Pengertian URL Beserta Fungsi, Contoh dan Bagian-bagian URL yang Perlu Anda Ketahui

Internet menjadi salah satu bagian yang cukup penting bagi masyarakat di zaman yang sudah modern seperti saat ini. Banyak komponen yang terlibat dalam suatu internet, salah satunya adalah URL atau yang biasa disebut dengan alamat web tersebut.

Mungkin sesekali anda pernah mendengar istilah URL, entah itu dari sekolah, buku atau dari artikel yang anda baca di internet. Meskipun kegiatan yang berhubungan dengan internet sering dilakukan namun ternyata masih banyak masyarakat yang kurang memahami definisi atau pengertian URL. Terutama bagi beberapa pihak yang terlibat aktif dalam pengelolaan web sudah pasti harus memahami secara betul definisi dari URL, mengingat semakin maraknya kegiatan hack atau cybercrime yang memanfaatkan penggunaan URL.

Di artikel kali ini kami akan menjelaskan pengertian URL serta fungsi dan contoh – contohnya. Tidak lupa juga di dalam URL terdapat bagian – bagian yang harus anda pahami. URL ini pada awalnya diciptakan oleh seseorang yang bernama Tim Berners-Lee pada tahun 1991 dengan maksud ingin memudahkan para pengguna yang ingin berselancar di internet. Dengan menuliskan URL atau alamat web anda dapat lebih mudah mengakses halaman yang ingin dituju dan bahkan saat ini sudah tersedia mesin pencari yang tentunya semakin mempermudah.

Pengertian URL

pengertian url - on post

URL yang merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator pada dasarnya merupakan suatu karakter yang mempunyai standar tertentu dan ditujukan sebagai alamat dari sumber – sumber di internet, bisa berupa dokumen, file page, gambar dan lain – lain. Rangkaian karakter yang digunakan bisa saja berupa huruf, angka ataupun simbol sesuai dengan standar yang sudah ditentukan. Salah satu standard yang dimaksudkan adalah URL tidak mengenal adanya spasi, biasanya diawali dengan HTTP atau biasa disebut Hypertext Transfer Protocol dan masih banyak lagi.

Penetapan URL menjadi salah satu bagian yang sangat penting bagi para pembuat atau developer web. Namun bagi para pengunjung tidaklah terlalu penting dikarenakan saat ini sudah ada mesin pencari seperti Google, Yahoo dan lain – lain. Pada web browser pun terkadang sudah otomatis mengarahkan kolom URL anda ke mesin pencari sehingga anda hanya perlu mengetik keyword-nya saja.

Fungsi URL

Fungsi URL sebenarnya sudah dijelaskan pada pengantar sebelumnya, yakni pada dasarnya URL digunakan untuk memanggil atau menemukan file yang akan dituju oleh para pengguna internet. Kekuatan dari URL ini juga dapat membuat anda berpindah – pindah antar halaman web dengan media yakni hyperlink. Selain itu masih ada lagi fungsi – fungsi lain dari URL yakni :

  • Sebagai sarana identifikasi suatu dokumen, file, gambar dan lain – lain pada web
  • Dapat digunakan juga sebagai penamaan suatu file pada web
  • Selain memudahkan dalam mengakses halaman web anda juga dapat lebih mudah mengingat web yang sebelumnya sudah diakses

Namun adakalanya fungsi URL juga disalahgunakan oleh oknum – oknum lain yang kurang bertanggung jawab seperti melakukan plagiasi alamat website atau bahkan dipergunakan sebagai media hack. Seperti yang terjadi pada beberapa situs sosial media beberapa waktu yang lalu, hanya dengan meniru nama URL seperti asli namun beda domain banyak para pengguna yang tidak sengaja membocorkan akunnya ketika proses login.

Oleh karena itu dengan memahami URL ini kami mengharapkan agar anda lebih hati – hati dan teliti ketika mengelola web atau bahkan ketika sedang berselancar di internet sebagai pengguna pada umumnya.

Contoh URL

contoh URL

Contoh URL absolute

Contoh dari penggunaan URL bisa anda jumpai pada kolom URL ketika sedang mengakses suatu halaman di internet. Ketika anda sedang membaca artikel ini maka anda perhatikan bahwa kolom URL pada browser anda pasti mengarah ke website ini yang terdiri dari protocol (HTTP), domain atau nama web dan path – path atau page halaman terkait. Untuk penjelasan mengenai bagian URL akan lebih dijelaskan di Bagian – bagian URL.

URL pada web biasanya dibedakan menjadi 2 macam yakni URL Absolute dan URL Relative. URL Absolute adalah contoh URL yang lengkap yakni terdiri dari nama domain serta menyebutkan lokasi atau direktori file tersebut, contohnya seperti “http://www.namasitus.com/images/image.jpg”. Sedangkan URL Relative juga berfungsi menyebutkan sebuah lokasi atau direktori file namun pada domain yang memang aktif pada saat itu, contohnya seperti “image.jpg”.

Bagian – bagian URL

pengertian url & bagian bagian url

Bagian-bagian URL

Sempat dibahas sebelumnya bahwa suatu URL terdiri atas bagian – bagian tertentu yakni protokol, domain dari suatu web dan path absolut sesuai direktori yang ada. Protokol dalam URL ini bertindak sebagai bagian yang paling penting karena memberikan informasi kepada server apakah menggunakan mode HTTP (Hypertext Transfer Protocol) saja atau juga menggunakan WWW (World Wide Web). Bahkan saat ini banyak ditemui URL yang tidak mencantumkan atau menyembunyikan host WWW seperti pada Blog, hal ini dikarenakan pengaturan dari admin hostnya sendiri.

Bagian berikutnya dari URL adalah domain atau nama web itu sendiri dan biasanya jadi satu paket dengan web server. Para pembuat atau developer web biasanya menggunakan jasa domain serta web server gratis seperti Blogger atau versi berbayar seperti Idhostinger. Terdapat juga istilah sub domain yang dibuat mengikuti domain utamanya.

Yang kedua adalah path pada URL. Pada umumnya URL memang menggunakan path absolute atau lengkap pada kolom web browser anda. Setting path pada URL ini mengikuti direktori yang ditetapkan oleh pihak developer. Semakin banyak file atau halaman web maka path yang ada pada URL juga akan semakin banyak sesuai urutan atau kategori yang ditetapkan. Biasanya penggolongan path diberi tanda garis miring (/) sebagai penanda direktori.

Itulah pembahasan mengenai pengertian URL beserta fungsi, contoh dan bagian-bagian URL yang perlu anda ketahui dalam dunia komputer. Jadi, Uniform Resource Locator atau yang sering disingkat dengan URL pada dasarnya merupakan suatu karakter yang mempunyai standar tertentu dan ditujukan sebagai alamat dari sumber – sumber (sources) yang berada di internet.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend