Pengertian Virus Komputer Beserta Sejarah dan Cara Kerja Virus Komputer

Hampir setiap pengguna komputer pernah menjadi korban dari virus komputer, baik yang terkena efek ringan maupun berat, karena virus komputer merupakan sebuah program yang di rancang khusus untuk mampu menyalin dirinya sendiri atau dalam bahasa biologis mampu menggandakan atau membelah diri, dari situ kita menjadi lebih tahu mengapa di namakan virus, yaitu karena mampu menyebar secara cepat ke berbagai perangkat maupun data yang tersimpan di dalam komputer kita. Berikut di bawah ini pengertian virus komputer secara lengkap.

Pengertian Virus Komputer

Secara umum pengertian virus komputer lebih di kenal dengan sebuah program komputer yang bersifat merusak, karena kebanyakan virus komputer di buat untuk tujuan yang negatif seperti untuk merusak data, mencuri data penting, membebani sistem komputer yang sedang berjalan, menekan kinerja perangkat keras sehingga terjadi overclock dan overhead. Namun yang paling membahayakan dari sebuah program komputer yang bersifat virus adalah ketika program virus itu di setting untuk mencuri data.

Pengertian Virus Komputer

Virus Komputer

Pengertian virus komputer menurut kebanyakan pengguna komputer adalah seperti serangan virus yang sering kita alami salah satunya adalah data flashdisk yang kosong, padahal jika di lihat pada kapasitasnya masih terdapat banyak file. Ini merupakan virus flashdisk yang tersebar di komputer banyak pengguna, virus di buat dengan berbagai macam tujuan, ada yang untuk merusak ada juga yang untuk mengambil keuntungan dari virus komputer, misalnya sebuah perusahaan penyedia antivirus komputer biasanya akan membuat virus komputer yang hanya bisa di atasi oleh produknya.

Selain contoh di atas, sebagian dari kita pasti pernah mendengar maupun melihat fenomena ‘Ramsomeware’ dimana komputer yang terserang program ini akan mengalami penguncian data yang super ketat, dan jika komputer ingin bisa di akses kembali, maka pemilik komputer harus membayar sekian bitcoin untuk di kirim ke sebuah alamat wallet tertentu, ketika ransomeware menyerang Indonesia banyak rumah sakit dan perbankan yang sistemnya lumpuh sehingga pelayananya juga terhenti, kejadian itu merupakan salah satu contoh serangan virus yang cukup heboh di Indonesia, bahkan di dunia.

Sejarah Virus Komputer

Sampai saat ini virus komputer masih menjadi sosok menyeramkan bagi semua pengguna komputer, mengingat sifatnya yang merusak, namun tahukah anda bagaimana sejarah awal di temukanya makhluk maya bernama virus ini?

Virus komputer pertama kali di temukan dalam sebuah penelitian eksperimen paling berbahaya dalam dunia komputer, yaitu di ciptakanya sebuah program yang berjalan otomatis dan menampilkan kalimat “I’M A CREEPER : CATCH ME IF YOU CAN”, program itu di namakan dengan creeper pada tahun 1970, karena pada saat itu di temukan jaringan internet global, akhirnya virus pertama itu hanya bisa bereaksi pada jaringan rumah saja.

Pengertian Virus Komputer

Sejarah Virus Komputer

Namun ketika jaringan internet global di temukan dan kemudian di gunakan secara masal oleh seluruh orang di dunia, akhirnya program virus ini bisa bergerak ke segala penjuru dunia dan menyerang segala macam komputer yang di datanginya.

Lalu bagaimana virus komputer yang tersebar lewat internet dapat masuk ke komputer kita? Banyak sekali jalur masuk virus ke komputer kita, salah satunya adalah ketika anda mendownload sebuah file dari internet, bisa saja dalam sebuah file yang anda download mengandung sebuah virus komputer, yang nantinya ketika file itu di buka, otomatis virus ‘running‘, tetapi anda tidak mengetauhinya.

Cara Kerja Virus Komputer

Secara umum virus komputer terbagi menjadi beberapa jenis, seperti trojan, worm, spyware, adware, ransomeware, malware, rootkit, backdoor, rogue dan lain sebagainya. Virus seperti di sebutkan tadi biasanya melakukan salinan diri menjadi banyak, yang mengakibatkan penumpukan data tidak penting, hasilnya adalah sumber daya anda yang semakin terkuras, seperti kapastias harddisk yang semakin berkurang, padahal anda hanya memiliki sedikit file, atau kinerja RAM yang tinggi, padahal anda tidak menjalankan banyak program, yang mengakibatkan komputer anda semakin berat ketika di jalankan.

Pengertian Virus Komputer

Cara Kerja Virus Komputer

Sampai saat ini sebagian besar virus komputer di ciptakan untuk berjalan pada sistem operasi windows, hal ini di karenakan penggunanya yang cukup banyak di dunia, hampir 95% virus komputer berbasis .exe alias extensi untuk sistem operasi windows. Sehingga pengguna sistem operasi lain menjadi lebih aman dari virus komputer, namun buka berarti pengguna sistem operasi selain windows terbebas dari virus komputer, anda harus tetap berhati-hati dalam mendownload file.

Umumnya memang jarang sekali para penjahat maya menciptakan virus untuk selain pengguna windows, karena itu hanya akan membuang-buang waktu. Karena pengguna selain windows, seperti linux memang terlalu banyak jenisnya, sehingga targetnya tidak jelas, dan pengguna machintos terlalu ketat penjagaanya oleh pihak apple. Jadi bagi anda pengguna sistem operasi windows, sampai saat ini memang anda merupakan target utama serangan berbagai macam virus komputer dengan berbagai macam tujuan.

pengertian virus komputer dan contohnya

Cara Kerja Virus Komputer

Terlepas dari efek yang di akibatnya oleh serangan virus komputer, bukan berarti program seperti ini selalu di hindari oleh pengguna komputer, karena nyatanya banyak di luar sana yang suka mengoleksi virus komputer yang di kandang dengan menggunakan alat kompres seperti RAR, ZIP dan lain sebagainya yang bertujuan supaya virus tidak bisa berjalan, lalu buat apa mereka mengoleksi virus komputer? ada yang bertujuan untuk penelitian dalam bidang crypto dan ada juga yang hanya sekedar untuk koleksi saja, dan sekali-sekali untuk mengerjai temanya.

Tips terbaik supaya kita tetap aman dari serangan virus adalah dengan cara memasang program antivirus yang paling ampuh, seperti eset, avast, smadav, dan lain sebagainya, anda bisa menyesuaikan program anti virus sesuai dengan bidang pekerjaan anda, jika data yang ada di komputer anda sangat penting, ada baiknya untuk menggunakan antivirus kelas premium dengan cara membeli lisensinya, supaya data komputer anda tetap terjamin keamananya.

Leave a Reply

Send this to a friend