Pengertian Wirausaha Beserta Tujuan, Manfaat, Ciri-Ciri dan Contoh Wirausaha

Pengertian Wirausaha 

Wirausaha adalah seseorang yang melakukan aktifitas bisnis yang dilakukan secara mandiri dalam mengalokasikan berbagai sumber daya dan upayanya untuk mensukseskan bisnis atau usaha yang sedang dijalankan.

Seorang wirausaha merupakan seseorang yang pandai dalam menyusun bisnisnya sehingga dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Seorang wirausaha harus memiliki sikap yang bijaksana dan bekerja keras serta tidak mudah putus asa. Dengan semangat yang tinggi, seorang wirausaha bisa menjalankan bisnisnya menjadi suatu bisnis yang sukses.

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Pengertian Wirausaha

Selain pengertian Wirausaha secara umum, terdapat juga beberapa ahli yang menjelaskan mengenai pengertian Wirausaha, seperti berikut:

Pengertian Wirausaha Menurut Richard Cantillon (1755)

Richard Cantillon mengatakan bahwa wirausaha adalah seorang bisa menemukan cara-cara baru atau yang bisa berinovasi dan seorang pribadi yang bisa mengembangkan sesuatu yang unik dan baru.

Pengertian Wirausaha Menurut J.B Say (1803)

Menurut J.B Say, Wirausaha adalah seorang pengusaha yang mampu dan bisa mengelola sumber-sumber daya yang dimiliki secara efektif dan efisien serta memiliki kemampuan untuk mengubah tingkat produktivitas yang rendah menjadi tinggi.

Pengertian Wirausaha Menurut Vernon A. Musselman dan John H. Jackson

Menurut Vernon A. Musselman dan John H. Jackson, Wirausaha (atau bisa disebut dengan wiraswasta) adalah menginvestasikan dan mempertaruhkan waktu, uang, dan usaha untuk dapat memulai suatu perusahaan dan menjadikannya berhasil dan sukses. Sehingga seorang wirausaha merupakan seseorang yang memiliki kemauan untuk menanggung risiko dan keberanian memulai usaha.

Pengertian Wirausaha Menurut Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz (2004)

Menurut Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz, Wirausaha adalah seorang inovator yang mampu mengubah kesempatan menjadi sebuah ide yang bisa di jual, sehingga seorang wirausaha dapat memberikan nilai tambah melalui upaya, waktu, biaya, serta kecakapan dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Pengertian Wirausaha Menurut Say (1996)

Menurut Say, Wirausaha adalah orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan koordinasi, organisasi dan pengawasan. Selain itu, Wirausaha juga memiliki pengetahuan yang luas tentang lingkungan yang terkait dengan usahanya dan dapat membuat keputusan keputusan yang tepat, dapat mengelola sejumlah modal dan tegar dalam menghadapi ketidakpastian untuk meraih keuntungan.

Pengertian Wirausaha Menurut Syamsudin Suryana

Menurut Syamsudin Suryana, Wirausaha adalah seseorang yang memiliki karakteristik percaya diri yang tinggi, berorientasi pada tugas dan hasil, pengambil resiko yang wajar, memiliki jiwa kepemimpinan yang lugas, kreatif dalam menghasilkan inovasi, serta berorientasi pada masa depan.

Tujuan Wirausaha

Tujuan Wirausaha

Dalam dunia bisnis, wirausaha memiliki beragam tujuan dengan berbeda pemahaman. Nah, berikut merupakan beberapa tujuan wirausaha yang bisa diketahui:

1. Dapat membentuk sikap pantang menyerah tidak putus asa, semangat tinggi dan optimis pada masyarakat

Dalam menjalani kehidupan, sikap yang dimiliki oleh wirausaha sangat penting untuk dimiliki. Karena hal ini dapat menjadikan kita sebagai seseorang yang akan terus berusaha dan berjuang untuk mencapai suatu tujuan bisnis yang sukses.

2. Dapat mewujudkan kemampuan wirausaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Dengan banyaknya wirausaha yang tersebar luas di Indonesia, bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena hal ini bisa menjadi suatu solusi yang baik untuk bisa mewujudkan kemampuan wirausaha yang dimiliki oleh setiap individu.

3. Meningkatkan jumlah wirausaha yang berkompeten dan kualitas bisnis yang bagus

Adanya wirausaha yang tersebar di Indonesia bisa meningkatkan jumlah wirausaha yang memiliki kompetensi yang bagus dan kualitas bisnis yang terbaik sehingga dapat membantu meningkatkan produktifitas bisnis.

4. Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang wirausaha

Adanya wirausaha dapat menjadikan kesadaran masyarakat semakin meningkat. Kesadaran masyarakat akan adanya wirausaha sangat penting agar masyarakat juga dapat berpartisipasi dalam menyukseskan bisnis tersebut.

Manfaat Wirausaha

Manfaat Wirausaha

Wirausaha ternyata memiliki banyak manfaat yang bisa berdampak pada kehidupan. Berikut merupakan beberapa wirausaha yang sering ditemui:

1. Menambah lapangan kerja

Dengan menjadi seorang wirausaha, maka kita bisa menebarkan kebermanfaatan dengan menambah lapangan kerja baru bagi orang-orang yang membutuhkan pekerjaan. Dengan adanya hal ini, bisa mengurangi angka penggangguran di Indonesia.

2. Berpeluang untuk mencapai keuntungan

Dengan menjadi seorang wirausaha dengan sebuah bisnis yang dijalankan, maka kita bisa memiliki peluang lebih besar untuk mencapai keuntungan yang lebih tinggi dengan diimbangi dengan kerja keras yang dilakukan.

3. Mengoptimalkan diri sendiri

Saat menjadi seorang wirausaha, maka kita akan berusaha untuk mengoptimalkan diri sendiri. Karena mental dan sikap akan selalu diuji dengan berbagai macam permasalahan dalam dunia bisnis.

4. Menunjukkan bahwa kita mampu

Dengan menjadi seorang wirausaha, maka kita bisa menantang diri sendiri untuk mengetahui seberapa mampu diri kita menjalankan sebuah bisnis baru.

5. Ada kesempatan untuk melakukan perubahan

Seorang wirausaha adalah orang-orang yang penuh semangat dalam mengembangkan bisnis baru. Sehingga dengan adanya hal ini kita bisa memiliki kesempatan yang lebih besar untuk melakukan perubahan.

Ciri-Ciri Wirausaha

Ciri-Ciri Wirausaha

Seorang wirausaha memiliki ciri-ciri yang bisa ditandai dengan beberapa hal. Berikut merupakan ciri-ciri wirausaha yang bisa anda ketahui:

1. Positive Thinking

Berpikiran positif menjadi salah satu ciri khas yang dimiliki oleh wirausaha. Sehingga kita bisa menangkap dan memahami situasi dengan pikiran yang positif.

2. Jiwa Pemimpin

Jiwa pemimpin tentu harus dimiliki oleh seorang wirausaha. Hal ini dikarenakan, dengan menjadi seorang wirausaha, maka kita akan menjadi seorang pemimpin bisnis atau usaha yang sedang dijalankan.

3. Orientasi ke depan dan hasil

Seorang wirausaha harus berorientasi atau berpikiran ke depan yang lebih jauh, melihat bisnis untuk jangka panjang. Selain itu juga harus berorientasi pada hasil. Sehingga dapat menentukan bagaimana keputusan yang tepat untuk dijalankan.

4. Take a risk

Seorang wirausaha harus mampu dan berani mengambil resiko akan bisnis yang dijalankan. Resiko bisnis dapat berupa hal-hal yang kurang mengenakkan seperti kerugian, kegagalan bisnis dan sebagainya.

5. Percaya diri tinggi

Sikap percaya diri menjadi salah satu kunci keberhasilan seorang wirausaha. Dengan memiliki kepercayaan diri yang tinggi, maka seorang wirausaha menjalankan bisnisnya tanpa rasa ragu.

Contoh Wirausaha

Contoh Wirausaha

Berikut merupakan contoh wirausaha dalam kehidupan sehari-hari:

1. Mendirikan bisnis kuliner

Salah satu bidang wirausaha yang marak dilakukan adalah bisnis kuliner. Menjajakan bisnis kuliner memiliki peluang besar untuk berhasil. Dan dengan menjalankan bisnis ini, anda sudah bisa dianggap sebagai seorang wirausaha.

2. Wirausaha bidang jasa

Wirausaha dalam bidang jasa dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya perbaikan komputer, jasa SEO, dan sebagainya.

3. Wirausaha jual beli

Dalam bidang jual beli, wirausaha bisa dilakukan dengan contoh misalnya mendirikan sebuah toko untuk menjual peralatan elektronik atau yang lainnya.

Nah, dengan beberapa informasi mengenai pengertian wirausaha akan lebih mudah dipahami ketika anda telah mendapatkan informasi dasar-dasar tentang wirausaha. Dengan demikian anda bisa memahami bagaimana seorang wirausaha yang seharusnya. Sehingga bisnis yang anda jalankan bisa sukses. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend