagi orang awam, istilah programmer itu identik dengan orang yang selalu bekerja di depan komputer atau laptop saja.

Padahal, tugas programmer lebih dari itu. Programmer tidak hanya sekadar bekerja didepan laptop, melainkan juga pihak yang berperan penting dalam perkembangan dunia teknologi digital. Mengapa demikian ?

Seorang programmer dituntut untuk memiliki segudang ilmu yang terus menciptakan solusi-solusi baru dalam menyelesaikan berbagai permasalahan dalam dunia pemrograman. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui informasi seputar programmer dapat menyimak ulasannya berikut ini.

Pengertian Programmer

Tanpa kita sadari, hampir setiap waktu kita menggunakan berbagai aplikasi. Baik itu aplikasi yang berbasis desktop, web ataupun mobile. Namun, perlu Anda ketahui bahwa programmer adalah dalang dibalik munculnya berbagai aplikasi tersebut. Lalu, apa pengertian dari programmer ?

Pengertian programmer atau pemrogram merupakan sebutan untuk orang memiliki kemampuan dalam menuliskan serangkaian instruksi menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Lebih singkatnya, programmer adalah orang yang membuat program.

Selain itu, programmer juga bertanggung jawab atas kesalahan atau debug yang terjadi dan menambahkan fungsi-fungsi baru didalamnya. Nantinya, program yang telah selesai itu akan diperkenalkan kepada perusahaan terkait atau dapat digunakan oleh masyarakat umum.

Untuk menjadi seorang programmer, Anda dapat memulainya dengan cara mempelajarinya secara otodidak. Anda dapat mempelajari setiap langkah-langkahnya melalui internet. Dengan begitu, keahlian programmer dapat diasah sejak dini tanpa harus menempuh pendidikan secara formal.

Tugas Programmer

Melalui pengertian diatas, sudah dapat disimpulkan bahwa tugas umum programmer adalah membangun suatu program, baik itu dalam bentuk aplikasi mobile (android/iOS), website ataupun desktop melalui serangkaian kode program yang ditulis menggunakan suatu bahasa pemrograman, tugas tersebut dikenal dengan istilah coding. Namun, dalam membangun suatu program itu, programmer juga harus melakukan tugas-tugas sebagai berikut.

1. Mendefinisikan Kebutuhan

Mendefinisikan kebutuhan merupakan tugas utama yang harus dilakukan oleh programmer sebelum membuat aplikasi. Hal itu sangat diperlukan untuk menilai tingkat kepuasan pengguna setelah menggunakan aplikasi tersebut. Selain itu, programmer harus menentukan jenis platform dan tools lainnya yang akan digunakan untuk mengimplementasikan aplikasi.

Tugas Programmer

2. Merancang Tampilan Program

Tugas programmer berikutnya adalah merancang tampilan program. Dalam hal ini programmer dapat membuat sketsa alur aplikasi secara umum melalui bentuk flowchart atau tampilan grafis.

3. Menulis Kode Program

Menulis kode program (source code) adalah tugas paling penting yang dilakukan oleh programmer. Tugas ini dilakukan setelah programmer selesai membuat flowchart. Dalam artian, programmer menuangkan gambaran flowchart kedalam bentuk kode program menggunakan bahasa pemrograman yang telah disepakati.

4. Melakukan Debug Program

Ketika selesai menuliskan kode program, programmer dapat melakukan proses debug terhadap aplikasi. Maksudnya adalah programmer dapat mengecek terjadinya kesalahan atau error yang terjadi dalam aplikasi. Jika terjadi kesalahan, maka programmer dapat mengevaluasi kode program yang sudah dibuat.

5. Menguji Program

Menguji program adalah tugas programmer selanjutnya, dimana aplikasi yang sudah selesai dibuat akan dipublikasikan kepada pengguna. Dengan begitu, aplikasi yang sudah dibuat memiliki manfaat bagi pengguna.

