Rekomendasi Hard Disk Eksternal Terbaik

10 Rekomendasi Hard Disk Eksternal Terbaik (Terbaru 2022)

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, pekerjaan menggunakan media digital juga semakin meningkat. Efeknya kebutuhan media penyimpanan di luar storage PC ikut terus bertambah.

Maka tak heran jadinya jika kini banyak ditemui produk hard disk eksternal dengan semua fitur unggulannya. Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, info tentang rekomendasi hard disk eksternal terbaik tetap wajib kamu ketahui.

Daftar Rekomendasi Hard Disk Eksternal

Informasi kali ini penting sekali bagi kamu yang aktif bekerja dengan banyak dokumen dan data memakai laptop/PC. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang bisa menjadi referensi sebelum membeli.

1. Seagate Backup Plus Portable

Seagate Backup Plus Portable

Jangan ragu-ragu simpan segudang dokumen yang kamu miliki. Seagate Backup Plus Portable siap mengelola semua foto, film, dokumen atau file berkapasitas besar lainnya hingga 5TB. Jika terlalu besar, kamu bisa beralih ke varian storage 4TB.

Untuk menunjang performa pesat, hardisk menggunakan terminal USB 3.0. yang cocok dengan sistem operasi Windows dan Mac. Saat mengoperasikannya, hardisk mendukung pencadangan terjadwal otomatis, jadi tak perlu lagi dilakukan secara manual.

Kapasitasnya yang besar ternyata tidak menjadikan dimensinya terlalu lebar, jadi tetap mudah dibawa kemanapun. Tetap selayaknya hardisk yang punya desain simpel, bedanya case ditambahkan logo Seagate estetik di sisi belakang.

2. Toshiba Canvio Basic

Rekomendasi Hard Disk Eksternal Terbaik

Tanpa membutuhkan waktu transmisi data yang lama, Toshiba Canvio Basic sudah menggunakan USB 3.2 Gen 1. Penyematan ini menjamin akselerasi penyalinan dan penyimpanan data ke external hard drive super cepat.

Selain itu, hard disk bisa segera digunakan di komputer ataupun laptop berbasis Microsoft tanpa harus pasang software. Menariknya, produk ini juga mampu menyesuaikan dengan hardware versi lama melalui USB 2.0, membuatnya pantas disebut sebagai hard disk eksternal terbaik.

Case-nya sendiri Toshiba lebih memilih ukuran ramah dalam genggaman, begitu pula ketebalannya yang terbilang ideal. Dalam warna hitam, kamu bisa pilih kapasitas yang sesuai antara 1TB, 2TB, atau 4TB.

3. WD Elements Portable

WD Elements Portable

Brand Western Digital atau yang lebih terkenal dengan WD di pasaran ini juga cocok untuk menyimpan banyak data penting. Kapasitas yang ditawarkan mungkin jadi yang paling komplit, mulai dari 500GB, 750GB, 1TB, 1.5TB, 2TB, 3TB, 4TB, dan 5TB.

Daya tampung masing-masingnya masih dilengkapi lagi USB 3.0 yang memiliki konektivitas universal. Dengan spek tersebut, hard disk tak hanya kompatibel untuk perangkat port sejenis, tapi juga bagi perangkat ber-port USB 2.0.

Agar data-data penting tetap aman, WD Elements Portable telah dirancang menggunakan sistem perlindungan fisik terstandar. Ini bisa terlihat dari casing-nya yang khusus menggunakan material anti-shock, sehingga menjaga susunan komponen internal.

4. WD My Passport Ultra

WD My Passport Ultra

Dibanding varian sebelumnya, varian ini memang menawarkan beberapa kelebihan termutakhir. Seperti teknologi bawaan USB-C yang bisa sekaligus dipasangkan adaptor USB 3.1 jika dibutuhkan.

Salah satu fitur unggulan hard disk ini adalah kemampuan backup otomatis yang dapat diatur jangka waktunya, apakah per jam, harian, atau setiap bulan. Di samping itu, data pentingmu tetap terjamin lewat perlindungan password berbasis enkripsi AES 256-bit internal yang memblokir pemindahan secara ilegal.

Bentuknya compact berlapis logam berhasil memberikan kesan yang modern dan tentunya super portable. Hard disk pun tampil lebih keren dalam banyak warna dengan paduan dua tekstur pada sisi depan, cocok sekali untuk gaya stylish-mu.

5. Transcend Storejet 25M3

Rekomendasi Hard Disk Eksternal Terbaru

Warnanya yang gagah cukup menggambarkan ketahanan produk ini terhadap guncangan hebat. Rangka hard disk sendiri tersusun dari material super kokoh menjamin dokumen penting tetap aman. Daya tahannya ini bahkan telah lulus uji jatuh berstandar militer AS MIL-STD-810G.

Keamanan makin sempurna menggunakan sistem penguncian tingkat tinggi dari Transcend Elite Software. Tak hanya itu, produk ini sudah memanfaatkan interface USB 3.1 Gen 1 berkecepatan 5Gbps setiap kali transfer.

