Performance Mode, Fitur Baru Andalan Browser Edge di Windows 10

Performance Mode, Fitur Baru Andalan Browser Edge di Windows 10

NESABAMEDIA.COMBrowser Microsoft Edge telah mengalami peningkatan popularitas dalam beberapa bulan terakhir berkat banyaknya tambahan fitur baru, sehingga para pengguna pun memilih untuk beralih dari Google Chrome ataupun Mozilla Firefox.

Sepertinya, Microsoft tidak berhenti sampai di situ saja, karena sebuah fitur baru dilaporkan juga sedang dikembangkan yang digadang-gadang akan menjadikan browser Edge lebih baik daripada para kompetitornya. Fitur baru itu adalah Performance Mode.

Fitur Performance Mode terbaru itu akan memungkinkan pengguna untuk melakukan optimasi kecepatan web saat menjelajah dunia maya, meningkatkan responsivitas, dan juga tentunya mengurangi penggunaan sumber daya CPU, RAM serta menghemat penggunaan baterai. 

Fitur ini tentunya akan memberikan keuntungan kepada para pengguna yang seringkali menggunakan browser web sembari membuka aplikasi lain, termasuk bermain game secara bersamaan. Secara garis besar, fungsi dari fitur Performance Mode itu juga akan mampu mengosongkan ruang untuk digunakan saat pengguna membutuhkan performa terbaik.

Tampaknya, fitur baru itu memiliki kaitan dengan fitur Sleeping Tabs yang telah diperkenalkan oleh Edge di tahun 2020 lalu, yang memungkinkan tab browser untuk tidur ketika tidak aktif digunakan, sehingga mengurangi penggunaan RAM dan CPU. Fitur tersebut terbukti lebih canggih daripada fitur setara yang ditawarkan oleh browser Chrome, serta lebih efisien dalam mengurangi penggunaan RAM.

Fitur Performance Mode saat ini hanya tersedia untuk browser Microsoft Edge versi Canary 91 atau versi pengujian untuk beberapa pengguna terpilih, dan kemungkinan akan bisa digunakan untuk pengguna publik di akhir tahun 2021 ini. 

Beberapa pengguna yang memiliki kesempatan melakukan pengujian, menyoroti adanya perbedaan yang sangat mencolok, di mana browser Edge akan memaksa tab dalam mode tidur jika tidak digunakan selama lima menit, ketika Performance Mode diaktifkan. Hal ini berbeda dengan fitur Sleeping Tabs yang sudah ada, yang akan menidurkan tab dalam beberapa jam setelah tidak digunakan. Pengguna pun masih bisa mengaktifkan kembali tab hanya dengan memilihnya, sehingga tidak hilang dari layar.

Peningkatan dalam penghematan sumber daya CPU dan baterai juga sangat terasa, termasuk adanya perubahan kinerja lainnya seperti fitur yang secara otomatis akan mendeteksi aktivitas yang dianggap sistem terlalu meminta banyak sumber daya di latar belakang (seperti video atau musik), dan mencegah tab tersebut untuk dipaksa ke mode tidur, sehingga pengguna tidak perlu mengklik tab itu terus menerus hanya untuk bisa mendengarkan musik.

Performance Mode ini tentunya juga akan sangat menguntungkan para penyiar atau streamer game, yang biasanya membuka banyak sekali tab dan aplikasi, yang kadang kala menyita lebih banyak sumber daya perangkat. 

Leave a Reply

Send this to a friend