Berikut Ini Pengertian Statistik Beserta Kegunaan, Manfaat dan Contoh Statistik

Pengertian Statistik

Tahukah kamu apa pengertian dari Statistik? Pengertian Statistik yaitu kumpulan data yang memiliki bentuk berupa angka dan dapat disusun ke dalam bentuk tabel maupun diagram, yang mana isi tersebut dapat menjelaskan tentang masalah yang khusus.

Statistik sendiri memiliki arti sekelompok metode dan juga aturan tentang pengumpulan, analisis, pengolahan, dan juga penafsiran data pada angka-angka yang akan menjelaskan sebuah data tersebut atau hasil dari pengamatannya. Dilihat dari asal katanya, Stastik diambil dari bahasa Latin yakni status, yang mana memiliki arti negara atau sesuatu yang memiliki kaitan dengan ketatanegaraan.

Statistik biasanya juga banyak digunakan pada sebuah penelitian dalam beberapa bidang, contohnya yaitu manufaktur, ekonomi, bisnis, pemasalan, dan lain sebagainya. Dari statistik tersebut juga akan didapatkan sebuah kesimpulan yang akan memudahkan kita untuk dapat mengambil keputusan.

Pengertian Statistik Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Statistik adalah

Untuk dapat lebih memahami apa yang dimaksud dari statistik, Anda dapat mengacu pada pengertian statistik menurut beberapa ahli yang ada di bawah ini. Berikut adalah pengertian statistik menurut beberapa ahli :

1. Menurut Anderson dan Bancroft

Anderson dan Bancroft beranggapan bahwa pengertian dari statistik adalah suatu seni dan ilmu dari perkembangan dan juga metode yang sangat efektif untuk suatu pengumpulan, pentabulasian, dan juga interpretasi suatu data yang kuantitatif.

Yang mana nantinya suatu kesalahan pada etimasi dan kesimpulan bisa diperkitakan dengan menggunakan penalaran yang induktif dan telah didasari oleh probabilitas matematika atau peluang.

2. Menurut Anto Dajan

Anto Dajan beranggapan bahwa pengertian dari statistik yaitu suatu data yang kuantitatif, yang mana masih ada yang belum tersusun dan juga yang sudah tersusun pada suatu bentuk table.

3. Menurut Prof. Dr. Sudjana, M.A., M.Sc.

Prof. Dr. Sudjana, M.A., M.Sc. beranggapan bahwa pengertian dari statistik yaitu pengetahuan yang memiliki kaitan erat dengan suatu metode untuk pengumpulan data, mengolah dan juga menganalisis suatu data.

Dan nantinya akan dapat menarik kesimpulan yang didasari oleh kumpulan data dan juga analisis yang sebelumnya telah dilakukan.

4. Menurut Prof. Dr. H. Agus Irianto

Prof. Dr. H. Agus Irianto beranggapan bahwa pengertian dari statistik yaitu sekelompok cara atau peraturan yang memiliki kaitan dengan pengumpulan, analisis, dan juga penarikan suatu kesimpulan, dari data yang memiliki bentuk berupa angka dengan menggunakan sebuah asumsi yang tertentu.

5. Menurut Croxton dan Cowden

Croxton dan Cowden beranggapan bahwa pengertian dari statistik yaitu suatu metode untuk dapat mengumpulkan, mengelola, menyajikan dan juga menginterpretasikan sebuah data yang memiliki wujud angka.

Kegunaan Statistik

Kegunaan Statistik

Sama seperti metode lainnya, statistik juga memiliki beberapa kegunaan yang dapat membantu manusia dlaam melakukan suatu pengambilan keputusan. Tidak hanya itu, ada beberapa kegunaan statistik yang lainnya, yaitu :

