Perjanjian Khusus Qualcomm dan Microsoft, Penyebab Windows Tidak Ada di Mac

Perjanjian Khusus Qualcomm dan Microsoft, Penyebab Windows Tidak Ada di Mac

Sampai saat ini, sistem operasi Windows belum hadir di perangkat Apple Mac, dan ternyata hal tersebut disebabkan oleh adanya perjanjian eksklusif antara Microsoft dengan Qualcomm. Sebelumnya, Apple dan Microsoft menghadirkan sistem operasi keempat dari Windows ke Mac dan saat itu bisa berjalan dengan lancar di chipset Intel. 

Perjanjian eksklusif antara Microsoft dengan Qualcomm itu telah cukup lama tersimpan rapat, yang menyebutkan bahwa chipset yang diperbolehkan untuk menjalankan Windows adalah buatan Qualcomm. Namun, informasi terbaru menyebutkan bahwa kerjasama antar kedua perusahaan itu akan segera berakhir. Sayangnya, masih belum diketahui kapan tanggal pasti berakhirnya kerjasama tersebut. 

Hal ini pun memberikan kesempatan bagi perangkat Mac untuk bisa menjalankan sistem operasi Windows nantinya.

Memang saat ini sudah ada sebuah platform yang bisa menjalankan Windows 10 dan 11 di perangkat Mac, namun itu bukanlah sebuah versi resmi dari Windows yang akan berjalan lancar dengan M1. Aplikasi itu bernama Parallels, yang saat ini sudah berada di versi 16.5. 

Windows 11 sendiri memang juga bisa dipasang di perangkat yang tidak didukung dengan beberapa sedikit pengaturan khusus, namun ini lebih dalam situasi “gunakan dengan resiko anda sendiri”, dan meski demikian ini berarti bahwa Microsoft masih mengizinkan ketersediaan sistem operasi barunya itu di perangkat PC yang lebih luas. Akan tetapi, itu adalah perangkat PC yang kompatibel yang bisa menjalankan Windows, bukannya perangkat buatan Apple dengan chipset Mac dan M1-nya. 

Sementara itu, pembaruan Microsoft untuk sistem operasinya mengalami perubahan cukup besar pada awal tahun ini, yang belum pernah terjadi sebelumnya, karena Windows 10 sendiri telah berusia hampir enam tahun, tidak seperti MacOS Apple yang setiap tahunnya mengalami perubahan.

Di sisi lain juga belum ada versi pratinjau Windows 11 yang berjalan di Mac, dan belum ada orang yang bisa membuatnya karena ini adalah sebuah proses yang sangat rumit.

Apapun itu, orang-orang terus menunggu agar Windows 11 bisa berjalan di perangkat MacBook. Diharapkan, hal ini juga akan membantu mereka yang menginginkan sebuah perangkat PC yang bisa menjalankan Mac dan Windows secara bersamaan, khususnya setelah adanya kabar bahwa perjanjian antara Microsoft dengan Qualcomm segera berakhir.

Untuk mengetahui informasi terkini seputar Windows, bisa mengunjungi link berikut ini:

Berita Terkini Seputar Windows

Kumpulan Tutorial Windows 10

Leave a Reply

Send this to a friend