Smartphone Apple iPhone 9

Pria Ini Juarai Kontes Foto Hanya Bermodal iPhone 4 Jadul

NESABAMEDIA.COMMungkin tidak perlu menggunakan ponsel iPhone dengan teknologi canggih untuk bisa memenangkan sebuah kontes fotografi. Hal inilah yang dialami oleh seorang pria bernama Omar Lucas, yang menjadi juara dalam ajang iPhone Photography Awards 2020. Dia menggunakan iPhone 4, seri iPhone yang dirilis sepuluh tahun silam.

Omar Lucas keluar sebagai pemenang dalam kontes fotografi dengan ponsel iPhone, dalam kategori “People”. Dia mengambil sebuah foto berupa tiga orang penduduk asli sebuah suku di Peru yang sedang berdiri di atas batu. 

Secara spesifikasi, bisa dibilang teknologi kamera yang ada di iPhone 4 memang sudah ketinggalan jaman. 5 MP kamera dengan LED Flash, membuat iPhone 4 menjadi salah satu andalan sebagai pengganti kamera digital pada masa itu. iPhone 4 juga menjadi ponsel pertama yang menerapkan teknologi Facetime. 

Juara Kontes Foto Menggunakan iPhone 4

Juara Kontes Foto Menggunakan iPhone 4

Memang sudah bukan menjadi tandingan untuk ponsel-ponsel masa kini, namun iPhone 4 merupakan sebuah lompatan besar dari seri iPhone pendahulunya. Saat ini ponsel yang ada di pasaran sudah menggunakan teknologi yang sangat jauh lebih canggih. Seperti penggunaan multi-lensa yang sudah menjadi standar umum. 

iPhone 11 Pro dan juga Samsung Galaxy S20 misalnya, yang keduanya memiliki tiga buah lensa kamera dengan fitur wide-angle, ultra wide angle, dan juga lensa telefoto. Termasuk juga iPhone 12 yang bakal dirilis dalam waktu dekat, juga digadang-gadang bakal hadir dengan sejumlah peningkatan teknologi kamera. Beberapa di antaranya yakni depth sensor, sebuah sensor canggih yang mirip dengan sensor Lidar yang sudah disematkan di iPad Pro terbaru.

Sementara ajang iPhone Photography Awards sendiri merupakan sebuah ajang kontes foto yang digelar secara independen, sejak tahun 2017 lalu. Untuk pihak Apple sendiri juga memiliki ajang kontes fotografi resmi yang bernama Shot on iPhone Challenge. 

Kemenangan Omar Lucas menjuarai kontes fotografi bergengsi menggunakan kamera ponsel ini, bukanlah yang pertama yang terjadi dengan menggunakan ponsel iPhone jadul. Pada kontes Shot on iPhone Challenge tahun lalu, ada juga pemenang yang menggunakan ponsel iPhone 7, yang kini sudah berusia tiga tahun.

Leave a Reply

Send this to a friend