Pengertian Wawasan Nusantara Beserta Tujuan, Aspek dan Hakikatnya

Pengertian Wawasan Nusantara

Pengertian Wawasan Nusantara

Tahukah anda apa yang dimaksud dengan wawasan nusantara? Wawasan nusantara merupakan kata yang asalnya dari dua kata, yaitu ‘wawasan’ dan ‘nusantara’. Secara literal, kata dari wawasan memiliki arti suatu penglihatan, pandangan, tanggap inderawi ataupun tinjauan.

Sedangkan pada kata nusantara memiliki arti suatu kesatuan dari daerah perairan dan juga gugusan beberapa pulau di Indonesia yang tempatnya terletak diantara Samudera Indonesia dan Samudera Pasifik, dan juga diantara Benua Australia dan Benua Asia.

Dengan begitu, pengertian wawasan nusantara pada umumnya dapat diartikan menjadi suatu cara pandang dari bangsa Indonesia mengenai diri dan juga lingkungannya yang sesuai dengan ide nasional yang berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila.

Dan dari hal tersebut telah mendapatkan sebuah hasil dari harapan bangsa Indonesia yaitu untuk terus mencapai suatu kemerdekaan, martabat dan sikap yang bijak agar tercapainya tujuan nasional.

Fungsi dan Tujuan Wawasan Nusantara

Sama dengan pengetahuan yang lainnya, wawasan nusantara juga memiliki fungsi dan tujuannya tersendiri. Dimana fungsi dan tujuan tersebut menjadi suatu dasar mengapa suatu wawasan nusantara dianggap penting di kehidupan masyarakat yang berbangsa dan bernegara.

Adapun fungsi dan tujuan dari wawasan nusantara yang dapat Anda lihat seperti dibawah ini :

1. Fungsi Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara mempunyai fungsi yaitu sebagai pedoman, motivasi, dorongan, beserta peraturan untuk bisa menentukan segala dari perlakuan, aksi, kebijaksanaan, dan keputusan kepada penyelenggara negara pada tingkat pusat atau wilayah maupun untuk seluruh rakyat yang ada di Indonesia di dalam kehidupan berbangsa, bermasyarakat, dan bernegara.

2. Tujuan Wawasan Nusantara

Tidak hanya memiliki fungsi, wawasan nusantara juga memiliki tujuan yang secara umum, yaitu tujuan dari wawasan nusantara terdiri atas dua tujuan, yakni tujuan ke luar dan tujuan ke dalam.

Wawasan nusantara yang memiliki tujuan ke luar yaitu dapat digunakan sebagai keikutsertaan masyarakat dalam mewujudkan perdamaian, kebahagiaan, dan ketertiban bagi semua umat manusia yang ada di bumi.

Sedangkan, wawasan  nusantara tujuan ke dalam yaitu memiliki tujuan untuk mencapai persatuan di dalam beberapa aspek kehidupan berbangsa, dari aspek sosial maupun aspek alamiah.

Aspek-aspek Wawasan Nusantara

Aspek-aspek di dalam wawasan nusantara juga dianggap sangat penting dalam kehidupan masyarakat, karena dengan aspek tersebut wawasan nusantara dapat di lihat di dalam beberapa hal.

Dimana wawasan nusantara memiliki beberapa aspek penting yang mendasar yaitu seperti aspek kewilayahan nusantara, aspek sosial budaya, aspek sejarah indonesia dan aspek falsafah pancasila. Berikut adalah beberapa aspek peting dari wawasan nusantara:

1. Aspek Kewilayahan Nusantara

Posisi geografis di Indonesia yaitu merupakan aspek dari kewilayahan nusantara yang sangat berkaitan erat dengan kebanyakan sumber daya alam, segala keragaman budaya dan suku bangsa yang ada di dalam wilayah Indonesia.

2. Aspek Sosial Budaya

Tidak hanya memiliki kewilayahan nusantara, Indonesia juga mempunyai beraneka ragam budaya, adat istiadat, bahasa, dan agama yang  berbeda-beda dari berbagai suku bangsa. Potensi dari keragaman ini menyebabkan perselisihan antar masyarakat pada saat mereka menjalin interaksi.

Karena itulah sebabnya kenapa masyarakat wajib mengetahui pengertian dari wawasan nusantara dan dijadikan sebagai tuntunan antar masyarakat dalam melakukan kegiatan komunikasi maupun interaksi.

3. Aspek Sejarah Indonesia

Negara Kesatuan Indonesia terbentuk melalui proses yang sangat panjang dan pahit. Rakyat Indonesia pastinya tidak mau lagi pengalaman sejarah ini menyebabkan perpecahan dan terulang kembali.

Oleh karena itu, kemerdekaan yang telah dicapai pada saat ini haruslah dapat dipegang teguh dan semua masyarakat wajib bersama-sama melindungi wilayahnya masing-masing.

4. Aspek Falsafah Pancasila

Pancasila yang merupakan suatu landasan dari negara Indonesia di dalamnya terdiri dari beberapa nilai-nilai yang nantinya menjadi beberapa acuan dari wawasan nusantara, yakni diantaranya yaitu :

  • Selalu mendahulukan kepentingan untuk masyarakat umum daripada kepentingan pribadi dan suatu kelompok.
  • Selalu melakukan musyawarah yang mana memiliki tujuan untuk mencapai suatu mufakat yang telah di rundingkan bersama.
  • Salah satu contoh dari Hak Asasi Manusia (HAM) yaitu suatu kebebasan pada masyarakat untuk melaksanakan ibadah menurut kepercayaan mereka masing-masing dan memegang teguh suatu agama yang telah mereka pilih untuk dianut.

Hakikat Wawasan Nusantara

Hakikat dari wawasan nusantara pada hal ini yaitu merupakan suatu kesatuan nusantara pada arti cara sudut pandang yang dapat dengan cara menyeluruh di dalam ruang lingkup nusantara demi kepentingan berbangsa dan juga bernegara.

Pada seluruh masyarakat yang terdapat di wilayah indonesia, dari pejabat pemerintah hingga warga, haruslah bersikap, berfikir, dan bertindak di dalam kepentingan bangsa dan negara Indonesia ini.

Segala produk-produk yang sudah diciptakan sebelumnya oleh lembaga negara berada di dalam ruang lingkup dan kepentingan Indonesia tidak mengesampingkan kepentingan golongan, individu, dan wilayah.

Maka dari itu, hakikat wawasan nusantara yaitu merupakan suatu kesatuan dan juga keutuhan dari daerah nasional, ataupun juga merupakan kesatuan dari wilayah maupun bangsa.

Dalam sejumlah dari butir-butir Garis Besar Haluan Negara (GBHN) pada hakikat wawasan nusantara telah menyatakan di dalam suatu perwujudan yaitu kepulaua nusantara adalah suatu persatuan dari sosial budaya, politik, pertahanan, keamanan, dan juga ekonomi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian wawasan nusantara, yang mana di dalamnya terdapat aspek-aspek wawasan nusantara, fungsi dan tujuan wawasan nusantara, dan hakikat wawasan nusantara. Semoga artikel ini dapat menjadi pedoman ataupun referensi di dalam ilmu pengetahuan yang sedang Anda cari.

Leave a Reply

Send this to a friend