• Our Partners:

Postingan Lama di Facebook Kini Lebih Mudah Dihapus

NESABAMEDIA.COM – Setelah sekian lama berpetualang di Facebook, mungkin banyak postingan yang dulu anda unggah begitu saja tanpa berpikir panjang. Berbulan-bulan kemudian, atau bahkan beberapa tahun kemudian, baru teringat dan tersadar bahwa ada beberapa postingan yang cukup membuat malu apabila dibaca kembali.

Untuk menghapus semua postingan tersebut, Facebook memperkenalkan sebuah fitur baru bernama Manage Activity. Selain dihapus, postingan juga dapat disembunyikan.

Di dalam Manage Activity, tersedia folder Archive dan Trash. Folder Archive ditujukan untuk mengarsipkan postingan. Semua postingan yang ingin disingkirkan dari timeline tapi tidak ingin dihapus, bisa dipindahkan ke folder Archive sehingga anda tetap dapat mengaksesnya sewaktu-waktu.

Sedangkan untuk postingan yang anda hapus, semuanya akan ditampung di dalam folder Trash terlebih dahulu. Selama 30 hari, anda punya kesempatan untuk mengembalikan postingan. Lewat dari itu, folder Trash akan dikosongkan secara otomatis sehingga tidak ada lagi postingan yang bisa dikembalikan. Jika anda ingin postingan segera dihapus permanen, folder Trash bisa anda kosongkan secara manual.

Untuk mempermudah pengguna dalam memilih postingan yang akan dihapus atau diarsipkan, disediakan opsi filter yang dapat menyeleksi postingan berdasarkan beberapa kriteria. Diantaranya, berdasarkan jenis konten (teks, video, foto, postingan dari aplikasi lain, dan lain-lain), berdasarkan tanggal, atau berdasarkan orang-orang yang ditag di dalam postingan.

Semua postingan yang muncul setelah di-filter dapat dihapus atau diarsipkan secara serentak. Bisa pula dicentangi satu-persatu terlebih dulu untuk memilih postingan yang akan diproses, baru kemudian dipindahkan ke arsip atau dibuang ke tempat sampah.

Untuk postingan yang didalamnya memuat tag, orang-orang yang ditag tidak akan mendapatkan notifikasi dari Facebook bahwa anda sudah menghapus atau mengarsipkan postingan tersebut. Dengan begitu anda bisa melakukannya secara diam-diam tanpa khawatir bakal ditanya oleh mereka yang sudah anda tag.

Kehadiran fitur baru di Facebook ini disambut gembira karena benar-benar dapat mempermudah pengelolaan postingan, tapi di sisi lain juga mendapat sejumlah kritikan. Kenapa harus menunggu 16 tahun untuk merilis fitur tersebut? Padahal Gmail sudah dari dulu menyediakan fitur yang serupa. [az/tn]

Leave a Reply

Send this to a friend