Tersedia dalam kapasitas 4TB bisa dipastikan sangat lega mencadangkan berbagai dokumen atau media berkualitas HD sekalipun. Pencadangan otomatis semua data di PC praktis dengan menekan satu tombol di muka hard disk, membuat produk ini patut dipertimbangkan.

6. Samsung T5 Portable

Samsung T5 Portable

Kapasitas mega dengan bobot super kecil? Samsung menjawab keinginanmu. Sedikit berbeda dari eksternal hard disk biasanya, Samsung menggunakan teknologi SSD seukuran jari tapi punya performa melesat lebih dari model HDD.

Dibekali Samsung V-NAND flash memory dan interface USB 3.1 Gen 2, hard disk memberikanmu pengalaman kecepatan transfer yang belum pernah ada sebelumnya. Hebatnya, hard disk juga cocok dihubungkan antara USB tipe C atau USB tipe C ke tipe A.

Kecil-kecil namun dirancang kokoh luar-dalam, bahkan tetap prima setelah jatuh dari ketinggian 2m. Memanfaatkan bahan metal, hard disk tampil elegan dengan casing yang halus mengkilap. Tersedia dalam berbagai warna, kapasitasnya pun beragam antara 250GB, 500GB, 1TB, dan 2TB.

7. Hitachi Touro Hard Disk

Daftar Hard Disk Eksternal Terbaik

Rekomendasi hard disk eksternal terbaik selanjutnya hadir dari Hitachi Touro. Produk ini menawarkan variasi kapasitas mulai dari 500GB, 1TB, dan 2TB yang telah didukung dengan USB 3.0.

Model interface ini tidak hanya cocok untuk USB sejenis, tapi juga bisa dihubungkan ke perangkat model USB 2.0. Selain itu, hard disk menjangkau kompabilitas sistem operasi komputer yang luas, baik Window, iOS, hingga Linux.

Mengkoneksikan hard disk ke smartphone pun tidak membutuhkan software khusus, jadi mode backup data langsung aktif. Sementara untuk ukurannya, kapasitas 500GB dan 1TB punya dimensi yang slim. Sedangkan bobot varian 2TB hanya sedikit lebih besar.

8. Adata HD710 Pro

Adata HD710 Pro

Eksternal hard disk yang satu ini boleh jadi punya model paling nyentrik di antara produk sekelasnya. Bukan cuma keren, hard disk ini didesain tangguh lewat konstruksi triple-layered yang menjamin tahan guncangan, debu, dan water proof.

Kecepatan transfer juga merupakan kelebihan produk ini yang ditunjang dengan antar muka USB 3.1, mengizinkan pencadangan data berskala 5Gbps. Fiturnya makin optimal setelah berhasil melampaui standar International Electro Technical Commision (IEC).

Itu artinya hard disk sangat aman melindungi data yang kamu simpan meski ditempatkan di kondisi ekstrem sekalipun. Soal kapasitas, variasi pilihannya cukup beragam antara 1TB, 2TB, atau 4TB dalam banyak pilihan warna segar.

9. Asus FX External Hard Drive

Asus FX External Hard Drive

Boleh dibilang hard disk Asus kali ini paling eksklusif. Kesan pertama yang muncul adalah tampilan futuristik dengan ornamen Aura Sync RGB Lighting Technology. Dari desain ini, tentu tak salah jika hard disk pas bagi kamu yang hobi gaming. 

Lebih dari itu, kemampuan transmisi data sudah menggunakan USB 3.1 Gen1. Performa pun semakin sempurna dengan perlindungan menyeluruh. Di sisi luar, hard disk ini menggunakan material andal plus plester anti-slip, sedangkan bagian dalam telah dilengkapi dengan enkripsi 256-bit AES.

Untuk penyimpanan data yang maksimal, hard disk menawarkan kapasitas 1TB dan 2TB. Keduanya mendukung sistem operasi komputer Windows dan MacOS, smartphone, hingga cloud storage. 

10. Silicon Power Armor A66

Silicon Power Armor A66

Pilihan hard disk terakhir dengan kemampuan transfer tercepat untuk saat ini bisa ditemukan pada Silicon Power Armor A66. Ada sederet keunggulan yang menjadi daya tarik produk ini, baik tampilan luar maupun performa internalnya.

Dari sisi keamanan rangka, brand ini mengaplikasikan material karet keras untuk melindungi sekeliling hard disk. Aman dari air, guncangan keras, dan debu. Belum lagi penyematan sistem suspensi yang menyerap getaran untuk mengurangi efek benturan.

Dalam satu paket, hard disk telah lengkap dengan kabel built-in USB 3.2 Gen 1. Tentunya ini membantu menghemat lebih banyak waktu proses pencadangan data. Apalagi storage space sangat luas sampai 5TB memudahkanmu menyimpan apapun jenis filenya.

Itulah 10 rekomendasi hard disk eksternal terbaik yang dapat membantumu mengatur dan mencadangkan dokumen dari PC atau smartphone. Masing-masingnya memang memiliki kelebihan dan kekurangannya. Namun, pastikan saja periksa kelengkapan speknya dan sesuaikan pilihan dengan kebutuhanmu sebelum membeli.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend