• Our Partners:

Rekomendasi Printer Terbaik untuk Cetak Foto

10 Rekomendasi Printer Terbaik untuk Cetak Foto (Terbaru 2022)

Kemampuan printer di zaman sekarang sudah jauh berbeda dengan dulu, termasuk dalam kemampuannya mencetak foto. Dengan teknologi yang berkembang tanpa henti, kini foto-foto sudah bisa dicetak dalam waktu yang lebih cepat dengan kualitas warna yang lebih baik.

Untuk memenuhi kebutuhan terhadap printer foto, hingga kini perusahaan-perusahaan ternama terus mengeluarkan berbagai model printer.

Rekomendasi printer terbaik untuk cetak foto kali ini memuat 10 printer dari beberapa merk yang kemampuannya sudah teruji dalam mencetak foto-foto berkualitas.

Daftar Rekomendasi Printer Terbaik untuk Cetak Foto

1. Epson L1800 A3 Photo Ink Tank Printer

epson L1800

Epson L1800 hadir dengan kemampuan mencetak foto borderless (tanpa tepi) mulai dari ukuran 4R hingga A3+. Dengan mengandalkan sebuah sistem tangki yang berisi enam botol tinta, printer ini mampu mencetak hingga 1500 foto tanpa tepi berukuran 4R.

Performa cetaknya didukung oleh printhead khusus yang didesain berdasarkan teknologi hasil pengembangan Epson. Teknologi yang diberi nama Micro Piezo tersebut mampu menghasilkan kualitas cetak dalam resolusi tinggi hingga mencapai 5760 dpi.

2. Epson L850 Photo All-in-One Ink Tank Printer

Rekomendasi Printer Terbaik untuk Cetak Foto

Epson L850 Photo dilengkapi dengan sebuah panel LCD berwarna yang berukuran 2,7 inci untuk mengatur kebutuhan cetak. Tersedia pula port USB 2.0, slot memori, dan PictBridge yang bisa digunakan untuk mencetak foto-foto yang tersimpan di dalam kartu memori dan kamera.

Gamut warnanya didukung oleh enam tinta yang mampu menghasilkan foto-foto berkualitas tinggi. Setiap foto berukuran 4R bisa selesai dicetak dalam waktu sekitar 12 detik, tetapi kecepatan cetak ini hanya berlaku pada mode draft tanpa bingkai. Dalam pemakaian sehari-hari, kecepatan cetaknya bisa lebih lama lagi. Selain tergantung dari mode cetak yang digunakan, konten di dalam foto juga turut mempengaruhi kecepatan cetak.

3. Printer Foto Epson SureColor SC-P903

Epson SureColor SC-P903

Fotografer yang ingin mencetak foto dalam kualitas semaksimal mungkin dan punya bujet yang cukup besar bisa mempertimbangkan Epson SureColor SC-P903.

Ukuran fisiknya lebih kecil daripada SC-P807 yang sudah dirilis ke publik sebelumnya. Penempatannya pun menjadi lebih mudah karena membutuhkan tempat yang lebih kecil.

Sedangkan mengenai kualitas fotonya sudah pasti mantap, tetapi perlu diingat kualitas tinta yang digunakan dapat mempengaruhi kualitas hasil cetak. Untuk memperoleh hasil maksimal, sebaiknya gunakan tinta asli Epson seperti Epson UltraChrome PRO10 yang didesain secara khusus.

4. Canon Inktank PIXMA G570

canon pixma G570

Tidak semua orang membutuhkan printer foto yang mahal dengan teknologi yang serba wah. Canon Inktank PIXMA G570 didesain dengan mempertimbangkan faktor bujet. Untuk konsumen yang bujetnya sangat terbatas, sepertinya Canon Inktank PIXMA G570 bisa menjadi pilihan yang pas.

Biarpun termasuk printer foto yang murah, Canon Inktank PIXMA G570 bisa mencetak foto dengan cepat dengan biaya cetak yang ekonomis tetapi tanpa mengorbankan kualitas.

Pencetakannya menggunakan enam botol tinta yang masing-masing mengusung warna tersendiri. Kombinasi enam botol ini mampu menghasilkan volume cetak sebanyak 3800 foto tanpa tepi berukuran 4R.

5. Canon PIXMA G670

Printer Terbaik untuk Cetak Foto Canon PIXMA G670

Jumlah tinta yang dibutuhkan printer untuk mencetak selembar foto lebih banyak daripada selembar dokumen teks. Untuk mengurangi biaya cetak, dibuatlah Canon PIXMA G670.

Canon PIXMA G670 termasuk printer seri G yang dirancang untuk mencetak foto dengan cara yang seefesien mungkin. Berbeda dengan seri G sebelumnya yang hanya menggunakan empat tinta warna, seri G ini mengusung enam tinta warna mulai dari cyan, black, magenta, red, grey, dan yellow.

Desain botol tintanya juga memiliki desain nozzle yang dibuat pas dengan mulut tangki sehingga tinta bisa lebih cepat diisi tetapi dengan risiko tumpah yang sangat kecil.

6. Printer Canon imagePROGRAF PRO-300

Canon imagePROGRAF PRO-300

Meski tak selalu, biasanya ada kualitas ada harga. Canon imagePROGRAF PRO-300 yang masuk dalam rekomendasi printer terbaik untuk cetak foto ini tergolong printer yang tidak murah dan ditargetkan untuk kalangan fotografer.

Salah satu keunggulannya adalah sistem tangkinya yang menggunakan 10 warna. Ada pula fitur Chroma Optimizer yang diklaim mampu mencegah efek bronzing sehingga kualitas hasil cetak bisa menyaingi lab profesional.

Mengenai kecepatan cetak fotonya, waktu yang diperlukan untuk selembar foto tanpa tepi 4 x 6 adalah sekitar 1 menit 45 detik. Printer ini juga mampu mencetak foto panoramik yang panjangnya mencapai hingga sekitar 99 cm.

7. Epson L805 Wi-Fi Photo Ink Tank Printer

Epson L805

Bujet pas-pasan tapi ingin memiliki printer foto? Salah satu printer foto yang mungkin sesuai dengan bujet kamu adalah Epson L805. Printer ini garansinya hingga 1 tahun atau hingga jumlah cetakan mencapai 3000 lembar.

Biarpun termasuk murah, tetapi kualitas fotonya tak kalah manis dengan resolusi hingga 5760 dpi yang dicetak dengan menggunakan kombinasi enam tinta warna.

8. Epson SureColor SC-P6000 Photo Graphic Inkjet

Printer Terbaik untuk Cetak Foto Epson SureColor SC-P6000

Printer foto Epson SureColor SC-P6000 hadir dengan teknologi cetak warna yang mutakhir. Printhead pada printer ini memiliki nozzle yang mampu mengeluarkan titik-titik tinta dalam ukuran yang bervariasi sesuai dengan keperluan. Cetak foto menjadi lebih cepat selesai dengan detail yang lebih baik dan keseimbangan warna yang konsisten.

Epson SureColor SC-P6000 juga disertai dengan fitur kalibrasi untuk mengelola kalibrasi semua printer yang saling terhubung dalam sebuah jaringan.

9. Epson EcoTank L15150 A3 Wi-Fi Duplex All-in-One

Epson EcoTank L15150

Epson EcoTank L15150 mengusung teknologi Epson Heat-Free untuk menekan konsumsi daya serendah mungkin dalam menjalankan tugasnya sebagai sebuah printer yang efisien. Didukung oleh teknologi tintanya yang tahan air, printer ini mampu mencetak selembar foto 4 x 6 tanpa tepi dalam waktu 52 detik dan foto 4 x 6 dengan tepi dalam waktu 43 detik.

Apliksi Epson yang turut disediakan secara gratis sebagai fitur pendukung memungkinkan cetak foto untuk dilakukan secara wireless. Dengan aplikasi Epson, foto atau gambar yang diperoleh dari hasil download di HP bisa langsung dikirim ke printer untuk dicetak dengan mudah.

10. Epson L1300 A3 Ink Tank

Epson L1300

Kemampuannya mencetak foto mungkin tak secepat printer lain, tetapi kualitas foto hasil cetakan printer Epson L1300 bisa diadu. Lagipula, kecepatan cetak tidak selalu menjadi salah satu faktor utama dalam memilih sebuah printer foto, yang terpenting adalah kualitas cetaknya. Tidak apa-apa menunggu lebih lama sedikit asalkan kualitasnya bagus.

Kecepatan cetak printer Epson L1300 adalah sekitar 58 detik untuk selembar foto 4 x 6 dengan tepi. Tidak seberapa lama. Tetapi, printer foto dengan kecepatan ini sepertinya kurang cocok untuk digunakan di lingkup bisnis, terutama jika jumlah order yang masuk cukup besar setiap harinya.

Mencetak foto tak harus menggunakan printer yang harganya mahal. Dalam rekomendasi printer terbaik untuk cetak foto di atas, ada beberapa printer yang bisa diperoleh hanya dengan mengeluarkan uang antara 3 juta hingga 5 juta rupiah. Namun, jika anda ingin printer yang fitur-fiturnya lebih lengkap, persiapkanlah setidaknya sekitar 8 juta rupiah untuk memboyong satu printer foto.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments