Pengertian Sistem Beserta Ciri, Karakteristik, Komponen dan Contoh Sistem

Pengertian Sistem

Sistem adalah kumpulan dari suatu komponen yang saling berkaitan dan bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Adanya sistem sangat berpengaruh terhadap informasi yang akan dihasilkan. Dimana setiap informasi yang akan dihasilkan akan memiliki nilai tersendiri karena dapat menghasilkan data dan knowledge yang berguna.

Dengan adanya sistem, dapat mempermudah suatu pekerjaan dalam melaksanakan setiap aktifitas yang akan dilakukan. Adanya sistem ini dapat membantu mempermudah komunikasi antar individu dalam setiap instansi ataupun kelompok.

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Selain pengertian sistem secara umum, ternyata sistem juga memiliki beberapa definisi menurut para ahli. Sistem memiliki beragam pengertian sesuai dengan yang diungkapkan oleh beberapa ahli dalam sistem. Berikut merupakan pengertian sistem menurut para ahli:

1. Pengertian sistem menurut Murdick, R.G

Murdick, R.G yang menyatakan bahwa sistem adalah suatu elemen yag memiliki prosedur yang digunakan dalam rangka mencapai tujuan bersama dengan dilakukan untuk mendapatkan data dan informasi yang diinginkan.

2. Pengertian sistem menurut Indrajit

Menurut Indrajit, sistem adalah suatu kumpulan dan berbagai macam komponen yang saling berhubungan.

3. Pengertian sistem menurut Davis G.B

Menurut Davis G.B, sistem adalah gabungan dari berbagai elemen yang memiliki hubungan untuk bekerja sama dalam rangka mencapai suatu target.

4. Pengertian sistem menurut L. James Havery

James Havery menyatakan bahwa sistem adalah prosedur yang logis dan rasional yang digunakan untuk melakukan atau merancang sesuatu dari rangkaian komponen yang saling berhubungan.

5. Pengertian sistem menurut Lani Sidharta

Menurut Lani Sidharta, menyatakan bahwa sistem adalah kumpulan dari berbagai unsur yang saling berkaitan dan saling beroperasi untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

6. Pengertian sistem menurut Harijono Djojodiharjo

Harijono Djojodiharjo mendefinisikan sebuah sistem adalah merupakan gabuangan dari suatu objek yang memiliki hubungan baik secara fungsi dan antar objek secara keseluruhan yang menjadikan suatu kesatuan yang memiliki fungsi tertentu.

Ciri-Ciri Sistem

Ciri-Ciri Sistem

Sistem dapat dikatakan menjadi sebuah sistem yang bermanfaat bagi kehidupan manusia apabila dapat mendatangkan atau memberikan sebuah kebermanfaatan. Untuk mempermudah dalam mempelajari sebuah sistem terdapat beberapa ciri-ciri sistem yang dapat dikatahui untuk dapat dijadikan sebagai informasi pengetahuan. Dimana, berikut merupakan beberapa ciri-ciri sistem secara umum:

1. Memiliki Tujuan

Tujuan dapat dikatakan sebagai goals yang harus tercapai. Dalam konteks apapun, tujuan selalu ada. Begitu juga dalam sistem, sistem tentu akan memiliki sebuah tujuan tergantung dari dalam aspek apa sistem tersebut digunakan. Perbedaan penggunaan sistem dalam suatu bidang dapat mempengaruhi tujuan dari sistem tersebut.

2. Memiliki Batas

Batas merupakan salah satu ciri yang dimiliki oleh sistem. Dimana batas merupakan suatu batasan sebuah sistem untuk menunjukkan adanya pemisah antara sistem dengan lingkungan eksternalnya. Dengan adanya batasan inilah sistem dapat ditentukan konfigurasinya, ruang lingkupnya, dan kemampuan dari sistem itu sendiri.

3. Subsistem

Subsistem ini menggambarkan adanya sebuah sistem yang saling terkait dan berhubungan satu sama lain. Sehingga dalam proses pencapaian tujuannya akan lebih mudah.

4. Ada keterikatan

Sama halnya dengan subsistem, dalam sebuah sistem pasti akan memiliki keterkaitan antar subsistem atau komponen lainnya yang mendukung. Hal ini agar tujuan dari sistem tersebut lebih mudah dicapai.

Karakteristik Sistem

Karakteristik Sistem

Didalam sebuah sistem, tentu akan terdapat karakteristik yang bisa menjadi penanda bahwa hal tersebut adalah sistem. Dengan mengetahui karakteristik sistem, maka kita akan lebih mudah untuk mencapai tujuan yang kita harapkan. Nah, untuk itu berikut merupakan beberapa karakteristik sistem:

1. Komponen

Sebagai hal utama yang harus ada dalam sebuah sistem, komponen menjadi salah satu hal penting tersebut. Karena, meskipun sebuah sistem dapat memberikan banyak manfaat, tetapi tidak memiliki komponen yang mendukungnya, sistem tersebut tidak akan bernilai. Komponen dalam sistem akan beragam jenisnya dan bisa disebut dengan sub-sistem.

2. Boundary (Batasan)

Batasan dalam sebuah sistem dapat menggambarkan ruang lingkup dari sistem tersebut. Sehingga dengan adanya batasan ini, suatu sistem dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.

3. Environment

Lingkungan sistem yang harus diperhatikan. Mengapa? Karena environment sistem ini dapat merugikan dan dapat menguntungkan juga tergantung dari perlakuan yang diberikan.

4. Interface

Interface ini merupakan penghubung antara subsistem yang terdapat dalam sistem. Sehingga komunikasi antar subsistem dapat berjalan dengan baik dan mendukung tujuan yang akan dicapai.

5. Input

Input atau masukan merupakan energi yang menjadi masukan dalam sebuah sistem. Dimana input ini merupakan hal penting dalam sistem agar dapat menghasilkan suatu output nantinya.

6. Output

Output atau keluaran merupakan hasil yang diperoleh dari input yang telah diproses dalam suatu sistem.

7. Process

Proses merupakan tahapan selama pengolahan input hingga menjadi output yang dapat menggambarkan ketercapaian dari tujuan sebuah sistem.

8. Objective and Goals

Objective and goals ini merupakan gambaran dari tujuan yang ingin dicapai oleh sebuah sistem tertentu. Dimana tujuan ini dapat berpengaruh ke pengguna sistemnya karena bisa mendapatkan informasi yang berguna dan bermanfaat.

Komponen Sistem

Komponen Sistem

Sistem dapat dikatakan sebuah sistem yang sebenarnya jika memiliki semua komponen yang seharusnya ada. Komponen-komponen dalam sistem digunakan agar sebuah sistem dapat dijalankan sesuai dengan fungsi dan tujuannya. Sehingga pekerjaan yang melibatkan sistem dapat dengan mudah dilakukan. Untuk itu, berikut merupakan komponen sistem:

  1. Input, merupakan masukan yang bisa berupa fakta atau data apapun yang bisa mendukung tercapainya tujuan suatu sistem.
  2. Proses, merupakan tahapan pengelolaan input sistem sehingga dapat menjadi suatu informasi yang bermanfaat sehingga tujuan sistem dapat tercapai.
  3. Output, merupakan hasil yang didapatkan dari sebuah sistem. Dimana output ini dapat berupa informasi penting ataupun output lainnya yang dapat menggambarkan kesuksesan pencapaian tujuan dari suatu sistem.
  4. Kendala, merupakan masalah yang dapat terjadi saat sistem dijalankan, sehingga perlu adanya solusi untuk menyelesaikan masalah ini.
  5. Control, merupakan pemantauan sistem yang dilakukan agar tidak ada masalah yang terjadi.
  6. Feedback, merupakan respon yang diberikan oleh sistem ketika sedang aktif.

Contoh Sistem

Contoh Sistem

Dalam kehidupan sehari-hari, anda akan menjumpai berbagai macam sistem. Berikut merupakan contoh-contoh sistem dalah kehidupan sehari-hari:

  • Sistem pesan tiket online, merupakan sistem yang digunakan untuk mempermudah konsumen dalam melakukan pemesanan tiket secara online dengan cepat dan mudah.
  • Mbanking, merupakan salah satu contoh sistem informasi dalam dunia perbankkan yang digunakan untuk mempermudah setiap transaksi nasabahnya.
  • Sistem pemerintahan, digunakan untuk mengatur pemerintahan di Negara Indonesia. Dimana terdapat berbagai stakeholder yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan bersama.
  • Sistem ekonomi, merupakan sistem yang saling terkait dalam bidang ekonomi dengan memiliki banyak stakeholder mulai dari pemerintahan, bank dan lainnya.

Nah, ketika anda telah mengetahui berbagai macam pengetahuan tentang sistem, maka anda akan lebih mudah dalam mengetahui berbagai macam sistem yang ada dalam kehidupan sehari-hari kita. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend