Update iOS versi 13.5.1 Bikin Boros Baterai

Pengguna Protes Update iOS versi 13.5.1 Bikin Baterai Boros

NESABAMEDIA.COMBanyak pengguna ponsel iPhone meramaikan postingan di Forum Komunitas milik Apple dan juga Reddit untuk mengeluhkan daya baterai ponsel mereka yang tiba-tiba menjadi sangat boros. Mereka menyebut borosnya baterai ada kaitannya dengan aplikasi musik dan adanya aktivitas latar belakang yang cukup besar. Hal ini terjadi setelah pembaruan iOS ke versi 13.5.1.

Para pengguna tersebut diketahui menggunakan iOS versi terbaru yakni 13.5.1 baik menggunakan ponsel seri terbaru ataupun lama. Baterai mereka menjadi cepat habis ketika aplikasi musik tidak mereka gunakan.

Dalam beberapa kasus pengguna menemukan jika terjadi lonjakan aktivitas cukup besar pada aplikasi latar belakang selama kurun waktu tertentu. Meski aplikasi-aplikasi itu tidak dipergunakan dalam waktu yang lama.

User Mojo06 misalnya yang mengatakan jika dia baru saja membeli iPhone 11 beberapa waktu yang lalu. Dia merasa baterai ponselnya itu tiba-tiba cepat habis. Dia juga sama sekali tidak menggunakan aplikasi musik sejak dirinya membeli ponsel itu.

Aplikasi Musik iOS Baterai Boros

Aplikasi Musik iOS Baterai Boros

Namun ketika melakukan pengecekan, dia menemukan aplikasi musik sudah berjalan di latar belakang sejak 18 jam yang lalu dan menghabiskan 95 persen baterainya. Tak hanya itu, ponselnya juga menjadi panas sejak aplikasi itu berjalan dengan sendirinya.

Hal yang serupa juga dikeluhkan oleh pengguna bernama Brianwpi. Dia mengeluhkan ponselnya tiba-tiba menjadi sangat panas. Kemudian dia mematikan aplikasi Background App Refresh dan melakukan restart pada ponselnya. Brianwpi mengaku baru saja melakukan pembaruan pada iOS ke versi 13.5.1 dan permasalahan ini pun muncul. Karena baterainya menjadi sangat boros, dia harus beberapa kali melakukan recharge untuk menjaga baterainya tetap penuh.

Permasalahan pada aplikasi musik yang menyedot banyak baterai sebenarnya pernah dilaporkan pada bulan April yang lalu. Namun kasusnya semakin melonjak setelah adanya pembaruan iOS ke versi 13.5.1. Kemungkinan besar Apple melakukan pembaruan pada sisi server mereka sehingga permasalahan ini muncul.

Beberapa pengguna juga menyarankan sebuah solusi yang bisa dilakukan sebagai solusi sementara hingga pihak Apple melakukan perbaikan. Cara yang bisa dilakukan adalah :

  • Matikan aplikasi musik
  • Restart ponsel
  • Hapus aplikasi musik dan lakukan instalasi ulang
  • Matikan fitur Download Otomatis melalui halaman pengaturan
  • Matikan pengaturan musik pada fitur Background App Refresh di halaman pengaturan
  • Matikan koneksi internet
  • Batalkan semua proses download yang ada di Music Library

Banyak pengguna mengaku penggunaan baterai mereka kembali normal setelah melakukan cara di atas. Beberapa bahkan memilih untuk menghapus aplikasi musik mereka. Namun bagi pengguna yang sudah berlangganan premium, cara ini tidak disarankan.

Tags:,

Leave a Reply

Send this to a friend