Kenali Perkembangan Sistem Informasi dari Masa ke Masa, Yuk Disimak!

Dalam dunia teknologi sekarang sudah semakin canggih, bahkan informasi yang dibutuhkan oleh anda bisa terwujud. Dunia Informasi dan Teknologi sudah menjadi sebuah hal yang paling penting ketika anda ingin menambahkan ilmu dari dunia teknologi.

Pada umumnya setiap informasi serta apapun itu pasti memiliki perkembangan dalam menggunakan suatu aplikasi di perangkat anda. Untuk kesempatan yang indah ini, kami akan membahas Perkembangan dari Sistem Informasi. Berikut ulasannya.

Perkembangan Sistem Informasi

Perkembangan Sistem Informasi

Dalam 3000 tahun lalu sebelum masehi para manusi sudah mulai untuk menukarkan sebuah informasi. Untuk cara menukarkan informasi pada zaman itu dengan menulisakan di kayu, batu, tanah liat atau papirus. Nah dari situlah awal mulanya sistem informasi berkembang, dimana semua teknologi muncul karena adanya manusia kuno yang seperti itu. Ada empat langkah yang bisa kita lihat bersama mengenai perkembangan sistem informasi dan komunikasi. Berikut pembahasannya.

1. Periode Pra Mekanik

Sebelum masehi atau pada tahun 2000-3000 dimana cara menyampaikan sebuah pesan, para manusia harus menggunakan gambar. Kita bisa mengambil contoh dari bangsa Fenisia dimana mereka cuek terhadap Timur Tengah dengan menciptakan model atau metode yang sama.

Simbol dari bangsa Fenisia ditambahkan sebuah huruf vokal agar bisa digunakan dengan mudah. Hal ini dilakukan oleh manusia Kuno. Bahkan bangsa Romawi yang kuno menggunakan huruf vokal tersebut dan hingga saat ini sudah terkenal dengan suatu alfabet. Pembuatan buku papirus dimulai sebelum masehi, tepatnya pada tahun 600. Umumnya awal dari hal ini adalah tokoh-tokoh agama atau pemimpin yang menyediakan koleksi buku. Kemudian Mesir kuno menciptakan sistem yang berbasis angka, seperti alat hitung atau disebut abakus.

2. Periode Mekanik

Pada Masa ini sudah termasuk ke abad pertengahan. Rata-rata manusia yang ada pada masa ini sudah menggunakan perlatan yang lebih keren dari masa sebelumnya. Dimana mereka memiliki peralatan untuk mengolah, menyimpan dan merekam sebuah informasi.

Salah satu penemuan yang paling penting, yakni mesin cetak oleh Gutenberg yang berasal dari Jerman. Tahun yang ke 1600 Blaise Pascal menciptakan mesin atau komputer hitung yang bernama Pascaline dan sudah dianggap sebagai pengganti otak manusia dalam hal menghitung data.

3. Periode Elektromekanik

Pada masa ini diciptakan telepon serta kode Morse yang digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dalam jarak yang jauh. Komputer yang diperkenalkan pertama kali untuk digunakan pada penyimpanan program dan juga data diawal 1948. Dubbed Manchester Mark 1 adalah nama dari komputer tersebut. Komputer ini merupakan awal dari penemuan teknologi berikutnya yang sekarang telah menjadi smartphone, tablet dan komputer.

4. Periode Elektronik

Di tahun 1957 Jean Hoerni mengembangkan alat transistor planer yang merupakan alat untuk mengintegrasikan beragam sirkuit yang ada pada tahun selanjutnya. Departemen Pertahanan Amerika Serikat menciptakan Advanced Research Project Agency NETwork (APARNET) merupakan cikal bakal internet untuk digunakan pada masa sekarang.

APARNET pada masa itu hanya untuk digunakan buat penelitian, pemerintah dan universitas. Pada tahun 1962 seorang peniliti yang bernama Licklider dari MIT memperluas jaringan komputer APARNET diseluruh dunia sehingga berinteraksi sosial. Di tahun 1968 Robert Noyce, Gordon Moore dan Andrew Grove pertama kali menciptakan microchip. Kemudian mereka menjual rancangan itu pada Intel sehingga diproduksi dengan cara yang massal.

Sejarah Perkembangan Sistem Informasi

Sejarah Perkembangan Sistem Informasi

Dalam perang dunia yang ke 2 tepatnya di tahun 1940 dimana sistem informasi digunakan untuk penerimaan dan pengiriman dokumen-dokumen. Penerimaan dan pengiriman dokumen dapat disimpan pada magnetic tape.

• Generasi Pertama (1945-1955)

Generasi yang pertama ini belum menyediakan sistem operasi dan sistem komputer yang dapat memberikan instruksi pekerjaan secara langsung.

• Generasi Kedua (1955-1965)

Batch processing dikumpulkan pada satu rangkaian dan dieksekusi dengan cara yang berurutan. Suatu sistem komputer tidak tersedia sistem operasi, tapi beragam fungsi dari sistem operasi selalu ada. Fortran Monitoring System (FMS) dan IBYS dimana keduanya adalah bagian dari fungsi komponen suatu sistem operasi.

• Generasi Ketiga (1965-1980)

Dikembangkan agar bisa melayani penggunaan secara online, dengan begitu ini dapat menuntut dan digunakan dengan cara multi user, multi programming, time sharing varian dan spooling.

• Generasi Keempat (1980-1990)

Salah satu sistem operasi dengan melayani berbagai mode adalah mendukung time sharing, batch processing dan applications real time. Kemampuan perkembangan meningkat pada PC atau komputer desktop dan TCP/IP atau teknologi jaringan.

Perusahan Terbesar Multinasional menyelesaikan beragam pembangunan dari Sistem Informasi Global atau GIS (Global Information System) mulai dari 1980-an hingga 1990-an. Namun masih ada beberapa hal yang harus diselesaikan untuk menyempurnakan suatu sistem pengolahan informasi dengan basis komputer.

Pada umumnya Perusahan Terbesar Multinasional mulai merancang dan mendukung operasi untuk tersentralisasi atau tidak agar memampukan perusahan yang induk maupun cabangnya sehingga beroperasi sebagai koordinat dari sebuah sistem operasi yang terintegrasi. Adapun hal yang harus diperhatikan untuk diintegrasikan, yakni peranan dari Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS).

Computer Based Information System

Sistem Informasi adalah sebuah simbol, huruf, alphabet dan lain-lainnya dari data. Namun pada umumnya Sistem Informasi tidak jauh dari memproses data hingga menjadikan sebagai output atau informasi. Pada Indonesia tersusun dari undang-undang untuk menjelaskan tentang sistem informasi. Menurut UUD 1945 pasal yang ke 28 mengatakan bahwa setiap orang memiliki hak untuk memperoleh sebuah informasi sehingga bisa mengembangkan pribadi serta lingkungan sosialnya.

Seain itu setiap orang juga berhak untuk memperoleh, memiliki, mencari, mengolah, menyimpan dan menyampaikan sebuah informasi. Langkah-lankah serta kebijaksanaa dalam mengenmbangkan Indonesia dengan mengharapkan untuk mengantarkan Indonesia pada tahap berikutnya. Dimana Indonesia menjadi bagian dari masyarakat yang paling penting untuk sebuah informasi global. Perkembangan dari sistem informasi menjadi semakin lebih baik bersama perkembangan teknologi.

Leave a Reply

Send this to a friend