QRIS Solusi Belanja Antiribet

QRIS, Solusi Belanja Antiribet

NESABAMEDIA.COM – Mengikuti perkembangan era belanja daring,kini telah banyak jenis pembayaran yang memudahkan pengguna ketika berbelanja. Teknologi digital melahirkan sebuah metode pembayaran menggunakan penyimpanan digital atau E-Wallet.

QRIS menadi salah salah satu merek dompet digital yang telah banyak digunakan, platform ini memungkinkan penggunanya untuk dapat menyimpan sejumlah uang dalam bentuk digital. Pengguna dapat menggunakan Qris, untuk melakukan pembayaran secara sah dan cepat.

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Indonesia Standard, yang mana kode QR digunakan sesuai dengan standar nasional negara Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Infromatika, telah meresmikan QRIS sebagai metode pembayaran yang berlaku di Indonesia, bergabung dengan layanan E-Wallet lainnya.

Melansir dari akun Instagram resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika @Kemenkominfo, Sabtu (18/6/2022), menyatakan bahwa QRIS menjadi salah satu standar kode QR yang resmi dan sah sebagai metode pembayaran di Indonesia.

“QR Code untuk semua jenis dompet digital, ialah sebuah standar QR code yang cocok dan telah disahkan oleh standar code Bank Indonesia,” pernyataan ditulis oleh Kemenkominfo di laman akun Instagram resmi mereka.

QRIS sendiri saat ini mulai digunakan sebagai metode pembayaran yang sah, di beberapa toko, donasi, dan pedagang yang memiliki layanan Qris. Metode pembayaran dapat dilakukan dengan mudah, tanpa perlu membawa dompet.

Transaksi juga sangat cepat, karena pengguna hanya perlu memindai kode QR, untuk kemudian mengirimkan sejumlah uang kepada penerima atau pedagang. Pedagang tidak perlu repot menyediakan uang kembalian, karena pembayaran menggunakan QRIS dapat dilakukan dengan pembayaran nontunai (sesuai harga).

Adapun keunggulan menggunakan layanan Qris; tidak perlu repot membawa dompet, pembayaran menggunakan jaringan internet yang cepat, aman karena terenkripsi, pembayaran dilakukan sesuai harga, belanja daring, hingga mencatat transaksi yang anda lakukan.

Cara pembayaran menggunakan QRIS hanya dengan memindai kode QR, ini biasanya terdapat di berbagai toko retail, merchant, pedagang yang menggunakan logo Qris, dan masih banyak lagi. QRIS dapat digunakan bisnis UMKM yang tidak harus melayani pembayaran tunai.

Layanan dompet digital lainnya yang saat ini telah diresmikan oleh Bank Indonesia ialah ShoopePay, OVO, GoPay, dan DANA.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend