Kenali Perbedaan Video 30FPS dengan 60FPS Secara Singkat

Kenali Perbedaan Video 30FPS dengan 60FPS Secara Singkat

Apakah Anda tahu perbedaan video 30fps dengan 60fps? Sebelum kita membahas hal tersebut, kita akan membahas tentang apa itu FPS. FPS merupakan singkatan dari Frame per Second yang merupakan sebuah satuan yang digunakan untuk menunjukkan frame dalam waktu satu detik. Adapun frame adalah gambar statis atau gambar yang tidak bergerak.

Dengan kata lain, pengertian FPS adalah jumlah dari gambar yang menyusun gerakan dalam satu detik. Anda perlu mengetahui bahwa pada dasarnya video terdiri dari kumpulan gambar yang tidak bergerak. Gambar-gambar tersebut saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya di dalam sebuah frame tertentu.

Maka dari itu gambar-gambar tersebut seolah-olah bergerak pada saat diputar dalam waktu yang cepat. Itu artinya, video merupakan kumpulan gambar tidak bergerak namun diputar dalam waktu sangat cepat sehingga gambar-gambar tersebut seolah-olah sedang bergerak.

Apa Perbedaan Video 30FPS dengan 60FPS

Apa Perbedaan Video 30FPS dengan 60FPS

Setelah Anda mengetahui dan memahami definisi dari FPS, maka kita masuk ke pembahasan selanjutnya. Seperti yang Anda lihat pada judul bahwa kita sekarang akan membahas apa perbedaan antara video 30fps dan 60fps.

Untuk video 30fps, video ini bisa kita artikan bahwa terdapat 30 gambar yang membentuk sebuah gerakan pada video tersebut dalam 1 detik. Itu artinya, terdapat 30 gambar yang dipercepat selama 1 detik.

Sama halnya dengan 60fps yang menandakan bahwa terdapat 60 gambar yang membentuk sebuah gerakan pada video tersebut dalam 1 detik. Artinya, ada 60 gambar yang dipercepat selama 1 detik (60 second).

30FPS dengan 60FPS, Mana yang Terbaik?

Jika Anda bertanya antara video dengan 30fps dan 60fps mana yang lebih baik, maka jawaban dengan berdasarkan jumlah frame rate-nya tentu saja video yang mempunyai fps lebih banyak.

Dengan kata lain, ketika Anda membandingkan video yang direkam menggunakan pengaturan 30fps dan juga 60fps, maka sudah jelas jawabannya adalah video yang direkam dengan 60fps memiliki kualitas yang lebih baik.

Jika Anda mengamati kualitas video tersebut, maka Anda bisa merasakan kualitas video yang lebih lembut, halus, dan lebih jelas dibandingkan dengan video yang direkam pada 30fps. Akan tetapi, bagi Anda yang menggunakan kamera handphone maka ada hal yang perlu Anda pahami. Memang jumlah frame rate yang tinggi mampu menghasilkan video dengan kualitas gambar yang bagus.

Akan tetapi Anda juga perlu memperhatikan bahwa semakin tinggi frame rate tersebut, maka semakin bagus pencahayaannya. Jadi, ketika Anda menemukan bahwa video dengan 60fps kualitasnya kurang baik dibandingkan dengan video dengan 30fps, kemungkinan besar ada di faktor cahaya. Untuk itu, pastikan pencahayaan sekitar tempat perekaman sudah memadai sehingga video yang Anda rekam pun mampu menunjukkan kualitasnya.

Demikian informasi yang bisa kami berikan tentang pengertian dan perbedaan video 30fps dengan 60fps. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend