Perbedaan Software dan Aplikasi

4 Perbedaan Software dan Aplikasi yang Perlu Diketahui

Banyak orang yang menganggap bahwa software dan aplikasi merupakan program yang sama. Padahal sebenarnya software dan aplikasi merupakan dua hal yang berbeda. Anggapan ini masih berlanjut hingga sekarang karena mungkin orang-orang tersebut tidak mau mencari informasi tentang keduanya.

Untuk itu, di bawah ini kami akan memberikan informasi yang sangat penting. Kami akan menjelaskan kepada Anda tentang apa saja perbedaan antara software dan aplikasi.

Perbedaan Software dan Apikasi yang Harus Anda Ketahui

Perbedaan Software dan Apikasi yang Harus Anda Ketahui

1. Pengertian

Pembahan pertama mengenai perbedaan antara software dan aplikasi akan kami mulai dengan menjelaskan pengertiannya terlebih dahulu. Dalam bahasa Indonesia, software memiliki arti perangkat lunak. Software merupakan kompulan program yang di dalamnya berisi instruksi atau perintah untuk komputer. Perangkat lunak tersebut merupakan sistem operasi dan juga berbagai program yang terkait.

Sementara itu, aplikasi adalah software komputer yang digunakan untuk mempermudah pengguna di dalam menjalankan berbagai tugas yang ada di komputer. Aplikasi berbeda dengan software. Aplikasi dapat diakses oleh user serta pengguna pun juga bisa menjalankan aplikasi tersebut di komputer. Selain itu, aplikasi dapat dijalankan karena adanya interaksi dengan pengguna.

2. Instalasi

Perbedaan yang kedua antara software dan aplikasi adalah terletak pada bagian instalasinya. Hal ini berkaitan dengan durasi atau waktu yang diperlukan untuk melakukan instalasi baik kepada perangkat lunak maupun aplikasi. Pada dasarnya, proses instalasi software memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan ketika Anda menginstal aplikasi. Bahkan waktu instalasi software bisa memakan waktu sampai berjam-jam.

Di sisi lain, waktu yang diperlukan untuk instalasi aplikasi cenderung lebih cepat. Biasanya hanya berlangsung beberapa menit saja. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ternyata perbedaan durasi instalasi di antara keduanya disebabkan karena ada beberapa kode yang terdapat di antara kedunya juga berbeda.

3. Fungsi

Dari segi fungsi untuk komputer, software dan aplikasi juga memiliki perbedaan. Software memiliki peran yang cukup besar untuk komputer. Perangkat lunak mengatur semua hardware yang terpasang ke komputer agar dapat digunakan secara simultan.

Software juga berfungsi untuk menghubungkan antara perangkat lunak yang lainnya dengan hardware. Perangkat lunak tersebut juga berfungsi sebagai penerjemah yang akan menerjemahkan berbagai perintah ke dalam bahasa yang dapat dipahami oleh perangkat keras.

Sementara itu, aplikasi berperan sebagai pendukung dalam menjalankan sebuah software. Itu artinya, tanpa adanya perangkat lunak maka aplikasi tersebut tidak bisa dijalankan. Sebaliknya, jika tidak ada aplikasi maka software masih tetap bisa berjalan.

4. Ukuran File

Perbedaan software dan aplikasi yang juga harus Anda ketahui adalah berkaitan dengan ukuran file. Sebuah perangkat lunak bisa memiliki ukuran yang mencapai 1 GB dan bahkan bisa lebih.

Sementara itu, aplikasi memiliki ukuran yang cenderung lebih kecil yaitu sekitar ratusan MB. Perbedaan tersebut disebabkan karena software tersusun dari kumpulan aplikasi yang saling berhubungan. Hal ini mengakibatkan ukuran software yang lebih besar. Sementara file-file aplikasi hanya berperan sebagai file pendukung.

Leave a Reply

Send this to a friend