Windows 10 Control Panel

Perubahan Windows Control Panel Yang Justru Bingungkan Pengguna

NESABAMEDIA.COMWindows Control Panel mungkin telah menjadi salah satu bagian terpenting dalam sistem pengaturan sistem operasi Windows selama bertahun-tahun. Namun jika melihat perjalanannya, kemampuan dan fitur yang ada di Windows Control Panel semakin lama-semakin menyusut. Hal ini semakin diperkuat dengan pembaruan yang baru saja dirilis.

Fitur-fitur pilihan dalam Windows Control Panel, semakin lama semakin berkurang dan sebagian besar dialihkan ke fitur Setting atau pengaturan. Salah satu yang paling menonjol adalah pemindahan opsi Program & Features ke halaman Pengaturan atau Setting. Terhitung mulai dari pembaruan Build 20211, pengguna yang mengakses Program & Features di Control Panel akan dialihkan ke Apps & Feature di halaman Setting (Pengaturan).

Sejumlah opsi pada Apps & Feature sejauh ini sangat mirip dengan yang ada di Program & Feature yang sebelumnya ada di Control Panel. Sepertinya Windows berusaha meminimalisir sebanyak mungkin, opsi-opsi yang hampir mirip satu sama lain dengan perubahan ini.

Bukan menjadi yang pertama kalinya, jika Windows menghilangkan opsi pada Control Panel. Sebelumnya dalam fitur System yang ada di Control Panel juga mengalami pemindahan dan penghapusan sejumlah opsi-opsi di dalamnya. Hal ini memunculkan anggapan jika Windows akan secara perlahan menjadikan bagian sistemnya akan mirip seperti menu layaknya Nix Package yang ada pada Linux

Meski demikian, perubahan atau peralihan tersebut tidak akan serta merta benar-benar menghilangkan Control Panel dari sistem operasi Windows. Fitur pada Control Panel akan tetap ada, dan bisa dipergunakan oleh pengguna seperti sebelumnya. Pasalnya, pengguna selama ini sudah begitu familiar dan bisa dengan cepat menemukan solusi dari permasalahan saat menggunakan sistem operasi tersebut dengan langsung menuju Control Panel. 

Jikapun di masa depan Control Panel akan benar-benar dihilangkan, pihak pengembang harus bisa menyediakan sistem pengganti yang jauh lebih memudahkan. Para Tech-Savvy, bisa mengakses fitur yang mereka butuhkan, tanpa harus meraba-raba tampilan menu baru dengan beragam pilihan yang belum mereka pahami. 

Sayangnya, pratinjau Windows dengan fitur Setting atau pengaturan yang sudah dirubah itu, tidak memberikan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh pengguna. Bahkan banyak pengguna yang dipaksa harus mengakses fitur Setting daripada Control Panel tersebut, merasa sistem operasi tersebut jauh lebih ketat dan strict daripada versi-versi pembaruan sebelumnya.

Leave a Reply

Send this to a friend