  • Statistik berguna untuk mendapatkan suatu gambaran, contoh seperti gambaran yang khusus ataupun gambarang yang umum mengenai sebuah keadaan, peristiwa dan juga gejala.
  • Statistik berguna untuk dapat melakukan suatu pengujian, hal ini akan mengungkap apakah suatu hejala yang satu sama dengan gejala yang lainnya atau malah sebaliknya. Apabila ada perbedaan, itu adalah suatu perbedaan yang memiliki arti atau perbedaan tersebut telah terjadi hanya dengan kebetulan saja.
  • Statistik berguna untuk dapat mengikuti suatu perkembangan ataupun pasang surut dari suatu gejala, peristiwa atau keadaan tersebut dari masa ke masa.
  • Statistik berguna untuk dapat mengetahui apakah satu gejala memiliki hubungan dengan gejala yang lainnya.
  • Statistik berguna untuk dapat menyusun sebuah laporan yang berisikan data kuantitatif yang sangat ringkas, jelas dan juga teratur.
  • Statistik berguna untuk dapat menarik suatu kesimpulan dengan cara yang logis, dan dapat mengambil suatu keputusan dengan cara yang baik dan benar.

Contoh Statistik

Contoh Statistik

Jika Anda sudah mengetahui kegunaan dari statistik, maka Anda juga perlu mengetahui contoh-contoh dari statistik. Dengan begitu Anda akan lebih paham apa yang dimaksud dari statistik. Berikut adalah contoh statistik :

1. Sensus Penduduk

Sensus penduduk adalah suatu prosedur yang sangat dikenal dan rajin diselenggarakan oleh lembaga Badan Pusat Statistik pada tiap 10 tahuk sekali, yaitu pada saat angka tahun berakhiran 0.

Itu juga memiliki maksud untuk dapat mengetahui perkembangan dan pertumbuhan yang terjadi pada penduduk dalam kurun waktu 10 tahun terakhir supaya dapat dijadikan beberapa bidang lainnya yang menjadi pokok utama untuk dapat menentukan kebijakan yang nantinya akan mereka ambil.

Contohnya yaitu, terdapatnya data penduduk yang telah terkumpulkan, maka bidang ekonomi bisa memperkirakan dan juga dapat mengambil suatu keputusan pada penentuan peredaran uang yang akan terjadi nantinya.

2. Sensus Ekonomi

Badan Pusat Statistik juga selalu melakukan suatu kegiatan yang sering disebut sensus ekonomi setiap 10 tahun sekali, yaitu pada angka terakhir tahun yang memiliki angka 6. Itu bertujuan untuk dapat mengetahui perkembangan ekonomi yang ada di Indonesia.

Data-data ekonomi yang telah dikumpulkan tersebut pasti akan memperoleh hasil berupa kesimpulan yang dapat menginformasikan kita apakah perekonomian di negara kita ini mengalami kenaikan atau sebaliknya.

3. Pemasaran Suatu Produk

Pada bidang pemasaran, statistika seting kali digunakan untuk dapat membantu seorang produsen dan juga distributor ketika menentukan jenis barang dan juga berapa banyak barang yang nantinya harus mereka produksi dan kemudian akan disalurkan ke luar.

Barang yang disalurkan tersebut akan dipilih, sesuai dengan barang yang paling diminati konsumen. Tidak hanya itu, statistik dalam pemasaran juga bisa digunakan untuk penelitian dan pengembangan dari produk, segmentasi, analisis potensi, penetapan harga, dan lain sebagainya.

Perbedaan Statistik dan Statitiska

Perbedaan Statistik dan Statitiska

Perbedaan dari statistik dan statitiska dapat dilihat dari definisi masing-masing. Statitiska merupakan suatu ilmu akan mempelajari bagaimana cara untuk merencanakan data, mengumpulkan data, menganalisis data, menginterpretasi data, serta mempresentasikan data.

Sedangkan definisi dari statistik adalah suatu kumpulan data yang mana berbentuk angka ataupun bukan angka yang telah disusun ke dalam suatu bentuk diagram ataupun tabel yang akan menggambarkan atau memiliki kaitan dengan sebuah masalah yang khusus.

Jadi secara singkatnya adalah statitiska merupakan suatu cabang ilmu penetahuan yang memiliki kaitan dengan data. sedangkan statistik merupakan sebuah data, informasi atau suatu hasil penerapan dari algoritma statitiska pada suatu data.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian statistik dan perbedaannya dengan statistika. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan tidak akan keliru dalam membandingkan statistik dan juga statitiska.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend