Perubahan Wallpaper Otomatis Android 12 Bikin Game Crash

Perubahan Wallpaper Otomatis Android 12 Bikin Game Crash

Sistem operasi milik Google, Android 12 akhirnya tiba, dan kehadirannya pun juga membawa serangkaian inovasi grafis yang sangat menarik. Sayangnya bagi penggila game mobile, mungkin akan mendapatkan bug yang sangat mengganggu, dan lebih buruknya lagi sampai sekarang masih belum ada solusi atas masalah tersebut.

Melalui Google Issue Tracker, sebuah portal di mana pengguna dapat melaporkan bug atau masalah dengan sistem operasi, banyak orang yang melaporkan bahwa beberapa game mengalami crash ketika wallpaper berubah selama sesi permainan. Beberapa judul game yang dilaporkan mengalami crash itu seperti League of Legends: Wild Rift, dan Pokemon Go. Namun diyakini masih ada banyak judul game lain yang terdampak, namun belum ada laporan yang diajukan.

Karena hampir tidak mungkin pengguna ada yang bisa melakukan perubahan pada wallpaper smartphone ketika game sedang berjalan, maka pertanyaannya adalah, siapa yang bisa secara otomatis melakukan perubahan pada wallpaper. Masalah ini, sepertinya memiliki potensi yang cukup serius dari yang dibayangkan.

Diyakini, biang kerok dari bug yang menyebabkan game mengalami crash karena terjadinya perubahan wallpaper adalah berasal dari adanya perubahan konfigurasi, atau perubahan semacam pengaktifan mode gelap atau terang, serta bisa juga sistem operasi yang mengatur pergantian wallpaper baru. 

Biasanya, game akan sepenuhnya mengabaikan pengaturan perubahan secara otomatis semacam ini, sehingga para pengembang tidak perlu melakukan pengelolaan atas semua itu secara terprogram, namun sayangnya dengan Android 12, perubahan wallpaper latar belakang ini tidak bisa benar-benar diabaikan, sehingga game pun mengalami crash saat dijalankan.

Untuk memperbaiki permasalahan ini, jelas Google perlu untuk menawarkan alat khusus bagi para pengembang untuk saat ini. Sementara, hal yang bisa dilakukan oleh para pengguna sekarang ini adalah dengan tidak mengatur konfigurasi perubahan wallpaper secara otomatis ataupun perubahan mode gelap dan terang dalam keadaan aktif.

Sampai berita ini diturunkan, Google masih belum memberikan konfirmasi atas adanya permasalahan ini, dan perbaikan pun juga belum bisa dipastikan kapan datangnya. Pengguna diharapkan untuk bisa menunggu.

Leave a Reply

Send this to a friend