10 Perangkat Keras yang Digunakan untuk Akses Internet, Lengkap dengan Fungsinya!

Kehadiran internet menyebabkan kehidupan manusia menjadi lebih modern. Hal ini ditandai dengan kepraktisan yang dirasakan manusia dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan menggunakan teknologi internet. Mulai dari kepraktisan dalam berkomunikasi, kegiatan belajar, memperoleh informasi hingga kegiatan berbisnis yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Kebanyakan orang mengira dengan menghubungkan modem ke komputer atau menghubungkannya ke jaringan WiFi maka Ia bisa menikmati jaringan internet sepuasnya. Anggapan itu tidaklah salah. Namun, perlu Anda ketahui bahwa masih ada beberapa perangkat yang bisa digunakan untuk menghubungkan komputer atau PC ke jaringan internet.

Perangkat Keras Internet

Secara umum, terdapat 2 perangkat yang kita butuhkan agar dapat mengakses jaringan internet, yakni perangkat keras internet dan perangkat lunak internet. Perangkat keras ini perangkat yang memiliki wujud fisik yang nayata dan bisa dipegang, sedangkan perangkat lunak adalah program atau aplikasi yang digunakan untuk menikmati fasilitas yang ada di internet.

Dalam artikel kali ini saya akan berfokus pada pembahasan perangkat keras internet saja. Apa saja perangkat keras tersebut? Nah, Anda akan mengetahui perangkat keras yang digunakan untuk mengakses internet berikut ini.

1. KomputerPerangkat Keras Internet - Komputer

Komputer merupakan perangkat yang paling mendasar untuk mengakses internet. Seperti yang diketahui bahwa didalam komputer terdapat berbagai jenis hardware yang terpasang. Ketika mengakses internet, ada beberapa perangkat yang bekerja, seperti processor, RAM, hardisk dan VGA Card.

Standar komputer yang bisa digunakan untuk mengakses internet adalah memiliki processor minimal 500 MHz dengan menggunakan Pentium III, memiliki minimal RAM atau media penyimpanan sementara sebesar 64 MB, memiliki VGA Card dengan spesifikasi minimal 4 MB. Yang perlu diingat adalah semakin besar spesifikasi yang dimiliki komputer, maka akan semakin cepat pula koneksi internet yang dihasilkan.

2. Laptopperangkat laptop

PC memiliki kedudukan yang sama dengan komputer, yakni menjadi perangkat utama yang harus disediakan untuk mengakses internet. Bedanya, PC dirancang dengan ukuran yang lebih minimalis sehingga mudah untuk dibawa kemanapun. Sedangkan komputer dirancang dengan perangkat yang masing-masing terpisah sehingga tidak memungkinkan untuk dibawa.

Spesifikasi PC yang dgunakan untuk mengakses internet sama seperti halnya komputer. Kualitas layar monitor juga tidak kalah penting diperhatikan ketika akan memanfaatkan internet. Semakin tinggi spesifikasi monitor maka semakin baik motior mampu memvisualisasikan data yang ditampilkan.

3. HandphonePerangkat Keras Internet Handphone

Telepon genggam atau sering disebut handphone (HP) merupakan perangkat elektronik yang digunakan dalam bidang telekomunikasi. Dengan kata lain, handphone ini memiliki fungsi yang sama dengan telepon konvensional.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman handphone diciptakan sedemikian rupa agar mudah dibawa kemana saja (portable) tanpa harus dihubungkan ke kabel telepon. Selain itu, handphone juga dilengkapi dengan kecanggihannya yakni menggunakan teknologi wireless network.

Hingga saat ini, handphone dilengkapi dengan berbagai fitur canggih dan menjadikannya sebagai ponsel pintar (smartphone). Smartphone ini dilengkapi dengan sistem operasi (operating system) sehingga  memiliki kemampuan yang sama layaknya sebuah komputer atau PC. Salah satu fitur canggih smartphone adalah adanya fitur internet connection yang bisa memudahkan penggunanya untuk saling terhubung dengan dunia maya, seperti web browser, media sosial dan sebagainya.

4. Modemperangkat modem

Modem adalah perangkat keras yang dapat digunakan untuk melakukan koneksi ke jaringan internet. Modem itu sendiri merupakan kependekan dari modulator de modulator. Modulator yang memiliki fungsi sebagai pengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa (carrier) untuk dikirimkan kepada pengguna melalui device tertentu.

Sedangkan demodulator yang memiliki fungsi sebagai proses penerimaan kembali data yang telah dikirim. Dengan demikian, dalam proses ini data akan dipisahkan berdasarkan frekuensi tinggi dan mengubah data yang bersifat analog kedalam bentuk digital agar terbaca oleh komputer atau PC.

Berdasarkan letaknya, modem terbagi menjadi dua jenis yakni modem eksternal dan modem internal. Modem internal modem yang dipasang pada slot mainboard komputer. Akan tetapi, modem ini sangat jarang digunakan karena tidak adanya lampu indikator yang menandakan status dari modem.

Sedangkan modem eksternal merupakan modem yang berada di luar komputer. Modem ini dihubungkan melalui port USB (Universal Studio Bus) yang ada di setiap komputer. Selain itu, modem ini praktis untuk dibawa kemanapun dan mudah untuk mendeteksi statusnya karena ada lampu indikator.

5. LAN Cardperangkat LAN Card

LAN Card atau seirng disebut dengan NIC (Network Interface Card) merupakan suatu perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih komputer dalam suatu jaringan, khususnya jaringan LAN. LAN (Local Area Network) merupakan jaringan yang hanya mencakup wilayah yang cakupannya tidak luas, misalnya jaringan yang berada dalam satu gedung atau ruangan.

Perangkat ini dapat terhubung dengan jaringan melalui alamat MAC yang telah disediakan. Dengan adanya perangkat ini memungkinkan komputer dapat saling bertukar data satu dengan yang lainnya dan juga dapat mengakses perangkat lain, seperti printer.

6. Wireless Adapter CardPerangkat Keras Internet Wireless Adapter Card

Wireless Adapter Card atau dikenal dengan WLAN Card merupakan suatu perangkat yang terpasang menjadi satu dengan motherboar komputer/PC. Perangkat ini berufngsi untuk menerima dan membagikan sinyal konektivitas ke komputer. Dengan adanya perangkat ini, komputer dapat menerima dan mengirim data ke komputer lain melalui jaringan WiFi.

Umumnya, WLAN Card dapat beroperasi dalam dua jenis mode yakni mode infrastruktur dan mode ad-hoc. Pada mode infrastruktur, access point menjadi media untuk melakukan transfer jaringan. Sedangkan pada mode ad-hoc tidak memerlukan access point, melainkan langsung terhubung dengan semua perangkat wireless.

7. Kabel Jaringankabel jaringan

Kabel jaringan merupakan kabel yang dirancang khusus sebagai media transmisi data dalam sistem jaringan komputer. Kabel ini akan menghubungkan beberapa komputer yang memiliki jaringan internet agar dapat menciptakan komunikasi antar komputer.

Terdapat beberapa jenis kabel jaringan yang digunakan, yaitu kabel coaxial, kabel twisted pair dan kabel fiber optic. Penggunaan kabel ini dirasa lebih efektif untuk menjangkau daerah yang terpencil dalam pembangunan sebuah jaringan.

8. Routerrouter

Router merupakan perangkat yang memiliki fungsi yang sama dengan bridge atau penghubung, dimana menghubungkan dua jaringan atau lebih untuk dapat mendistribusikan paket data satu dengan yang lainnya, baik itu dalam satu jaringan yang sama ataupun berbeda.

Selain itu, router juga berfungsi sebagai perangkat untuk mengirimkan paket data melalui jaringan dari satu komputer ke komputer lainnya atau dikenal dengan proses routing. Setiap router dirancang dengan fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol) dan diatur sehingga dapat mendistribusikan IP address ke semua komputer yang terhubung ke router tersebut.

9. Switch / Hubswitch

Switch adalah suatu perangkat jaringan yang memiliki fungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan dengan pengalihan alamat MAC yang dimiliki. Atau dalam pengertian lain, switch digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer yang membutuhkan bandwidth yang cukup besar.

Berbeda dengan hub, switch hanya mengirimkan paket data ke alamat komputer yang dituju saja. Sedangkan hub mengirmkan paket data ke semua komputer yang terhubung ke perangkat tersebut. Switch juga memanajemen arus data dengan mencari jalur yang optimal untuk melakukan pengiriman data ke tujuannya.

10. Repeaterrepeater

Sesuai dengan namanya, repeater merupakan suatu perangkat jarigan yang digunakan untuk menerima sinyal yang kemudian dikrimkan kembali dalam daya yang cukup besar. Artinya, repeater berfungsi sebagai penguat sinyal agar sinyal yang dikirim sama dengan sinyal aslinya. Biasanya, pernagkat ini digunakan untuk menjangkau jaringan yang cukup luas dan jauh.

Demikianlan penjelasan singkat mengenai beberapa macam perangkat yang digunakan untuk terhubung ke jaringan internet. Dengan perkembangan teknologi yang begitu canggih diharapkan mampu mendatangkan dampak yang positif dalam kehidupan. Semoga artikel diatas bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend