Pengguna Hangout Marah Karena Dipaksa Google Beralih ke Chat

Pengguna Hangout Marah Karena Dipaksa Google Beralih ke Chat

NESABAMEDIA.COMSuka atau tidak, kematian Hangout benar-benar sedang berlangsung. Sebelumnya telah dilaporkan soal adanya transisi yang sedang berlangsung ke Google Chat, karena pengguna sekarang diminta untuk beralih aplikasi sebelum sign out dari akun mereka dan beralih ke perpesanan langsung di Gmail. 

Karena semakin banyak basis pengguna Hangouts dipaksa untuk meninggalkan aplikasi yang sebelumnya menjadi pilihan utama, aplikasi Google Chat itu pun mendapatkan penilaian yang sangat buruk dari pengguna. 

Saat ini, aplikasi Google Chat mendapatkan rating 2.8, dengan sebagian besar ulasan terbaru diberi bintang 2 dan bahkan hanya 1. Komentar buruk itu pada awalnya dinilai salah tempat dan hanya luapan emosi semata, namun ternyata sebagian besar keluhan yang ditujukan ke Google di sini tampaknya valid. 

Sampai sekarang, aplikasi Google Chat masih belum mencapai paritas fitur dengan layanan yang digantikannya. Banyak ulasan menunjukkan bahwa aplikasi itu tidak memiliki opsi penyesuaian, dukungan SMS, stiker, dan browser galeri khusus untuk melampirkan gambar. Buruknya lagi, aplikasi itu bahkan tidak mendukung pengiriman lebih dari satu gambar dalam satu pesan.

Ini bukan pertama kalinya Google mengganti aplikasi yang sudah ada dengan yang baru tanpa kecocokan atau memiliki kemampuan setara, meski pengecualian terjadi pada aplikasi seperti YouTube Music. Sepertinya Google juga tidak menjanjikan untuk bisa menghadirkan fitur yang hilang ke aplikasi Chat ini.

Menanggapi banyaknya ulasan yang buruk, Google pun memberikan respon dengan mengatakan:

“Halo pengguna. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk memberikan masukan. Kami menyesal mendengarnya. Kami akan menyampaikan ini kepada tim sehingga mereka dapat meninjau dan membuat aplikasi Google Chat menjadi lebih baik. Kami meminta Anda mengirimkan masukan dalam aplikasi Chat dengan mengklik tombol Menu lalu ‘Help & Feedback’ dan ketuk ‘Send Feedback’. Terima kasih!

Ini adalah pernyataan yang tidak jelas, tanpa janji untuk membawa peningkatan signifikan pada aplikasi. Pada akhirnya, aplikasi Chat tetap menjadi platform yang berfokus pada bisnis, dan keputusan untuk memindahkan sejumlah besar pengguna reguler ke sana tanpa menghilangkan salah satu hal yang paling dikeluhkan adalah sebuah kesalahan. 

Beberapa keluhan memang telah mendapatkan perbarikan, namun aplikasi perpesanan apa pun, terlepas dari apakah itu untuk perusahaan atau tidak, harus memiliki fitur yang memungkinkan pengguna bisa memilih gambar dari galeri.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend