Aplikasi Alternatif Pengganti Telegram

Pilihan Aplikasi Android Alternatif Telegram dan Juga Whatsapp

NESABAMEDIA.COMKebijakan baru Whatsapp soal masalah privasi, membuat penggunanya kecewa dan kemudian beralih dari aplikasi perpesanan tersebut. Salah satu yang menjadi alternatif adalah aplikasi Telegram. Namun rupanya tidak semua orang juga cocok dengan aplikasi ini, dengan alasan fitur dan teknologi yang digunakan. Rupanya masih ada beberapa aplikasi lain yang bisa dijadikan alternatif Telegram dan juga mampu menggantikan Whatsapp sebagai aplikasi perpesanan. Apa saja?

Signal

Bukan sebuah kebetulan jika salah satu Co-Founder dari Whatsapp yakni Brian Acton meninggalkan Facebook dan kemudian mendonasikan USD50 juta untuk pengembangan aplikasi Signal ini. Aplikasi perpesanan dengan tingkat keamanan sangat tinggi ini menjadi salah satu alternatif terbaik dari Telegram, maupun Whatsapp. 

Selain tingkat keamanan yang ditonjolkan, aplikasi ini disebut sangat menghargai privasi penggunanya. Dalam beberapa bulan terakhir, aplikasi ini juga telah mengembangkan banyak sekali fitur baru yang menjadikan Signal sebagai sebuah aplikasi perpesan yang komplit. 

Delta

Meskipun namanya tidak sepopuler Signal, Delta memiliki tujuan untuk bisa menjadi salah satu aplikasi perpesanan paling populer. Untuk meraihnya, sang pembuat telah memilih untuk mengadopsi penggunaan aplikasi tanpa harus membutuhkan akun. Jadi siapapun bisa menggunakan aplikasi ini secara cuma-cuma, tanpa harus mendaftar akun dan hanya membutuhkan email saja. 

Dengan cara ini, si pembuat ingin menunjukkan bahwa di balik antarmuka yang mirip dengan aplikasi perpesanan yang populer lainnya, Delta adalah sebuah platform yang terdesentralisasi dan aman serta tersembunyi. Semua data tetap berada di perangkat pengguna, dan informasi tidak dibagikan dengan server Delta apapun dan kapanpun. Bahkan si pembuat menyebut bahwa Delta tidak memiliki server khusus. 

Messages

Aplikasi ini juga cocok dijadikan alternatif dari Telegram. Bahkan hampir semua pengguna smartphone Android tidak perlu melakukan unduhan karena aplikasi ini sudah terpasang sebagai aplikasi bawaan. 

Aplikasi asli buatan Google ini berbasis protokol RCS dan menawarkan pengalaman berkirim pesan yang kaya fitur yang memungkinkan pengguna mengirimkan gambar dan video yang lebih besar, secara real-time membaca indikator dan banyak lagi lainnya. 

Viber

Aplikasi ini rupanya telah berusia lebih dari 10 tahun, dan layak untuk dijadikan alternatif pengganti Telegram. Dengan usia tersebut, aplikasi ini juga jauh dari kesan sebagai aplikasi peniru Whatsapp. 

Namun aplikasi ini telah mengalami perubahan yang cukup besar dibandingkan saat baru pertama kali diluncurkan. Dengan adanya fitur seperti dukungan panggilan video hingga 20 peserta, pesan yang bisa hilang otomatis, stiker animasi, enkripsi end-to-end sebagai dukungan bawaan dan banyak lagi lainnya.

Leave a Reply

Send this to a friend