Project Reunion 0.5, Langkah Besar Microsoft Dalam Pengembangan Aplikasi Windows 10

Project Reunion 0.5, Langkah Besar Microsoft Dalam Pengembangan Aplikasi Windows 10

NESABAMEDIA.COMKemarin, Project Reunion 0.5 telah dirilis oleh Microsoft. Project Reunion 0.5 ini akan mempermudah para pengembang untuk membuat aplikasi desktop untuk Windows 10. Para pengembang bisa menggunakan Project Reunion dengan .Net 5 dan memanfaatkan WinUI 3 serta WebView2 untuk membuat aplikasi. 

Perilisan Project Reunion 0.5 tersebut merupakan pencapaian besar dalam kemajuan pengembangan aplikasi untuk Windows 10. Versi 0.5 merupakan rilisan Project Reunion pertama yang siap produksi, serta rilisan lengkap Project Reunion pertama yang menyertakan WinUI 3. 

Artinya dalam pengertian awam adalah bahwa pengembang kini memiliki lebih banyak pilihan daripada sebelumnya, dalam membuat aplikasi untuk Windows 10. Project Reunion sebelumnya telah berada dalam masa-masa pratinjau selama beberapa waktu, dan versi 0.5 merupakan rilisan produksi pertama dengan sejumlah hal yang dinilai sudah stabil digunakan sebagai sarana pembuatan aplikasi.

Aplikasi yang dibuat menggunakan Project Reunion ini bisa memanfaatkan fitur dan teknologi Windows yang modern serta fitur Win32. Pengembang kemudian bisa mengadopsi teknologi dari waktu ke waktu, karena fitur-fiturnya sekarang telah dipisahkan dari sistem operasi Windows 10. 

Sebelumnya, pengembang terkadang harus menunggu hingga dua tahun lamanya untuk mengimplementasikan sebuah fitur tertentu. Itu karena pengembang lebih sering menunggu hingga para pengguna memperbarui ke versi baru Windows untuk menggunakan fitur baru. Microsoft menjelaskan mengapa perubahan ini akan memberikan dampak yang signifikan dalam pengumuman di unggahan blog mereka:

“Para pengembang aplikasi sebelumnya memberitahukan kepada kami bahwa harus menunggu sampai pengguna memperbarui sistem operasi Windows mereka ke versi terbaru, sebelum memutuskan untuk mengadopsi fitur-fitur terkini dan mengintegrasikannya ke aplikasi mereka. Bagi sebagian dari para pengembang yang hal tersebut bisa berarti keterlambatan sampai satu atau dua tahun hingga fitur baru bisa tersedia, kini bisa mengadopsinya, dan pengguna akan melihatnya di aplikasi. 

Kini para pengembang bisa mengambil rilisan Project Reunion terbaru kapan pun mereka ingin mendapatkan fitur terbaru dan merasa yakin bahwa fitur tersebut akan berfungsi untuk semua pengguna mereka di Windows 10 versi 1809 yang merupakan Enterprise LTSC saat ini dan yang lebih baru.”

Halaman GitHub untuk Project Reunion 0.5 menyoroti beberapa fitur utama yang kini telah distabilkan untuk penggunaan dalam pembuatan aplikasi yang sebelumnya berada di tahap prtainjau:

  • Kemampuan untuk membuat aplikasi desktop dengan WinUI, termasuk .NET 5 untuk aplikasi Win32
  • Kontrol terhadap WebView2 berbasis Chromium
  • Dukungan Titlebar kustom
  • Dukungan ARM64
  • SwapChainPanel

Bagi para pengembang aplikasi Windows, ini merupakan perubahan besar yang akan mempermudah mereka dalam membuat aplikasi modern dan secara cepat menambahkan fitur-fitur baru. Untuk pengguna umum, ini berarti bahwa aplikasi Windows 10 bisa menjadi lebih baik lagi, dan mungkin saat ini sudah mulai dalam pengembangan. 

Leave a Reply

Send this to a friend