Pengertian Software Engineering Beserta Kegunaan dan Contohnya

Pengertian Software Engineering

Pengertian Software Engineering Adalah

Apakah itu software engineering? Mungkin tidak banyak orang yang masih asing dengan istilah ini. Akan tetapi, untuk mereka yang setiap saat atau yang sudah lama berada di dalam dunia komputer, jika mendengar kata software engineering tentu mereka sudah tidak asing. Berdasarkan keterangan para ahli, ada beberapa pengertian software engineering, yaitu:

Fritz Bauer (1968)

Berdasarkan keterangan Fritz, software engineering merupakan sebuah pembentukan dan juga prinsip dari sebuah rekayasa agar supaya bisa memperoleh sebuah perangkat lunak dengan harga yang ekonomis namun memiliki kinerja yang optimal sehingga masih bisa diandalkan.

IEEE (1993)

Berdasarkan penjelasan IEEE, software engineering merupakan sebuah pendekatan dan juga penerapan teknologi yang dilakukan secara sistematis serta disiplin. Teknologi tersebut memiliki tata urutan tersendiri dan saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Tujaun dari penerapan teknologi ini yaitu untuk pengoperasian, pengembangan, dan juga pemeliharaan software.

Pressman (1997)

Menurut Pressman, pengertian software engineering yaitu suatu kedisiplinan yang mengikuti proses dari prosedur, metode, dan juga sebuah perangkat yang berguna untuk menciptakan sebuah perangkat lunak komputer.

Jadi, berdasarkan berbagai keterangan dari para ahli di atas bisa disimpulkan bahwa pengertian software engineering yaitu sebuah rekayasa perangkat lunak yang merupakan perubahan dari suatu software untuk kemudian dibangun, dikembangkan, dan juga dipelihara dengan berpedoman pada prinsip rekayasa.

Tujuan mempelajari software engineering yaitu untuk dapat menciptakan sebuah perangkat lunak yang mampu bekerja secara lebih efektif, memiliki kecepatan tinggi, serta memudahkan user di dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Fungsi dan Kegunaan Software Engineering

Pengertian Software Engineering dan Fungsinya

Lalu apa saja manfaat dan kegunaan software engineering dalam dunia bisnis? Berikut ini kami akan jelaskan uraiannya:

1. Digunakan untuk mendukung bisnis yang berjalan otomatis

Perlu Anda tahu bahwa software engineering sangat bermanfaat digunakan untuk menjalankan bisnis secara otomatis. Kegiataan ini biasanya berlangsung di kantor maupun perusahaan yang dinamakan sebagai office automation dan juga business automation. Beberapa contoh dari manfaat software engineering yaitu mendukung absensi, payroll, maupun juga digunakan sebagai cara untuk memantau atau mengawasi kinerja para karyawan.

Selain itu, digunakan sebagai perangkat lunak entrerprise resource planning yang memang sangat mambantu di dalam automatisasi bisnis, proses produksi, inventory control, finance, dan sampai dengan CRM atau customer relational management.

2. Untuk pembentukan finance technology

Kegunaan software engineering yang kedua adalah sebagai pembentuk finance technology. Tidak bisa dipungkiri bahwa manfaat perkembangan di dunia teknologi memiliki dampak yang besar, salah satunya untuk dunia bisnis. Salah satu manfaat dari software engineering untuk dunia bisnis adalah bisa dimanfaatkan sebagai finance technology dimana nanti teknologi ini akan diterapkan pada bidang keuangan.

Dampaknya, seseorang bisa lebih terbantu ketika ingin mengakses semua produk keuangan, meningkatkan literasi, dan juga mempermudah di dalam transaksi keuangan. Jadi, software engineering memang sangat bermanfaat baik digunakan untuk pembelian maupun penjualan.

3. Mendukung penerapan strategi yang tepat

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa software engineering bermanfaat untuk enterprises resource planning yang memang secara tidak langsung akan memberikan dampaknya terhadap strategi bisnis. Mengingat di dalamnya memang sudah mendukung adanya proses automatisasi bisnis, misalnya proses produksi, CRM, dan juga inventory control.

Jadi, pada saat hal-hal tersebut diterapkan, maka penerapan strategi bisa berjalan dengan baik dibandingkan ketika Anda tidak menggunakan software engineering. Dengan begitu, maka Anda bisa bekerja dengan lebih optimal dan tidak mengalami kesulitan.

4. Untuk kinerja tim yang efektif

Manfaat dan kegunaan software engineering yang terakhir adalah untuk mendukung sebuah kinerja tim yang bisa berjalan dengan lebih efektif. Suatu  kinerja tim membutuhkan software engineering yang nantinya bisa diterapkan sebagai office automation sehingga mampu digunakan untuk mengawasi kinerja para karyawan atau tim yang sedang bekerja di dalam menjalankan suatu bisnis.

Dengan begitu, maka semua pihak yang terkait bisa terdorong untuk bisa bekerja dengan lebih efektif dan produktif sesuai dengan tupoksi tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

Contoh Software Engineering

Contoh Software Engineering

Setelah membahas tentang pengertian dan juga manfaat dari software engineering, maka hal lain yang juga perlu Anda ketahui yaitu terkait beberapa contoh software engineering. Informasi selengkapnya bisa Anda dapatkan di bawah ini:

1. Additive Manufacturing Software Information

Contoh pertama adalah sebuah perangkat yang memiliki peran penting dalam pembuatan aditif. Desain yang sering digunakan adalah Software CAD yang digunakan untuk membuat sebuah representasi digital berdasarkan beberapa bagian. Namun di dalam beberapa kasus prosesnya bisa dimulai dari pemindaian 3D. Sementara, software engineering yang satu ini menggunakan penggunaan dan juga perancangan CAD yang merupakan sebuah langkah signifikan.

Fitur yang ada pada software ini memungkinkan pengguna bisa membuat Mesh Maker atau pembuatan jaring, peninjauan file sebelum ditampilkan, alat perbaikan atau disebut editor, dan lain sebagainya. Ketika mendesain, maka penggunaan CAD akan sama persis dengan hasil akhirnya. Meskipun memang hal tersebut bisa dicapai, namun dalam beberapa kasus masih membutuhkan beberapa akomodasi tambahan.

2. GIS (Geographic Information Systems) Software

Contoh software engineering yang kedua adalah GIS yang termasuk ke dalam perangkat lunak untuk merancang, menyebarkan, dan juga menampilkan beragam informasi yang akan direpresentasikan secara geografis. Pemerintah maupun pelaku bisnis yang lainnya menggunakan software GIS ini untuk memvisualisasikan atau menganalisis data sehingga nanti dapat ditemukan sebuah pola, tren, dan juga hubungan.

Beberapa fitur yang ada di pada GIS ini biasanya dimanfaatkan untuk bisa menghasilkan sebuah peta interaktif. Ketika pengguna melihat layar komputer, mereka bisa memindai peta GIS tersebut menjadi beberapa bagian serta bisa memperbesar maupun mengecilkan. Pengguna juga bisa merubah apa saja jenis informasi yang akan dimunculkan dalam peta interaktif tersebut.

Itulah penjelasan tentang pengertian software engineering beserta kegunaan dan contoh dari software engineering itu sendiri. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend