Tampilan Desain Ujung Membulat Windows 10 Rounded Corner

Preview Build Konfirmasi Tampilan Ujung Membulat Windows 10

NESABAMEDIA.COMSebagai bagian dari pembaruan Sun Valley, Windows 10 sedang dalam proses untuk mendapatkan sebuah antarmuka baru dengan tampilan Action Center seperti Windows 10X dan ujung jendela yang membulat. Pembaruan Sun Valley juga dikenal sebagai Windows 10++ di kalangan internal, dan akan menghadirkan tampilan dan pengalaman penggunaan Windows yang telah disegarkan. 

Dalam Preview Build, Microsoft tampaknya tengah menguji coba sebuah prototipe untuk penandaan terbaru yang akan membuat ujung jendela Windows lebih halus, termasuk untuk aplikasi UWP dan item yang ada di Start Menu

Penandaan itu berjudul “RoundedWindowCornersPrototipe” dan akan menggantikan ujung jendela yang tajam, guna memberikan tampilan yang lebih estetik di Windows 10 yang selama ini telah lama dinantikan. 

Perubahan dengan sudut membulat itu akan menjadikan jendela program dan aplikasi di Windows 10 akan semakin halus, dan hanya berlaku untuk area modern. Dengan kata lain, Start Menu, aplikasi Inbox, Action Center, aplikasi Settings dan area modern lainnya akan menjadi seperti tampilan ujung membulat yang ada di Windows 7 atau macOS.

Tampilan Jendela Ujung Membulat

Tampilan Jendela Ujung Membulat

Perubahan halus itu akan terlihat dan memberikan tampilan antarmuka yang lebih modern, yang mampu menyatu lebih baik dengan sistem operasi lainnya. Perlu dicatat juga bahwa Microsoft telah menggunakan tampilan ujung membulat ini sampai dengan Windows 8, di mana saat itu tampilan antarmuka Metro dengan ujung tajam menggantikannya. 

Tentu saja, jadwal kedatangan tampilan baru itu masih belum diketahui kapan, namun dari referensi yang muncul di Preview Build itu menandakan bahwa Microsoft masih akan melakukan lebih banyak perubahan lagi, sebelum mencapai tahap finalisasi. 

Laporan pertama kali yang mengungkap soal perubahan besar-besaran tampilan Windows 10 itu muncul ketika Panos Panay menduduki jabatannya di Microsoft. Panos Panay menjanjikan bahwa perusahaan akan lebih banyak melakukan investasi ke Windows 10 dan mempercepat inovasi untuk memastikan bahwa Windows 10 adalah sistem operasi terbaik yang pernah ada.

Sepertinya penerapan desain baru yang sedang dikerjakan Microsoft dengan Windows 10X itu nantinya juga akan memberikan keuntungan tersendiri kepada Windows 10. Misalnya, saat ini Microsoft yang diketahui tengah menguji coba Action Center baru yang desain dasarnya berasal dari Windows 10X. 

Leave a Reply

Send this to a friend