Ketahui Pengertian UI (User Interface) Beserta Fungsi dan Contohnya

Seberapa seringkah Anda menemui istilah user interface? Pahamkah Anda mengenai definisi user interface? Bagi Anda para pengguna perangkat komputer yang setiap hari berkutat dengan komputer dan gadget, atau Anda seorang programmer atau analis program tentu tidaklah merasa asing dengan istilah ini.

Secara sederhana user interface merupakan suatu media visual grafis yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan mudah dengan mesin yang sedang dikelolanya. Pengguna tidak perlu mengetikkan perintah teks seperti pada command prompt.

Namun, pada pengertian yang lebih jauh ternyata command prompt pun juga termasuk ke dalam kategori user interface. Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan user interface sebenarnya, mari kita simak pembahasan berikut.

Pengertian UI (User Interface)

Pengertian UI

Dilansir dari Wikipedia.com, user interface memiliki pengertian sebagai sebuah bentuk tampilan yang berhubungan langsung dengan pengguna, dan user interface berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi sehingga komputer dapat dioperasikan.

Sementara menurut PCMag.com, user interface dapat diartikan sebagai cara seorang pengguna berinteraksi dengan komputer, tablet, smartphone maupun perangkat elektronik lainnya.

UI atau user interface atau tampilan antarmuka adalah bagaimana cara program dan user (pengguna) berinteraksi. Istilah user interface ini terkadang juga digunakan untuk pengganti istilah HCI (Human Computer Interaction).

User interface adalah semua aspek yang berkaitan erat dengan interaksi / komunikasi antara pengguna dan komputer, khususnya dalam bab software. Semua aspek yang tampil di layar, dapat dilihat, dibaca, dipahami, dan dimanipulasi dengan keyboard dan tetikus (mouse) merupakan bagian dari user interface.

User interface yang baik adalah user interface yang dapat memberikan pengalaman interaksi yang dengan mudah dapat dipahami oleh user (pengguna), user interface semacam ini disebut sebagai user friendly.

Pengertian UI (User Interface) Beserta Fungsi dan Contohnya

User Friendly

Secara teknis, user interface berguna untuk menjembatani atau menerjemahkan informasi antara user dengen sistem operasi, sehingga komputer dapat didayagunakan oleh user. User interface juga dapat diartikan sebagai mekanisme inter-relasi dari hardware dan software yang membentuk pengalaman menggunakan sebuah set komputer. User inferface dari sisi perangkat lunak biasanya berbentuk GUI (Graphic User Interface) dan CLI (Command Line Interface), sedangkan dari sisi perangkat keras biasanya berbentuk ADB (Apple Desktop Bus), USB, dan Firewire.

Fungsi UI (User Interface)

Secara umum user interface menyediakan metode untuk input dan output. Dengan user interface, user dapat dengan mudah melakukan input dan output data dan merekayasa / memanipulasi data sesuai keperluan.

Saat awal teknologi komputer dibuat, komputer dijalankan dengan memanfaatkan perintah teks yang diketik pada layar monitor menggunakan keyboard. Metode semacam ini berlaku penuh untuk semua program atau pun perintah-perintah terntentu yang berkaitan dengan sistem informasi.

Pengertian UI (User Interface) Beserta Fungsi dan Contohnya

Karena dinilai kurang praktis dan kurang canggih, serta tidak semua orang dapat mengoperasikannya maka para ahli terdorong untuk merancang sesuatu yang dapat digunakan oleh semua orang bahkan yang tidak begitu paham komputer sekalipun untuk dapat mengoperasikan komputer secara praktis, simpel, dan mudah diingat.

Pengaplikasian user interface secara lebih jauh akan banyak kita temukan pada program software, perangkat hardware, dan sistem operasi smartphone.

Pada program software hampir semua komponennya menggunakan kinerja GPU (Graphic Processor Unit) dimana user dapat menginputkan perintah dan memanipulasi data dengan memanfaatkan tampilan grafis tertentu seperti jendela, tombol / button, dan textbox.

Sedang pada sebagian besar perangkat keras user interfacenya biasanya lebih sederhana, dan didominasi dengan simbol-simbol seperti pada remote televisi, mesin fotokopi, dan telepon seluler.

Pada aplikasi smartphone pengguna banyak berinteraksi dengan program-program di dalamnya dengan memasukkan perintah dalam bentuk teks maupun grafis. User interface pada smartphone cenderung dituntut untuk lebih simpel dan mudah dimengerti dibanding user interface pada perangkat yang lebih besar seperti komputer. Banyak brand-brand smartphone yang saling berlomba mempersembahkan pengalaman user interface yang terbaik dengan kekhasannya masing-masing.

Contoh UI (User Interface)

Contoh UI

Contoh User Interface pada Windows

Contoh user interface yang biasa kita temui adalah user interface pada sistem operasi yang biasa kita gunakan. Pada Windows secara GUI kita mengenal istilah tema dan skin Aero, XP, dan Redmon, sedang secara CLI kita mengenal Command Prompt. Pada Linux secara GUI lebih bervariasi lagi, ada KDE, Gnome, Cinnamon, XFCE, dan lain sebagainya.

Pada Apple Mac OS X, kita mengenal Leopard, Lion, dan sebagainya. Pada Android, biasanya user interfacenye menjadi satu set dengan versi Androidnya, misalnya Froyo, maka user interfacenya juga biasa disebut interface Froyo.

Selain interface berdasarkan sistem operasi, ada pula user interface berdasarkan Runtime, yang biasa kita temui adalah GTK+ dan Java. Runtime GTK+ menjadi bagian dari aplikasi chat Pidgin dan text editor open source Geany. Runtime Java biasanya digunakan untuk membuat software terbatas untuk kalangan tertentu, misalnya customer suatu perusahaan, atau peserta program instansi tertentu, dan lain sebagainya. User interface Java masih terkesan klasik karena sejak dulu masih mempertahankan bentuk-bentuk aslinya.

Penutup

Karena semakin pesat dan majunya perkembangan teknologi informasi di zaman ini, perangkat elektronik yang smart dan canggih dengan user interface yang mudah dipelajari dan dipahami dapat mempermudah aktivitas kehidupan sehari-hari penggunanya, sehingga semakin hari semakin banyak peminatnya.

Para pengembang pun melihat hal ini sebagai peluang pasar yang terbentang lebar untuk bertahun-tahun ke depan, sehingga semakin bersemangat lagi mengembangkan aplikasi dan perangkat-perangkat dengan user interface yang memungkinakn untuk lebih terintegrasi lagi dengan penggunanya dan memberikan pengalaman penggunaan perangkat yang menyenangkan.

Leave a Reply

Send this to a friend