Cara Menjadi Programmer

Hampir semua bidang profesi mengandalkan hardskill yang dimiliki oleh pelamarnya, begitu juga dengan profesi menjadi seorang programmer. Menjadi seorang programmer dituntut untuk selalu mengembangkan keahliannya dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi dalam komputasi secara bertahap. Jika Anda tertarik untuk menjadi programmer, berikut adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan.Cara Menjadi Programmer

Memahami Konsep Dasar Pemrograman

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjadi seorang programmer pemula adalah memahami konsep dasar pemrograman. Saat ini, internet sudah menyediakan berbagai materi yang membantu Anda untuk mempelajari konsep pemrograman secara gratis.

Disana, Anda juga dapat mempelajari jenis data dan algoritma yang biasa digunakan oleh para programmer handal. Dengan demikian, Anda diharapkan dapat menuangkan ide kreatif ketika menuliskan kode program.

Memilih Bahasa Pemrograman

Bagi pemula, memilih bahasa pemrograman adalah cara yang bisa membantu Anda menjadi seorang programmer. Ada banyak bahasa pemrograman yang bisa dipilih, seperti Java, PHP, C, C++, Pascal, Python dan sebagainya.

Silakan pelajari apa saja kekurangan dan kelebihan yang dimiliki dari setiap bahasa pemrograman. Setelah itu, tentukan bahasa pemrograman mana yang akan Anda fokuskan dan kuasai. Jika Anda sudah menguasai satu bahasa pemrograman, Anda bisa melanjutkan ke bahasa pemrograman lainnya.

Membuat Program Sederhana

Setelah Anda menguasai konsep pemrograman dan menentukan bahasa pemrograman yang diinginkan, Anda dapat mencoba untuk membuat suatu program yang sederhana. Dengan cara seperti ini, Anda dapat menuangkan kreativitas untuk menciptakan program dan fungsi yang baru.

Mulai Mengerjakan Proyek

Jika Anda merasa sudah mahir dalam melakukan kegiatan programming, cobalah untuk mengembangkan kemampuan dengan cara menerima atau menawarkan diri untuk mengerjakan suatu proyek pembuatan program. Dengan begitu, Anda menjadi lebih tertantang lagi untuk meningkatkan kualitas diri di dunia pemrograman.

Mengikuti Pelatihan atau Workshop

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menjadi programmer adalah dengan mengikuti pelatihan atau workshop. Anda bisa mengikuti kursus programming atau Anda bisa mengikuti workshop yang biasa dilakukan oleh perusahaan teknologi. Tergantung Anda ingin memilih kursus yang berbayar atau yang gratis. Cara ini juga memungkinkan Anda untuk mengetahui perkembangan programming yang beredar di pasaran.

Rata-Rata Gaji Programmer

Selain membutuhkan kemampuan hardskill yang potensial, ternyata menjadi programmer merupakan salah satu profesi yang mampu menawarkan gaji yang relatif tinggi bagi para karyawannya. Sebab, profesi ini sangat dibutuhkan dalam industri teknologi.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Jobplanet pada tahun 2017 dengan menganalisis rata-rata gaji karyawan IT menurut posisi di perusahaan adalah sebagai berikut.

Rata-Rata Gaji Programmer

Dari tabel diatas tampak bahwa ada perbedaan gaji yang lumayan besar antara staff dengan manager. Misalnya, level staff yang bekerja dibagian web developer memperoleh gaji dengan rata-rata 4.675.000, sedangkan pada level manager dengan bidang yang sama akan memperoleh gaji dengan rata-rata 7.850.000.

Apakah Anda tertarik untuk menjadi programmer? Enaknya lagi, biasanya perusahaan memberlakukan programmer dengan fleksibel, maksudnya perusahaan hanya fokus pada target pengerjaan, sedangkan waktu pengerjaannya diserahkan kepada programmer itu sendiri. Bahkan, ada juga perusahaan yang membolehkan programmer untuk bekerja dengan jarak jauh.

Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda. Terus kunjungi Nesabamedia untuk memproleh informasi menarik lainnya.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend