Remote Server : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Contohnya

Pengertian Remote Server

Apa itu remote server? Remote server merupakan server yang Anda akses yang menjadi bagian dari proses yang dilakukan client tanpa harus membuka koneksi secara terpisah, langsung, maupun juga berbeda. SQL server nantinya akan mengatur hubungan atau konektivitas diantara server dengan menggunakan RPC. Kemudian, SQL server tersebut akan membuat remote server dan kemudian melakukan pengajuan agar bisa melakukan stored procedure terhadap remote server.

Setiap hasil yang sudah dikirim nantinya akan melewati server lokal dan kemudian akan lanjut melewati aplikasi client. Sementara itu, remote access merupakan teknologi yang digunakan untuk melakukan akses terhadap suatu sistem dengan melalui media jaringan. Dengan begitu, pengguna bisa melakukan pengaturan atau konfigurasi terhadap sistem tersebut dan tidak terbatas oleh tempat dan waktu, asalkan kita memiliki koneksi internet atau terhubung ke jaringan tersebut.

Berikut ini kami akan menjelaskan tentang langkah-langkah agar Anda bisa membuat sebuah remote server:

  • Pertama, Anda harus menentukan lokal maupun remote server pada kedua server.
  • Kemudian Anda harus melakukan konfigurasi agar server tersebut bisa melakukan akses terhadap remote server.
  • Ketiga, di remote server nanti Anda harus melakukan pengaturan agar dapat memetakan user dan login untuk digunakan sebagai login dan user bagi server.
  • Yang terakhir, Anda harus menentukan pemilihan terhadap remote yang digunakan untuk melakukan pengecekan password.

Fungsi Remote Server

Pengertian Remote Server dan Fungsinya

Browse the Server – Grey Mouse

Apakah Anda tahu apa fungsi remote server? Di bawah ini kami akan menjelaskan kepada Anda tentang apa saja fungsi yang dimiliki oleh remote server.

1. Mengendalikan komputer lain

Fungsi remote server yang pertama adalah digunakan untuk mengendalikan komputer lain berdasarkan lokasi yang diremote. Misalnya ketika Anda hendak mengakses perangkat lunak atau software yang terdapat di komputer lain. Jadi, Anda tinggal mengecek atau melihat softaware tersebut melalui komputer server.

Dengan begini, maka Anda tidak perlu membuang waktu dan tenaga untuk datang ke komputer client dan melihat softwarenya. Anda sudah mendapatkan akses dari komputer client untuk melihat software maupun bahkan melihat bagian yang lainnya.

2. Mematikan komputer dari jarak jauh

Fungsi kedua dari adanya remote server adalah untuk mematikan komputer dari jarak jauh. Sebenarnya untuk fungsi pada poin kedua ini tidak jauh berbeda dari poin pertama. Ketika Anda hendak mematikan komputer, Anda tidak harus datang ke komputer tujuan untuk mematikannya. Anda bisa langsung mematikan komputer tersebut melalui komputer server.

Biasanya fungsi ini dipakai di warnet yang mana komputer server bisa langsung mematikan komputer client ketika sudah tidak digunakan atau ketika warnet sudah tutup. Tentu hal ini sangat bermanfaat dimana pengguna tidak perlu datang ke komputer client satu per satu dan harus mematikannya karena hal ini hanya akan membutuhkan waktu yang lama.

3. Menghidupkan komputer

Selain mematikan, ternyata remote server juga bisa digunakan untuk menghidupkan komputer. Jadi, Anda juga tidak perlu pergi ke setiap komputer ketika hendak menghidupkan komputer. Cukup menghidupkan melalui komputer server dan Anda juga bisa menentukan kira-kira komputer mana saja yang ingin Anda hidupkan. Anda juga bisa langsung menghidupkan seluruh komputer sekaligus.

Selain ketiga fungsi di atas, di bawah ini kami juga akan menjelaskan tentang fungsi lain yang dimiliki oleh remote server, diantaranya:

  • Digunakan untuk mengawasi dan mengontrol komputer lain.
  • Remote server bisa digunakan untuk melakukan perbaikan atau maintenance dari jarak jauh.
  • Digunakan untuk memodifikasi setting registry dari jarak jauh.

Cara Kerja Remote Server

Pengertian Remote Server dan Cara Kerjanya

Perlu Anda tahu bahwa remote server merupakan server yang digunakan untuk mengontrol, mengawasi, dan mengatur perangkat dari jarak jauh. Dengan adanya remote akses, maka pengguna bisa dengan mudah melakukan dan mendapatkan akses file maupun perangkat lunak meskipun berada dalam jarak yang jauh. Misalnya, ketika seseorang memanggil jaringan yang berasal dari rumahan dengan menggunakan modem analog maupun koneksi ISDN, maka akan melakukan dial menuju server dengan menggunakan remote akses tadi.

Ketika sudah mendapatkn konfirmasi, maka pengguna bisa langsung mengakses terhadap printer maupun drive padahal sebenarnya ia tidak terkoneksi ke jaringan LAN. Namun seolah-olah perangkat tersebut terhubung ke jaringan LAN. Contoh lain adalah Anda bisa melakukan login telnet untuk bisa masuk ke sistem yang lainnya yang ada di jaringan Anda. Sistem tersebut bisa Anda gunakan untuk jaringan lokal maupun jaringan internet.

Contoh Aplikasi Remote Server

Setelah memahami tentang pengertian, fungsi, dan juga cara kerja dari remote server. Di bawah ini kami akan menjelaskan kepada Anda tentang beberapa contoh aplikasi yang biasanya digunnakan sebagai remote server.

  • Windows remote dekstop: merupakan sebuah aplikasi remote yang memang sudah disediakan bagi Anda atau perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows.
  • Team viewer: untuk aplikasi yang satu ini mungkin sering Anda temukan namun Anda tidak tahu tentang fungisnya. Team viewer merupakan aplikasi yang juga untuk keperluan remote dekstop atau remote server yang bisa untuk mengontrol dan mengendalikan komputer dari jarak jauh. Namun diingat bahwa aplikasi in bukan aplikasi bawaan dari sistem operasi Anda.
  • Unfield remote dekstop: software ini bisa dihubungkan melalui smartphone. Jadi, komputer bisa dikendalikan atau dikntrol melalui perangkat mobile. Perangkat mobile di sini bisa berupa smartphone, hp, maupun tablet. Namun, untuk bisa menggunakannya maka perangkat lunak ini sudah harus terpasang di komputer target dan juga perangkat mobile yang digunakan untuk mengendalikannya.

Itulah penjelasan tentang pengertian remote server beserta fungsi, cara kerja dan aplikasi remote server yang paling direkomendasikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend