• Our Partners:

Pengertian Work From Home

Kenali Pengertian Work From Home Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Beberapa bulan terakhir ini seluruh dunia sedang diserang oleh pandemi covid-19. Merebaknya virus ini membuat setiap orang harus selalu berada di rumah mulai dari anak sekolah hingga para pekerja atau karyawan.

Pemerintah menyuruh semua orang untuk selalu di rumah, sehingga semua aktivitas sekolah atau pekerja harus dari rumah. Sehingga muncullah kebijakan Work From Home. Apa itu Work From Home?

Pengertian Work From Home

WFH atau singkatan dari work from home yang artinya adalah bekerja dari rumah. Secara umum, biasanya work from home diartikan dengan cara kerja pegawai atau karyawan yang berada di luar kantor. Baik itu dari rumah, dari restoran, cafe atau tempat lainnya sesuai dengan keinginan karyawan itu sendiri.

Namun untuk saat ini dengan adanya pandemi, konsep dari work from home adalah konsep kerja dimana para karyawan atau pegawai benar – benar melakukan atau menyelesaikan pekerjaannya dari rumah. Dengan melakukan semua pekerjaan dari rumah, maka secara tidak langsung jam kerja yang biasanya teratur sekarang menjadi fleksibel bagi para karyawan.

Sistem kerja work from home memang mempunyai fleksibilitas yang tinggi. Tidak hanya itu saja, dengan bekerja dari rumah para karyawan juga mendapatkan keseimbangan antara pekerjaan dan juga kehidupan, dan tentunya membantu perusahaan dalam menyelesaikan pekerjaan.

Konsep work from home ini sudah banyak digunakan, mulai dari perusahaan swasta hingga perusahaan milik negara. Dengan konsep ini, diharapkan juga dapat membantu menyelesaikan masalah pandemi covid-19 yang sedang terjadi di negeri ini.

Kelebihan dan Kekurangan Work From Home

Sebelum munculnya pandemi covid-19 di negeri ini, konsep kerja work from home sebenarnya sudah ditawarkan ke karyawan atau pegawai perusahaan baik swasta maupun negeri.

Tapi, karena konsep ini masih mempunyai kekurangan, konsep ini masih belum diterapkan saat pandemi belum menyerang. Selain memiliki kekurangan, konsep ini tentunya juga memiliki kelebihan. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari konsep work from home.

Kelebihan Work From Home

Pengertian Work From Home Adalah

1. Lebih fleksibel dalam menyelesaikan pekerjaan

Kelebihan pertama dari konsep work from home adalah lebih fleksibel. Saat work from home para karyawan bisa bekerja dimana saja dari rumah, baik itu di ruang tamu, ruang makan, ruang tidur, teras rumah, dan lain sebagainya. Karyawan dapat menyesuaikan sendiri tempat nyaman mereka saat bekerja di rumah.

Berbeda saat di kantor, mereka harus bekerja dibalik meja dan kursi khusus sehingga membuat rasa mood menjadi cepat bosan. Selain fleksibel tempat, work from home juga fleksibel waktu tentunya.

Dengan bekerja dari rumah, karyawan tidak perlu mengikuti jam masuk kantor untuk menyelesaikan pekerjaan. Bisa saja saat bangun pagi langsung membuka laptop dan mencicil pekerjaan. Dan tidak perlu terpaku lagi dengan sistem jam 8 – 5 atau 9 – 6.

2. Hemat biaya transportasi

Keuntungan dari konsep work from home berikutnya adalah para karyawan tidak harus mengeluarkan uang untuk membayar biaya bensin atau ongkos transportasi. Sehingga karyawan bisa menghemat uang dan juga dapat menghemat waktu perjalanan juga.

Bagi Anda yang mungkin selalu terjebak macet saat menuju kantor, dengan konsep work from home tidak ada lagi yang namanya macet, sehingga Anda pun bisa meminimalisir tingkat stress yang dulunya sering Anda alami saat di jalan.

3. Produktivitas meningkat

Keuntungan berikutnya adalah produktivitas semakin meningkat. Pemicu stress selain dari kemacetan lalu lintas, menumpuknya pekerjaan juga menjadi pemicu stress. Jika Anda termasuk tipe orang yang bisa mengelola waktu dengan baik, konsep work from home tidak akan menjadi masalah pastinya.

Saat stress tidak menjadi beban, tentunya produktivitas dalam kerja juga akan meningkat. Sehingga Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dalam waktu singkat. Saat Anda bekerja dari rumah, sebaiknya hindari ruang tidur agar rasa malas tidak datang menghantui Anda.

4. Memperoleh kepuasan kerja
Dengan konsep work from home, para karyawan bisa menyelesaikan pekerjaannya lebih cepat dan efektif. Sehingga kepuasan kerja bisa menjadi nilai tambah. Saat hari ini Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dengan sangat baik, keesokannya pasti Anda akan menjadi lebih bersemangat lagi. Dengan adanya kepuasan kerja, maka produktivitas semakin meningkat dan loyalitas karyawan terhadap perusahaan juga semakin meningkat.

5. Kehidupan lebih seimbang
Keuntungan lainnya dari work from home adalah kehidupan para karyawan menjadi lebih seimbang. Terkadang dengan banyaknya tuntutan pekerjaan yang harus diselesaikan menjadikan para karyawan kehilangan keseimbangan kehidupannya antara dunia kerja dan kehidupan pribadi.

Tapi, dengan konsep work from home, para karyawan bisa dengan mudah menyeimbangkan kehidupannya. Para karyawan bisa mempunyai banyak waktu luang, baik itu hanya me-time ataupun berkumpul dengan teman dan keluarga.

6. Terhindar dari distraksi di tempat kerja
Keuntungan yang terakhir adalah terhindarnya dari distraksi. Jika di kantor banyak ditemukan distraksi, seperti suara orang yang sedang menelepon, suara orang berbicara, rapat sana sini yang harus memakan waktu, dan lain sebagainya.

Tapi, saat bekerja dari rumah Anda dapat menciptakan suasana yang lebih nyaman, aman, dan kondusif. Anda bisa bekerja di teras rumah, atau di ruang tamu dengan camilan yang menemani serta iringan melodi yang dapat menambah tingkat konsentrasi Anda. Sehingga Anda pun dapat terhindar dari segala macam bentuk distraksi yang tidak diinginkan.

Kekurangan Work From Home

Pengertian Work From Home dan Kelebihannya

1. Kehilangan motivasi kerja

Kekurangan dari konsep work from home adalah hilangnya motivasi kerja. Kehilangan motivasi kerja bisa dirasakan karena suasana kerja yang mungkin tidak seperti yang diharapkan atau suasana rumah yang tidak seperti kantor, atau mungkin karena terdistraksi adanya sosial media atau hiburan lainnya.

Jika Anda sudah mulai merasa kehilangan semangat atau motivasi kerja, sebaiknya Anda beristirahat sebentar atau relaksasi diri dan tidak memaksakan diri. Karena jika tetap dipaksakan, maka mood bekerja Anda pun akan semakin hilang.

2. Biaya listrik dan internet di rumah membengkak

Kekurangan berikutnya adalah semakin tinggi biaya internet dan listrik di rumah. Saat Anda bekerja di kantor, pastinya seluruh biaya listrik dan internet adalah tanggungan perusahaan. Lain halnya saat Anda bekerja dari rumah, kemungkinan biaya internet dan listrik akan meningkat karena dipakai secara terus menerus.

Untuk meminimalisir tagihan yang membengkak, ada baiknya Anda sudah mempunyai budget khusus untuk biaya internet dan listrik.

3. Timbul masalah keamanan data

Kekurangan berikutnya adalah bisa timbul masalah terhadap keamanan data. Koneksi internet di rumah dan di kantor tentunya berbeda. Jika saat di rumah Anda menggunakan wifi publik, Anda harus berhati – hati saat mengaksesnya agar tidak timbul masalah dengan keamanan data Anda.

Ada baiknya saat menggunakan wifi publik gratis tidak memberikan alamat email atau nomor ponsel Anda karena bisa saja menimbulkan masalah pada keamanan data Anda. Selalu gunakan password pada laptop Anda dan selalu berhati – hati saat membuka dokumen.

4. Komunikasi yang kurang lancar dengan rekan

Umumnya rapat atau meeting di kantor dilakukan pada satu ruangan khusus dengan tatap muka. Tapi, saat bekerja dari rumah rapat atau meeting pun harus menggunakan teknologi agar tetap bisa berkomunikasi dengan karyawan lainnya.

Dengan memanfaatkan teknologi, sebenarnya komunikasi semakin lancar akan tetapi komunikasi dengan tatap muka secara langsung bagi sebagian orang dirasa lebih baik dibandingkan bertemu secara virtual. Tapi, jika Anda tetap ingin melakukan rapat dengan komunikasi jarak jauh, gunakan aplikasi video conference seperti Google Meet, Skype, Zoom, dan lain sebagainya.

5. Stress karena tuntutan pekerjaan
Dengan bekerja dari rumah bukan berarti pekerjaan semakin sedikit. Tak jarang ada beberapa perusahaan malah memberikan beban pekerjaan yang lebih bagi para karyawannya saat bekerja dari rumah. Sehingga membuat Anda atau karyawan menjadi lebih cepat stress karena tuntutan pekerjaan yang begitu banyak. Selalu jaga tubuh dan pikiran Anda saat bekerja dari rumah.

6. Tidak semua pekerjaan bisa dilakukan dengan konsep ini
Sesungguhnya tidak semua pekerjaan bisa menerapkan konsep kerja work from home seperti yang sudah dianjurkan oleh pemerintah. Misalnya saja para pekerja restoran. Jika restoran tutup maka karyawan pun tidak akan memiliki pendapatan. Jadi, hanya perusahaan atau pekerjaan tertentu saja yang bisa menggunakan konsep work from home.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang apa itu work from home, beserta kelebihan dan kekurang work from home. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend