Kenali Pengertian VPS Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan VPS

VPS memiliki kepanjangan Virtual Private Server. Terdengar asing memang bagi kebanyakan masyarakat umum, namun hal ini tidak berlaku bagi para developer atau orang – orang yang sudah lama berkecimpung dalam dunia web programming serta penggunaan hosting. Hal ini dikarenakan VPS memiliki peran tersendiri dalam pengelolaan website berbasis hosting server.

Sebelum membahas mengenai Virtual Private Server, kita terlebih dahulu harus memahami apa yang dimaksud dengan server. Server adalah suatu unit komputer yang bertugas sebagai penyedia layanan (service) bagi komputer – komputer lain yang dalam hal ini disebut client.

Dalam dunia website, komputer server adalah suatu komputer yang menyimpan dan mengolah data dalam website atau istilahnya adalah hosting. Jika terdapat suatu kejadian website tidak dapat diakses maka penyebab terbesarnya adalah gangguan pada server atau hostingnya.

Pengertian VPS

pengertian VPS adalah

Pengertian VPS atau Virtual Private Server adalah suatu teknologi layanan hosting (sama halnya seperti server) namun menggunakan teknologi virtualisasi server berdasarkan server fisik. Penjelasan mudahnya VPS ruang pribadi untuk website anda namun dalam bentuk virtual server (tidak nyata). Prinsip kerjanya sedikit mirip dengan shared hosting namun pada VPS ruang yang disediakan lebih besar dan virtualisasi pada setiap server. Oleh karena itu dengan memakai jasa VPS kita dapat menginstal OS atau software tambahan.

VPS tidak murni membentuk satu server secara utuh, karena memang pada dasarnya VPS lebih seperti sebuah server yang berdiri sendiri serta memiliki IP Adress, port number, tables dan routing rules sendiri – sendiri. Selain bisa menambah OS dan software anda juga dapat modify file, delete, add dan fungsi – fungsi lain.

Fungsi VPS

Fungsi VPS adalah

Setelah memahami pengertian VPS, sekarang kita beralih ke fungsinya. Terdapat 5 fungsi utama VPS yang mungkin menjadi penyebab mengapa perannya cukup vital dalam website, yakni sebagai berikut :

Penunjang website dengan trafik super tinggi

Bagi anda developer web atau blogger yang sudah lama berkecimpung dan dunia website sehingga memiliki trafik sangat tinggi mungkin sudah mulai mempertimbangkan migrasi ke VPS.

Hal ini dikarenakan ketika masih menggunakan shared hosting sedangkan trafik web anda sangat tinggi maka akan mengakibatkan adanya suspensi domain dan resource terganggu. Biasanya pengelola hosting yang anda pakai akan memberikan peringatan ketika trafik anda sudah terlalu tinggi.

Menjadi web hosting skala kecil

Ini fungsi yang biasanya dicari oleh jasa developer web ketika membuat website atau aplikasi berbasis web milik klien. Dengan VPS anda bisa menggunakannya sebagai hosting dari web – web milik klien anda dan mempunyai control penuh nantinya. Namun hal ini hanya bisa dilakukan pada skala kecil dan karena memang biasanya ketika kontrak kerja selesai klien menggunakan hosting pilihannya sendiri.

Remote Desktop

VPS yang biasanya diletakkan pada satu perangkat komputer ternyata bisa diakses tidak hanya ketika ditempatnya, namun juga bisa ketika pengguna sedang berada diluar dengan memanfaatkan remote desktop. Hal ini tentunya lebih efektif karena bisa diakses kapan pun dan dimanapun dengan catatan komputer server juga harus dijaga untuk mengkoneksikan secara remote.

Bisa digunakan sebagai file hosting

Sama halnya seperti Dropbox, Mediafire, Zippyshare, Google Drive dan media penyimpanan online lain, dengan VPS anda juga bisa memiliki medi penyimpanan milik sendiri.

Dengan kapasitas besar yang dimiliki anda bisa menyimpan file atau media dan dapat diakses pribadi maupun umum layaknya website downloader. Pada shared hosting fitur ini tidak bisa dijumpai karena media yang tersimpan hanya untuk penunjang website saja sehingga para blogger biasanya mensiasati dengan menggunakan Google Drive miliknya.

VPS menjadi VPN

Dua hal ini memang sekilas terlihat sama namun pada kenyataannya sangan berbeda. VPS adalah semacam hosting virtual atau tidak nyata sedangkan VPN atau Virtual Private Network adalah suatu jaringan khusus yang hanya bisa diakses oleh pihak – pihak tertentu.

Pengunaan VPS ini bisa dimanfaatkan layaknya VPN. Contohnya ketika sebuah perusahaan menginginkan jaringan private untuk karyawan – karyawannya saja maka dapat menggunakan VPS. Dengan ini data – data atau file penting perusahaan dapat dititipkan di VPS dan dapat diakses dengan aman oleh orang – orang tertentu saja.

Kelebihan dan Kekurangan VPS

Pengertian VPS Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Kebutuhan akan hadirnya VPS pada blog atau website memang sangat dianjurkan karena banyaknya manfaat yang dapat diperoleh. Selain memberikan kelebihan pemakaian VPS juga ternyata masih terselip kekurangan yang harus segera dipecahkan oleh pihak developer atau blogger. Contoh kelebihan dan kekurangan VPS dapat anda simak dibawah ini :

Kelebihan VPS

  • Lebih fleksibel karena dengan adanya VPS maka pengguna akan memperoleh kebebasan dalam menginstall software apapun tanpa mengkhawatirkan larangan dari penyedia hosting. Berbeda dari pemakaian shared hosting, terdapat aturan yang wajib diikuti karena ketika dilanggar pihak penyedia bisa memblokir masuk ke control panel hosting anda.
  • Pengguna VPS akan diberi akses penuh dalam hal pengelolaan servernya. Anda akan memiliki akses bebas pada direktori ROOT serta pada komponen – komponen lain yang ada dalam VPS anda.
  • Downtime akan lebih diminimalisir ketika memakai VPS. Hal ini dikarenakan akses recovery yang cukup besar, terdapat IP Public khusus serta manajemen web yang mudah dengan menggunakan control panel.

Kekurangan VPS

  • Kekurangan terbesar dari VPS mungkin terletak pada harganya. Namun hal ini pastinya cukup selaras ketika web atau bisnis anda sudah cukup berkembang sehingga memerlukan penggunaan VPS. Jika dibandingkan shared hosting memang selisih harga dari VPS amatlah besar namun sepadan pada manfaat yang diperoleh.
  • VPS juga tidak cocok untuk pemula atau yang baru sekedar coba – coba karena penggunaannya yang memang lebih susah jika dibandingkan shared hosting. Sebelum menggunakan VPS juga cukup banyak syarat yang dipenuhi serta software yang harus diinstal lebih dahulu.

Itulah pembahasan tentang pengertian VPS beserta fungsi, kelebihan dan kekurangan VPS sebagai web hosting atau keperluan lainnya. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend