• Our Partners:

iOS 14 untuk diabel tulis dan tunarungu

Ramah Difabel, iOS 14 Sematkan Fitur Peringatan Saat ‘Suara’ Terdengar

NESABAMEDIA.COM – Di antara banyak pengembangan fitur versi terbaru iOS 14 yang diperkenalkan saat WWDC 2020, Apple tidak luput untuk menambahkan beberapa fitur pintar yang dimaksudkan untuk digunakan oleh orang-orang dengan gangguan pendengaran (tuli/tuna rungu) dan penglihatan, bahkan iOS 14 untuk difabel juga ramah untuk siapa pun.

Fitur baru yang paling menarik mungkin adalah Sound Recognition, yang menciptakan notifikasi setiap kali ponsel mendeteksi salah satu dari daftar panjang suara umum yang mungkin ingin diketahui pengguna. Sirene, gonggongan anjing, alarm asapkebakaran, klakson mobil, bel pintu, air mengalir, beep – dan masih banyak lagi. Sebuah perusahaan bernama Furenexo membuat perangkat serupa beberapa tahun yang lalu, tetapi versi Apple jauh lebih mutakhir dan terintegrasi.

Pengguna dapat meminta notifikasi dihubungkan ke Apple Watch mereka, kalau-kalau mereka tidak selalu ingin memeriksa telepon mereka untuk memeriksa apakah oven sudah naik ke suhu. Apple sedang berusaha untuk menambahkan lebih banyak suara orang dan binatang juga, sehingga sistem memiliki ruang untuk tumbuh.

Kegunaan fitur ini untuk orang-orang dengan gangguan pendengaran sudah jelas, tetapi itu juga baik bagi siapa saja yang tersesat dalam musik atau podcast mereka dan lupa bahwa mereka mengeluarkan anjingnya atau sedang menunggu paket.

Percakapan tekstual secara real-time adalah standar aksesibilitas yang pada dasarnya mengirim obrolan teks melalui protokol panggilan suara, memungkinkan percakapan tanpa batas dan akses ke layanan darurat untuk orang nonverbal. Fitur ini sudah didukung oleh iPhone untuk beberapa waktu, tetapi sekarang pengguna tidak perlu berada di aplikasi panggilan agar berfungsi. Pengguna dapat melakukan panggilan saat bermain game atau menonton video, dan percakapan akan muncul dalam notifikasi.

Fitur terakhir yang dimaksudkan untuk digunakan oleh tunarungu adalah pengelompokan panggilan FaceTime. Biasanya video secara otomatis beralih ke siapa pun yang berbicara – tetapi tentu saja bahasa isyarat diam, sehingga video tidak akan fokus pada mereka. Lagi pula sampai iOS 14, dalam hal ini ponsel akan mengenali gerakan sebagai bahasa isyarat (meskipun tidak ada tanda-tanda khusus) dan dengan tepat mengalihkan tampilan ke peserta tersebut.

Apple senantiasa mengupayakan pengembangan fitur yang memudahkan penggunanya berkomunikasi tanpa terpaut disabilitas.

Leave a Reply

Send this to a friend