• Our Partners:

Qualcomm Akan Luncurkan Chipset Generasi Berikutnya, Snapdragon 895

Qualcomm Akan Luncurkan Chipset Generasi Berikutnya, Snapdragon 895

NESABAMEDIA.COMQualcomm dilaporkan tengah bersiap meluncurkan chipset Snapdragon generasi berikutnya tahun ini. Dari kabar yang diterima nesabamedia.com, Qualcomm berencana untuk meluncurkan chipset yang telah lama menjadi rumor yakni Snapdragon 895, sebelum smartphone pertama yang menggunakannya akan dirilis pada tahun 2022 mendatang. Dengan adanya kabar ini, sepertinya Qualcomm tidak begitu terganggu oleh masalah kelangkaan pasokan chip yang sedang terjadi saat ini.

Selain itu, ada juga beberapa rumor bahwa Samsung akan membuat chip Qualcomm yang disebutkan di atas bersama dengan Exynos generasi baru mereka sendiri, yang seharusnya menggunakan grafis RDNA 2 dari AMD. 

Berdasarkan narasumber tersebut, Qualcomm Snapdragon 895 akan dirilis setelah chipset SM8450 hadir di smartphone Lenovo berikutnya. Jadi, kemungkinan chipset baru ini akan dijadwalkan dirilis pada tahun depan. 

Sejauh ini, tidak ada banyak detail yang bisa diungkap tentang Qualcomm Snapdragon 895, meskipun chipset itu juga disebut-sebut berada di node 4nm. Sepertinya nantinya tidak akan dikerjakan oleh TSMC, melainkan akan dibuat oleh Samsung. Sampai pihak Qualcomm sendiri yang secara resmi mengumumkan hal itu, dapat diasumsikan bahwa mereka akan kesulitan memproduksi silikon karena masalah kelangkaan chipset yang sedang berlangsung dan tidak akan selesai dalam waktu dekat. 

Lenovo diyakini akan menggunakan Snapdragon 895 itu di smartphone flagship mereka berikutnya, jika Qualcomm mampu mengatasi masalah dengan modem 5G-nya, yang telah membahayakan ratusan ribu pengguna. 

Disebutkan sebelumnya bahwa modem tersebut memiliki celah kerentanan keamanan yang cukup serius, yang bisa dieksploitasi oleh peretas melalui sistem operasi Android. Pelaku peretasan, hanya butuh mengirimkan SMS yang dibuat khusus untuk mengontrol modem 5G tersebut, yang nantinya mereka bisa mendapatkan akses ke daftar kontak atau bahkan mengontrol kartu SIM card pengguna. 

Jadi, jika spesifikasi yang dikabarkan dari 895 dapat dipercaya, itu akan menggunakan modem 5G baru di dalamnya. Disebut Snapdragon X65 5G, modem baru itu menjanjikan kecepatan unduhan sampai 10Gbps yang luar biasa. Nantinya, modem itu juga bisa ditingkatkan lebih, yang berarti Qualcomm dan rekanan pabrikan smartphone mereka bisa menggunakan modem itu untuk kemudian lebih ditingkatkan lagi kemampuannya. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend