Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik

10+ Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru 2022)

Fotografi kini bukan hanya digeluti oleh kalangan profesional saja, justru semakin banyak pemula yang menekuni hobi ini. Dan mungkin kamu adalah satu di antaranya. Pastinya dibutuhkan kamera yang tepat untuk menghasilkan potret mendekati foto sekelas ahli.

Nah, kamera itu adalah kamera mirrorless. Agar tak kebingungan menentukan kamera apa yang tepat, ada baiknya ketahui dulu rekomendasi kamera mirrorless terbaik sebelum membeli.

Daftar Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik

Seiring minat fotografi para pemula yang terus meningkat namun tak begitu puas dengan kualitas kamera smartphone, beragam brand ternama kerap merilis kamera mirrorless terbaiknya.

Jadi, kali ini kamu akan memahami 10 kualitas dan spesifikasi kamera yang bisa dijadikan referensi. Yuk cek selengkapnya!

1. Sony Alpha A6000

Sony Alpha A6000

Kamera mirrorless pertama yang sangat direkomendasikan untuk mengabadikan momen terbaik datang dari brand Sony dengan varian Alpha A6000. Bobotnya yang kecil bukan berarti kualitasnya terbatas. Justru kamera ini disebut-sebut miliki fitur setara DSLR.

Seperti misalnya, kecepatan shot yang cukup tinggi hingga mampu mengambil 11 gambar per detiknya. Hasil foto tetap tajam berkat penyematan prosesor BIONZ plus sensor CMOS Exmor APS-C berskala 24,3 megapixel.

Untuk kualitas video, hasilnya sendiri jernih dengan Full HD 1080p. Sedangkan dari segi fokus objek, kamera ini menggabungkan teknologi Fast Hybrid AF dengan 179 Phase-Detect Points untuk menangkap gambar bergerak cukup baik.

2. Fujifilm X-T100

Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik

Berbeda dari merek sebelumnya, kamera mirrorless keluaran Fujifilm kali ini membekali kekuatan lensa dengan sensor APS-C X-Trans BSI CMOS berskala 26.1 megapixel. Bahkan untuk pengambilan video, kualitasnya sudah mampu mencapai level UHD 4K60.

Jepretan semakin tajam dengan Phase Detection Autofocus dan dukungan X-Processor 4 Quad CPU. Lebih menarik lagi, kamera menerapkan ISO 80-51200 untuk menghasilkan hingga 30 frame setiap detiknya.

Sementara pada bagian body, Fujifilm menggunakan material magnesium-alloy yang cukup kuat melindungi komponen internal. Namun, yang tak boleh dilewatkan adalah fitur layar LCD yang touchscreen dan bisa dipindahposisikan sehingga memudahkanmu mengecek hasil shot.

3. Canon EOS M50

Canon EOS M50

Jika sebelumnya aktif memperkenalkan berbagai varian kamera DSLR, kali ini Canon tak mau ketinggalan merilis mirrorless camera. Produk ini berhasil menggabungkan kualitas perekaman UHD 4K, Dual Pixel CMOS AF, dengan OLED Electronic Viewfinder beresolusi tinggi.

Tangkapan gambar pun lebih jelas meski jarak objek cukup jauh efek kerja prosesor DIGIC 8 yang telah lengkap dengan fitur Eye Detection AF. Basis sensor APS-C CMOS 24.1 megapixel juga membantu meningkatkan kualitas gambar agar lebih bersih dan dalam.

Di samping itu, fitur Combination 5-Axis Image Stabilization menjadi andalan untuk mendapatkan rekaman video yang minim goyangan. Apalagi didukung dengan konektivitas Wi-Fi, memudahkanmu live streaming langsung dari kamera. Cocok sekali untuk kamu para vlogger!

4. Nikon 1 J5

Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaru

Menggunakan ISO 12800 membuat Nikon 1 J5 ini bisa diandalkan sekalipun dalam kondisi minim pencahayaan. Sensitivitas tingkat tingginya mengizinkanmu untuk mendapatkan hasil gambar detail dan noise yang rendah.

Hasil itu pun masih ditunjang lagi dengan Processor Expeed 5A yang andal untuk pengambilan gambar secara cepat dan sensor CX-Format BSI CMOS beresolusi 20.8 megapixel. Pengaplikasian Hybrid auto-focus dengan 105 Phase Detection Areas membuat kamera mampu menangkap 20 gambar per detik.

Desainnya pun menarik membawa sedikit suasana vintage lewat tekstur kulit jeruk. Demi kepuasan me-review foto, layar LCD sengaja dirancang luas yang bisa diputar 180 derajat horizontal. Tentunya pas sekali untuk selfie atau nge-vlog sambil memonitor tampilan.

5. Panasonic Lumix DMC-G7K

Panasonic Lumix DMC-G7K

Dimensi kamera yang satu ini memang cenderung mendekati kamera DSLR. Namun spek dan fiturnya tetap mencirikan kamera mirrorless dengan beberapa peningkatan sesuai dengan karakter Panasonic.

Seperti misalnya penggunaan Venus Engine 9, image processor yang dikembangkan langsung oleh Panasonic. Resolusi foto maupun video maksimal dengan teknologi 4K Photo mode with Pre-Brust dan 4K UHD.

Meski intensitas cahaya rendah, kualitas gambar tetap menampilkan hasil mengagumkan dari sensor Four Thirds CMOS beresolusi 16MP. Ditambah lagi kehadiran OLED Viewfinder sangat membantumu memperjelas obek bidikan saat diperbesar, menjadikan kamera ini salah satu yang bisa dipertimbangkan.

6. Fujifilm X-T20

Fujifilm X-T20

Desainnya yang unik membuat kamera ini akrab secara visual dan mudah diingat. Selain itu, shoot objek sambil memonitor hasilnya bisa dilakukan sekaligus dari LCD sentuh yang mampu ditarik ke arah atas atau bawah sesuai kebutuhan.

Untuk mendapatkan potret objek jelas, fitur EVF Brightness dalam OLED Viewfinder bisa dimanfaatkan untuk mengukur jumlah cahaya yang pas. Mengambil gambar dalam keadaan bergerak juga bukan hal yang sulit setelah kamera dibekali auto-focus continous shooting, jadi hasil foto tetap akurat tanpa berbayang.

Terlebih gabungan antara X-Processor Pro dan sensor APS-C X-Trans CMOS III di 24.3 megapixel makin memacu performa hasil jepretan. Bahkan mampu mengambil 14 foto per detik lewat ISO 51200, ini artinya Fujifilm X-T20 miliki kualitas bersaing. Belum lagi output ke terminal HDMI dan konektivitas Wi-Fi memudahkanmu saat transfer storage kamera.

7. Canon EOS M100

Daftar Kamera Mirrorless Terbaik

Bagi kamu yang hobi fotografi namun ingin terlihat sekelas profesional, Canon EOS M100 adalah rekomendasi kamera mirrorless terbaik. Body-nya yang ringkas dan begitu modern memudahkanmu membawa kamera ini kemanapun.

Saat menangkap gambar ataupun record video, kamera akan otomatis mengaktifkan sensor APS-C CMOS 24.2 megapixel dan auto-focus dual pixel. Prosessor DIGIC 7 menambah mutu hasil foto ke tingkat yang lebih tinggi dalam kondisi objek apapun. Menariknya, resolusi yang disediakan pun beragam, mulai dari ukuran L, M, S1, S1, dan Raw.

Dengan layar monitor yang mudah diputar 180 derajat memberikanmu kenyamanan untuk ambil foto self potrait. Bukan cuma itu, konektivitas Wi-Fi dengan NFC serta Bluetooth makin menyempurnakan fitur kamera ini untuk membantumu transfer media ke smartphone ataupun perangkat kompatibel lainnya.

8. Samsung NX Mini

Samsung NX Mini

Di antara deretan sebelumnya, kamera keluaran Samsung ini punya dimensi paling tipis dan bobot super ringan. Namun, justru kamera ini menyimpan berbagai kelebihan, salah satunya resolusi hasil video Full HD dari sensor CMOS BSI 20.5 megapixel.

Selain ringkas, desain kamera juga terbilang stylish dan elegan di saat yang bersamaan. Tombol navigasi yang lengkap hampir melupakan bahwa produk ini masih menjadi kamera tertipis yang pernah ada. Pada sisi sampingnya, terdapat layar preview beresolusi 480p yang cukup untuk meneliti hasil jepretan.

Koneksikan juga kamera dengan segala perangkat yang diinginkan lewat slot HDMI, port USB 2.0, atau Wi-Fi. Dengan segala kehebatannya, tak salah jika produk Samsung ini masuk dalam salah satu kamera mirrorless paling direkomendasikan.

9. Sony Alpha 7 III

Sony Alpha 7 III

Alternatif mirrorless camera lainnya dari Sony bisa ditemukan pada varian Alpha 7 III. Boleh dibilang Sony mengaplikasikan semua teknologi tercanggihnya dalam satu paket kamera ini untuk memberikanmu pengalaman fotografi profesional.

Mulai dari prosessor BIONZ X, sensor Full-Frame Exmor R BSI resolusi 24.2 megapixel, sistem auto-focus terbaik, sampai kualitas video UHD 4K 30p. Kebolehan ini masih ditambah lagi fitur SteadyShot yang menjaga visual video tetap stabil. ISO 102400 juga menjadi elemen super penting menjamin pengambilan gambar bermutu tinggi.

Hebatnya, kamera ini sudah mendukung USB 3.1 Gen 1 yang dapat dihubungkan ke PC. Namun, yang paling membuatnya berbeda adalah dual slot SD, sehingga lebih puas mengabadikan banyak momen dibandingkan kamera lain sejenisnya.

10. Nikon Z7 II

Nikon Z7 II

Cocok untuk kalangan profesional, Nikon Z7 II ini memiliki spek, fitur, dan kualitas yang cukup menunjang aktivitas fotografi bertaraf lanjutan. Slot dual memory tentunya memberikan space lebih leluasa untuk menangkap banyak draft.

Dibanding pilihan-pilihan sebelumnya, kamera ini menjadi pemegang resolusi tertinggi, sebesar 45.7 megapixel dengan FX-Format BSI CMOS sensor dan prosessor Dual Expeed 6. Hanya saja kualitas video tidak jauh berbeda, yaitu dengan resolusi UHD 4K60.

Teknologi 5-Axis peredam getaran jadi salah satu kekuatannya untuk menghadirkan foto dan video yang begitu jernih dan mendalam. Sementara dari segi tampilan fisik, Nikon sangat lengkap menyediakan tombol navigasi untuk kemudahan setting profile foto ataupun video.

Kesepuluh rekomendasi kamera mirrorless terbaik di atas hanyalah beberapa dari sekian kamera yang tersedia di pasar elektronik. Dengan spesifikasi komponen yang berbeda, hampir bisa dipastikan performa yang ditawarkan pun akan sepadan dengan teknologi di dalamnya. Nah, agar tak keliru memilih, pastikan dulu apa kebutuhanmu memiliki kamera mirrorless lalu cari kamera yang sesuai dengan kebutuhan.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend